Untungnya Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu

Orang masih ragu dan takut untuk memiliki lebih dari satu karena khawatir akan menjadi boros. Padahal, dengan memiliki lebih dari satu kartu kredit justru memberikan keuntungan dan manfaat lebih!

Kini, kartu kredit semakin diminati masyarakat sebagai salah satu alat pembayaran. Buktinya, berdasarkan data Bank Indonesia (BI), ada sebanyak 17 juta kartu kredit yang dimiliki oleh sekitar 7,5 juta orang.

Angka ini menunjukkan betapa besarnya pengguna kartu kredit di Indonesia. Pertumbuhan yang pesat ini tak lepas dari kesadaran masyarakat akan manfaat kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari.

Punya Dua Kartu Kredit?

Sebagian orang masih ada yang ragu dan takut untuk memiliki lebih dari satu karena khawatir akan menjadi boros. Padahal, dengan memiliki lebih dari satu kartu kredit justru memberikan keuntungan dan manfaat lebih kepada pemiliknya.

Mulai dari banyaknya promo cicilan dan diskon di berbagai outlet hingga kemudahan dalam membayar tagihan rutin bulanan (listrik, telekomunikasi, dan lain sebagainya). Tak heran jika sebagian besar pemegang kartu memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Riwayat Positif, Kredit Lancar

Dalam dunia keuangan, riwayat kredit sangat penting karena dijadikan patokan oleh kreditur. Penilaian inilah yang digunakan untuk menentukan apakah pengajuan kredit atau kartu kredit Anda nantinya diterima atau ditolak.

Pihak kreditur akan mempelajari sejarah kredit Anda secara menyeluruh sebelum memutuskan memberi pinjaman. Selain itu kreditur juga akan menganalisa semua akun keuangan Anda untuk menilai skor kredit Anda.

Baca juga: Kartu Kredit Pertamaku

Dengan taat dalam pembayaran kartu kredit pertama Anda, maka pihak bank akan memberikan nilai positif. Jika nilai Anda positif, maka pengajuan kartu kredit kedua pun memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima. Begitu juga dengan pengajuan kredit.

Jika memiliki lebih dari satu kartu kredit dan melakukan pembayaran dengan taat tentunya skor atau nilai riwayat kredit Anda akan semakin baik. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mencari dana pinjaman jika sedang dalam keadaan mendesak.

Beda Kartu, Beda Manfaatnya

Tiap kartu kredit memiliki keunikan dan manfaat yang berbeda. Ada yang lebih memberikan manfaat berupa cashback, diskon, air miles, dan berbagai benefit lainnya.

Atur penggunaan masing-masing kartu kredit sesuai keunggulannya. Misalnya, kartu kredit pertama Anda gunakan khusus digunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari atau groceries, elektronik, gadget, dan sejenisnya karena memberikan manfaat lebih berupa diskon atau cashback.

Untuk kartu kredit kedua, Anda bisa mengajukan kartu yang bisa digunakan khusus untuk traveling. Kartu kredit ini sebaiknya memiliki kelebihan dari sisi poin reward yang bisa ditukar untuk upgrade airmiles, restoran, hotel, dan airport lounge.

Baca juga: Teliti Manfaat Kartu Kredit Agar Lebih Untung

Jika Anda tidak suka traveling, Anda bisa memilah penggunaan kartu kredit berdasarkan kebutuhan primer dan sekunder. Kartu kredit pertama untuk belanja kebutuhan primer sehari-hari, sedangkan kartu kredit kedua digunakan khusus untuk kebutuhan sekunder seperti gadget, elektronik, dan lain sebagainya.

Dengan pengaturan seperti ini, Anda akan lebih mudah memantau pengeluaran. Jika ada penggunaan yang diluar kebiasaan tentunya Anda akan langsung sadar.

Kartu Kredit Cadangan

Tidak ada yang pernah mengharapkan datangnya bencana. Namun, kita juga tidak bisa menolaknya. Bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda tertimpa musibah, yaitu kartu kredit hilang. Atau bisa jadi kartu kredit diblokir oleh bank.

Ada kemungkinan pihak bank membatalkan transaksi atau bahkan membekukan kartu kredit nasabahnya apabila mereka mendeteksi potensi fraud atau akun rekening mengalami gangguan.

Dalam kondisi-kondisi tersebut, kartu kredit Anda pun tentunya tidak dapat digunakan sampai ada konfirmasi selanjutnya. Saat seperti inilah Anda membutuhkan kartu kredit cadangan.

Jadi, ketika salah satu kartu tidak bisa dipakai, Anda masih bisa menggunakan kartu lainnya. Transaksi pun jadi tidak terhambat.

Penyelamat Dalam Keadaan Darurat

Hampir sama dengan fungsinya sebagai cadangan, kartu kredit kedua bisa menjadi pegangan jika dalam keadaan darurat. Misalnya saat sedang butuh dana mendesak tetapi tidak memiliki tabungan.

Sebenarnya akan lebih baik jika kartu kredit tidak digunakan untuk hal yang bersifat emergency. Namun, jika memang dibutuhkan, idealnya, gunakan kartu kredit dengan bunga yang rendah, limit tinggi dan tidak memiliki bunga tahunan.

Baca juga: Dokter Finansial: Pinjaman Tunai Kartu Kredit, Fitur Andalan Saat Butuh Dana

Jadi, apakah sudah siap miliki kartu kredit kedua Anda?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama