30 Hari Detoks Keuangan untuk Finansial Lebih Sehat (Bagian 2)

Tahapan detoks keuangan bagian kedua ini akan melengkapi proses menyehatkan kembali kondisi keuangan Anda dalam sebulan. Jadi tunggu apalagi silahkan mencoba dan lihat pengaruhnya!

kebiasaan buruk keuangan

Jika pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan 15 langkah detox keuangan yang dilakukan dalam 15 hari, berikut ini akan kami lanjutkan 15 langkah berikutinya. Apa pun kebiasaan buruk keuangan yang Anda miliki, dengan melakukan detoks keuangan ini semoga bisa teratasi.

Hari 16 Tulis Semua Pengeluaran

Tuliskan apa saja pengeluaran Anda, mulai dari hal kecil hingga yang besar. Hal ini untuk mengetahui keperluan Anda sehingga bisa memangkas pengeluaran yang tidak diperlukan. Berhematlah dimulai dari hal yang paling tidak kita sukai secara bertahap untuk memudahkan menjalankan detoks keuangan.

Hari 17 Stop Belanja Online

Kendalikan diri untuk tidak membuka berbagai tempat belanja online. Sebenarnya online shopping dapat menghemat biaya transportasi untuk mendapatkan barang. Tapi jika Anda termasuk orang yang mudah tergoda, cara ini akan menguras dompet.

Hari 18 Mencari Uang Tambahan

Untuk memenuhi kebutuhan lainnya Anda bisa mencari tambahan uang. Jika Anda memiliki keahlian yang bisa menghasilkan uang, jadikanlah itu sebagai lahan baru untuk mendapatkan uang tambahan.

Hari 19 Pisahkanlah Uang dalam Rekening

Di dalam rekening Anda bagilah uang tersebut dalan dua bagian, untuk pengeluaran rutin dan uang untuk tujuan tertentu. Hal itu mencegah Anda menggunakan uang tabungan untuk berbelanja. Tidak masalah ada dalam satu bank, yang terpenting rekeningnya terpisah.

Hari 20 Hemat dalam Berkomunikasi

hemat pulsa internet

Pengeluaran telepon sering kali membengkak, untuk menghemat uang, memanfaatkan layanan smartphone dibandingkan dengan telepon juga lebih menyehatkan.

Gunakanlah fasilitas gadget yang Anda miliki, misalnya video chatting, email dan lainnya. Jika memang harus dengan telepon, carilah provider yang sama agar lebih murah. Selain

Baca juga: 5 Cara Ampuh Menghemat Pulsa Smartphone

Hari 21 Olah Bahan Makanan yang Ada

Biasakan untuk mengecek lemari es sebelum Anda makan diluar atau membeli bahan makanan yang baru. Olah bahan makan yang ada di dalam lemari es dengan melibatkan anak dan pasangan.

Hari 22 Lakukan Kegiatan Murah Meriah

Isi hari Minggu Anda dengan hal seru dan murah meriah, misalnya bersepeda di pagi hari berkeliling komplek tempat Anda tinggal atau di taman terbuka lainnya. Bawalah bekal makanan kesukaan anak Anda dari rumah.

Hari 23 Manfaatkan Voucher Belanja

Gratis Voucher Belanja

Jika Anda memiliki voucher dari produk tertentu, gunakanlah sebelum masa berlakunya habis. Walaupun jumlahnya tidak besar, menggunakan voucher belanja sama saja dengan menghemat uang.

Hari 24 Persiapkan dana pensiun Anda.

Sisihkanlah 30% dari pendapatan Anda setiap bulan. Dana pensiun sebenarnya sangat baik dipersiapkan dari saat mendapatkan gaji pertama dan masih lajang. Anda juga bisa melakukan investasi jangka panjang untuk hari tua.

Hari 25 Jangan Terlalu Lama Belanja

Segera pulang dari tempat perbelanjaan setiap kali selesai membeli keperluan yang dibutuhkan. Lebih cepat meninggalkan pusat perbelanjaan dapat meredam keinginan belanja yang lebih banyak.

Hari 26 Buatlah Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka

Agar Anda lebih disiplin dalam menabung, buatlah tabungan yang dipotong langsung dari penghasilan yang masuk setiap bulan ke rekening tabungan. Hal ini sangat efektif untuk membuat Anda lebih mudah dalam menabung.

Hari 27 Belajar Metode Orang Lain

Untuk menambah informasi tentang cara mengatur keuangan, Anda bisa belajar dari pengaturan keuangan teman yang teratur. Terbukalah pada teman-teman dekat, bahwa Anda sedang menjalani detoks keuangan agar mereka bisa mendukung dan memberi masukan berharga.

Hari 28 Banyak Cara untuk Menghemat

Ada banyak jalan untuk berhemat. Anda bisa memenuhi keinginan nonton film di bioskop dengan menonton kembali berbagai koleksi DVD agar menghemat pengeluaran untuk hobi menonton.

Hari 29, Mengajarkan Anak Berhemat

Tabungan Anak

Ajarkan buah hati Anda untuk bertanggung jawab atas uang saku yang diterimanya. Ajarkan juga bagaimana membeli sesuatu yang mereka inginkan dengan cara rajin menyisihkan uang saku. Dengan demikian mereka akan belajar berhemat dan bisa merencanakan keuangan sejak dini.

Hari 30 Berilah Penghargaan pada Diri Sendiri

Setelah berhasil melakukan detoks keuangan. Berbagilah kepada sesama dengan menyumbangkan 10 persen dari dana yang berhasil Anda simpan. Anda akan lebih berbahagia saat detoks keuangan ini bukan hanya menyehatkan kantong, tapi juga berguna bagi orang lain.

Nah lengkap sudah 30 langkah detoks keuangan dalam sebulan. Semoga tips ini dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit dalam mengelola keuangan keluarga.

Baca juga: Jebakan ‘Hemat’ yang Menghabiskan Uang

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama