Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Pembatalan Kartu Kredit

Pernahkah Anda berpikir tentang membatalkan kepemilikan kartu kredit? Sebelum Anda lakukan - baca panduan cepat dari kami dan menjadi bahan pertimbangan.

Cara Pembatalan kartu Kredit

Mungkin kartu kredit Anda memiliki manfaat terbatas, mungkin biaya tahunannya terlalu tinggi; mungkin Anda menemukan bahwa dengan kartu kredit ternyata mengakibatkan lebih banyak pengeluaran di luar anggaran Anda. 

Apapun alasan Anda mungkin, membatalkan kartu kredit Anda telah terlintas dalam pikiran Anda dan mungkin sudah saatnya untuk melakukannya. Tapi jangan ambil gunting dulu; perhatikan dulu artikel berikut. 

Membatalkan kepemilikan kartu kredit berarti menghilangkan kesempatan Anda dalam mendapatkan kredit dari bank.

Pertimbangkan nilai kredit Anda

Nilai kredit dapat menjadi rumit untuk dihitung dan dipahami, tetapi itu ada karena suatu alasan. Untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat untuk produk kredit yang diajukan, bank, asuransi, atau pemberi pinjaman lebih mengacu pada nilai kredit Anda, setiap hutang dan gaji Anda saat ini yang menjadi bagian dari sejarah kredit Anda

Selain itu bank juga melihat bagaimana Anda menggunakan dan membayar kembali pinjaman Anda. Jadi ketika Anda membatalkan kartu kredit, itu setidaknya akan mempengaruhi skor kredit Anda ke bank. Skor kredit memungkinkan bank untuk memutuskan apakah Anda cocok untuk mendapatkan pinjaman. 

Jika Anda memutuskan untuk memotong kartu kredit dan mengatakan; saya terlalu cepat mendapatkan kartu kredit; bank cenderung berpikir "Orang ini tidak serius tentang produk perbankan yang dia ajukan. Dia akan mengambil kartu kredit untuk sementara waktu dan kemudian pergi dan mungkin tidak sebanding dengan waktu atau usaha yang dibutuhkan dalam memproses pinjaman lain. Dia bukan jenis bisnis yang kita inginkan." Nah, lho, bagaimana jika bank sudah mengatakan hal seperti itu?

Jika Anda bertujuan untuk mengambil pinjaman atau melakukan pembelian besar seperti rumah dalam waktu dekat, Anda bisa bertaruh bahwa ini akan mempengaruhi kesempatan Anda. Tapi di atas hanyalah contoh. Ada banyak alasan mengapa perlu atau tidaknya kartu kredit untuk kelangsungan pinjaman Anda terhadap bank. Mari sekarang kita lihat alasan yang baik dan buruk untuk membatalkannya.

Alasan yang baik dan buruk untuk membatalkan kartu kredit

Jadi apa alasan yang cukup baik untuk membatalkan kartu Anda?

1. Kartu kredit memiliki tingkat bunga yang tinggi dan biaya lain-lain. Sementara skor kredit Anda adalah penting, menghabiskan lebih banyak daripada menyimpan kartu tersebut sangatlah tidak layak.

2. Anda telah membuka rekening kartu kredit baru untuk transfer saldo. Alasan untuk ini adalah bahwa meskipun mungkin tidak terlihat baik untuk skor kredit Anda. Jika Anda mengalami kesulitan mengendalikan pengeluaran Anda sejauh yang Anda butuhkan. Jangan menyerah. Skor kredit Anda akan membaik seiring berjalannya waktu, tetapi keuangan Anda akan tidak jika Anda akhirnya menumpuk lebih banyak utang ke kartu kredit kosong.

3. Anda ingin mengurangi risiko fraud atau tindakan cybercrime. Mungkin laptop Anda telah dicuri dan Anda menyimpan password atau account online banking yang telah memberikan rincian kartu kredit Anda. Mungkin Anda sudah menulis nomor kartu pada formulir pembayaran yang ditangani oleh pedagang. Mungkin dengan memotong kartu kredit sejak awal adalah jalan terbaik sebelum tindak fraud atau cybercrime dibuat oleh orang lain.

Bagaimana dengan yang buruk? 

Berpikir dua kali tentang membatalkan kartu kredit Anda jika salah satu dari berikut berlaku untuk Anda.

1. Ini adalah hanya sumber kredit Anda. Jika Anda tidak memiliki kartu kredit atau pinjaman lain, tetapi Anda berencana untuk mendapatkan meminjam di masa depan, membatalkan kartu kredit Anda dapat mempengaruhi aplikasi Anda untuk pinjaman atau kredit di masa depan. Bagaimana bank akan tahu jika Anda layak mendapatkan kredit jika Anda tidak bisa menunjukkannya di atas kertas?

2. Anda memiliki sejarah kredit yang baik dan panjang dengan kartu ini. Membatalkan berarti kehilangan sejarah kredit Anda dalam waktu dekat, dan tanpa itu Anda juga bisa kehilangan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah untuk pinjaman dan membayar tagihan Anda tepat waktu.

Ingin membatalkan kartu kredit?

Sekarang kami memberitahu Anda bagaimana cara benar menangani pembatalan kartu kredit Anda.

1. Hubungi bank Anda untuk mulai memproses pembatalan. Anda dapat mempertimbangkan kemungkinan tingkat yang lebih rendah dan manfaat yang mungkin membantu, tetapi jika Anda benar-benar bertekad untuk membatalkan kartu kredit. Pastikan bahwa Anda telah memberhentikan semua pembayaran otomatis pada kartu dan bahwa hal itu akan tidak lagi digunakan untuk memastikan tidak ada pembayaran lebih lanjut atau biaya dari kartu di masa depan. 

2. Pemotongan sepotong plastik dengan gunting tidak membatalkan kartu. Semua hal ini adalah mencegah Anda menggunakan kartu lagi di masa depan. Meskipun beberapa mungkin mengatakan kepada Anda bahwa membatalkan melalui telepon dengan bank sudah cukup.

Tulislah surat resmi ke bank Anda menyatakan niat Anda untuk membatalkan. Surat itu harus berisi nama lengkap, nomor IC, nomor kartu kredit, jenis kartu kredit dan tanggal penerbitan serta kadaluwarsa. Sertakan garis yang jelas menyatakan ketika Anda ingin kartu dihentikan (biasanya tanggal pengajuan ke bank). Informasi lebih lanjut selalu lebih baik daripada kurang. Buatlah salinan dari surat ini dan membawanya ke bank. Menyerahkan satu salinan ke bank dan minta mereka stempel salinan untuk mengakui penerimaan dengan tanggal penerimaan jelas dinyatakan.

Tidak dipungkiri kartu kredit memang menjadi alat pembayaran yang digandrungi oleh masyarakat. Selain mudah dalam penggunaan, ini juga memiliki keuntungan cicilan yang bisa Anda manfaatkan dalam membeli barang-barang elektronik. Ingin mendapatkan kartu kredit yang sesuai dengan kriteria Anda? Silakan bandingkan dan ajukan secara online di KreditGoGo.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama