Update: Perbedaan Keuntungan Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Ketika mengajukan pembuatan kartu kredit, Anda harus memilih antara kartu kredit Visa atau MasterCard. Apa sih perbedaannya dan mana yang lebih memberrikan keuntungan?

Saat hendak membuat kartu kredit, biasanya seseorang akan ditanya mengenai jenis kartu yang diinginkan: mau Visa atau MasterCard.

Pertanyaan ini sering membuat orang bingung, karena sekilas kedua kartu ini terlihat sama, baik bentuk maupun fungsinya.

Tapi manakah yang lebih bagus dan menguntungkan?

Keuntungan Visa dan MasterCard

Kedua kartu kredit ini sama-sama menawarkan keuntungan bagi para penggunanya. Besarnya tentu tergantung pada jenis kartu yang dimiliki: silver, gold, atau platinum. Beberapa contoh keuntungan untuk Anda adalah:

  • Visa Classic, bisa melakukan penarikan uang tunai di 1.9 juta ATM di lebih dari 200 negara serta penggantian kartu darurat.
  • Visa Gold, mendapatkan layanan perjalanan, referensi, bantuan medis dan hukum, serta akses bebas biaya ke Visa Global Customer Assistance Services 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun.
  • Visa Platinum, mendapatkan fasilitas Concierge Services pribadi 24 jam sehari, memperoleh asuransi kecelakaan perjalanan dan bisa menikmati pelayanan kelas VIP saat Anda berlibur.
  • Visa Signature, memperoleh keuntungan Visa Signature Concierge yaitu layanan VIP di airport lounge yang berpartisipasi serta berbagai keuntungan menarik saat berbelanja di bandara di seluruh Asia, mendapat diskon khusus di lebih dari 300 klub golf premium di seluruh dunia.

Sedangkan karrtu kredit MasterCard memiliki keuntungan seperti berikut ini:

  • Standard MasterCard, mendapatkan akses layanan pelanggan 24 jam sehari, 7 hari seminggu saat kehilangan kartu kredit.
  • Gold MasterCard, mendapatkan fasilitas Travel Assistance Service saat bepergian dan bantuan jika kendaraan Anda mengalami musibah seperti pengiriman bahan bakar atau jasa montir.
  • Platinum MasterCard, mendapatkan layanan maksimal saat bepergian seperti bantuan ketika kehilangan bagasi atau rujukan ke dokter atau pengacara. Jika kartu Anda dilengkapi dengan layanan Purchase Assurance, maka Anda akan memperoleh perlindungan selama 90 hari jika terjadi kehilangan, pencurian, atau kerusakan pada barang yang Anda beli.
  • World Elite MasterCard, mendapatkan keuntungan ekstra saat memesan kamar di hotel berbintang di luar negeri seperti upgrade kamar gratis, batas waktu check out lebih lama, dan layanan internet.

Perbandingan Visa dan Mastercard

Kartu Kredit Visa dan MasterCard memiliki sejumlah perbedaan dan keistimewaan masing-masing. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Perusahaan Penerbit Kartu

Kartu kredit Visa dikeluarkan pertama kali pada tahun 1970 oleh Visa International yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Sedangkan kartu kredit MasterCard dikeluarkan pada tahun 1966 oleh MasterCard International yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

2. Pengguna Layanan

Dalam soal pengguna kartu kredit, baik Visa maupun MasterCard memiliki pasarnya masing-masing. Kedua kartu ini bisa digunakan untuk bertransaksi di seluruh dunia. Bagi pasar di Eropa dan Amerika, kartu MasterCard lebih banyak jadi idola sementara kartu Visa lebih populer di daerah Asia.

3. Perlindungan Keamanan Layanan

Kartu kredit Visa menawarkan perlindungan lebih ketika melakukan transaksi online dengan skema Verified by Visa. Anda akan diminta untuk mengotentikasikan diri dengan memasukkan password statis atau One Time Password (OTP) ketika melakukan pembayaran online. Kode OTP hanya akan dikirimkan ke nomor telepon seluler yang telah terdaftar pada bank penerbit kartu.

Kartu kredit MasterCard juga memiliki skema untuk melindungi para pembeli online, yaitu SecureCode. Saat hendak melakukan pembayaran online, Anda diharuskan untuk mengisi kode unik yang telah didaftarkan sebelumnya. Kode rahasia ini menjamin bahwa Anda adalah satu-satunya pihak yang dapat menggunakan kartu kredit tersebut secara online.

4. Biaya Transaksi

Apabila kartu kredit Visa atau kartu kredit MasterCard digunakan untuk bertransaksi di luar negeri, maka Anda akan dikenakan biaya transaksi. Visa menetapkan biaya transaksi sebesar 1% sedangkan MasterCard menetapkan biaya transaksi antara 0,2% hingga 1%, tergantung dari jenis transaksi.

Kartu Kredit Visa dan Mastercard Terbaik

Ada banyak pilihan kartu kredit baik Visa ataupun Mastercard, semua bank menerbitkan kartu kredit dengan keunggulannya masing-masing. Berikut ini kami lampirkan dua contoh kartu kredit Visa dan Mastercard terbaik.

1. Standard Chartered MasterCard Titanium

Kartu Kredit MasterCard ini memberikan banyak keistimewaan bagi nasabahnya. Khusus untuk Anda penyuka belanja dan tertarik dengan kartu kredit yang menawarkan berbagai keuntungan bagi penggunanya, kartu kredit Standard Chartered Titanium bisa menjadi pilihan tepat.

Pasalnya setiap pembelanjaan yang dilakukan kartu kredit Standard Chartered Titanium akan memberikan Anda cashback hingga Rp 650.000 per bulan. Semakin besar pembelanjaan Anda, maka semakin tinggi pula nilai cashback yang bisa dinikmati.

2. HSBC Visa Platinum

Kartu kredit ini menawarkan pengalaman eksklusif untuk menikmati hidup menjadi luar biasa. Bagi Anda yang menyukai kemudahan transaksi pembayaran untuk ragam kebutuhan, mulai dari transaksi ritel hingga perjalanan bisnis dan traveling, HSBC Visa Platinum menjadi rekomendasi terbaik untuk dapat Anda miliki.

HSBC Visa Platinum akan melengkapi hidup Anda dengan beragam rewards dalam setiap transaksi fashion dan dining. Kartu kredit HSBC menawarkan 250 pilihan voucher belanja di 11 HSBC Rewards Lounge yang dapat Anda nikmati dengan mudah. Diantaranya adalah Anda dapat belanja hemat hingga 20% dengan Poin HSBC. Reward yang bisa Anda dapatkan di 400+ outlet di sepanjang tahun.

Jadi manakah yang menjadi pilihan Anda, Kartu Kredit Visa atau MasterCard? Keduanya akan menjadi sempurna apabila dipadukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan keuntungan lebih ajukan kartu kredit online melalui KreditGoGo dan raih untung lebih banyak dengan penawaran hadiah menarik spesial dari kami.

Baca juga: 
Kartu Kredit MasterCard Tersedia untuk Bank Daerah
Nonton Hemat di The Premier Setiap Akhir Pekan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama