Trik Aman Menggunakan Kartu Kredit Saat Belanja Online

Saat ini sudah menjadi trend penggunaan kartu kredit untuk beragam transaksi online. Namun, ternyata ada beberapa hal yang mesti Anda waspadai. Kenapa? Berikut ulasannya.

Berbelanja merupakan cara yang dilakukan oleh setiap orang dalam memanfaatkan uang yang dimilikinya. Saat ini, dengan teknologi yang semakin canggih, konsumen cenderung memilih belanja online. Selain kemudahan nasabah tidak perlu bermacet-macetan ke toko, kepanasan, bahkan tidak perlu menjinjing barang belanjaan yang banyak di perjalanan.

Dengan banyaknya situs jual beli online dan banyaknya orang yang melakukan aplikasi kartu kredit semakin banyak pula orang yang memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan berbelanja online.

Risiko Belanja Online dengan Kartu Kredit

Berhubungan dengan penggunaan kartu kredit saat digunakan untuk pembayaran belanja online, pemiliknya harus lebih berhati-hati. Karena, beberapa kasus penipuan terjadi karena seseorang menggunakan kartu kreditnya saat belanja online.

Penipu dunia maya biasanya mampu mengakses informasi pribadi pemilik dan pengguna kartu kredit melaluimalware atau perangkat lunak berbahaya disebut dengan istilah scammers.

Malware yang digunakan untuk mengakses info-info pribadi tersebut disebut juga dengan spyware, sebagai aplikasi mata-mata info-info pribadi, misalnya username, password, PIN dan lainnya.

Spyware yang dijalankan oleh seorang scammers beroperasi secara diam-diam di komputer yang terhubung secara online. Pengguna komputer yang melakukan transaksi online tidak akan merasa adanya perbedaan saat ada spyware atau pun tidak ada spyware.

Perangkat lunak berbahaya ini secara diam-diam mengumpulkan informasi di latar belakang proses komputer, memonitor kebiasaan dari berbagai program yang dijalankan serta berbagai situs yang dibuka, termasuk ketika membuka web online shop atau marketplace.

Sebenarnya sebagai konsumen, Anda dapat mencegah agar penipuan belanja online dengan kartu kredit tidak menimpa Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari agar tidak menjadi korban penipuan.

1. Berbelanja di Toko Online Terpercaya

Saat ingin berbelanja online dengan kartu kredit, lebih baik pilihlah situs-situs toko online terkemuka yang memiliki bentuk pembayaran online yang terpercaya. Penting untuk menghindari situs-situs toko online yang tidak jelas agar terhindar dari modus penipuan.

2. Mengamankan Password

Hal yang harus Anda lakukan adalah berwaspada sejak awal dengan cara menggunakan password yang berbeda dari password-password Anda sebelumnya. Usahakan juga password tersebut lebih rumit daripada password account-account Anda yang lainnya.

3. Mengamankan Email

E-mail hendaknya diamankan dari hal-hal yang mencurigakan. Cek e-mail dengan berkala, serta hapus e-mail yang datang secara mencurigakan, seperti meminta kartu kredit dan informasi pribadi, atau menginstruksikan pemilik email untuk mengunjungi web yang akan mengaktifkan kartu kredit.

Terkadang dalam suatu email mengandung link yang bila diklik dapat membawa pemilik kartu kredit ke website Phishing, yang menjadi pintu gerbang untuk mendapatkan nomor kartu kredit. Lebih baik, hanya download file dan dokumen dari situs yang dipercaya atau dikenal saja.

4. Simpan Rincian Kartu Kredit

Hal ini juga penting Anda lakukan, untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit dari spyware, lebih baik tidak menyimpan rincian kartu kredit pada komputer atau pada cookie saat mengakses internet. Misalnya nomor kartu kredit dan tanggal kadaluwarsa.

5. Amankan Account Pribadi Anda

Saat melakukan belanja online, alangkah lebih baiknya menggunakan komputer atau gadget pribadi saja. Jangan pernah menggunakan perangkat komputer dan gadget milik orang lain, sebab hal ini demi keamanan account Anda sendiri.

Cara menjaga keamanan saat berbelanja online di internet cukup mudah bukan? Intinya, Anda harus mengamankan dompet yang berisi informasi kartu kredit yang akan digunakan, termasuk nomor kartu kredit, email, username, password, PIN dan lain-lain.

Penting sekali untuk menghindari komunikasi dengan sembarang orang yang tidak dikenal apalagi di dunia maya, termasuk jika ada email masuk yang mencurigakan. Untuk keamanan saat berbelanja online, lebih baik membeli barang pada situs yang terpercaya.

Agar belanja online lebih aman pastikan Anda bertransaksi di toko belanja online atau di situs-situs e-commerce yang mengaktifkan 3D Secure dan yang berlogo Verified by Visa dan MasterCard SecureCode.

Toko belanja online yang terpercaya dan sudah dilengkapi dengan logo-logo tersebut, menjamin setiap transaksi yang Anda lakukan sudah menggunakan sistem pembayaran yang baik dan aman.

Setelah mengetahui trik-trik belanja online dengan aman menggunakan kartu kredit tersebut, tertarik kah Anda untuk belanja online? Mau belanja online lebih hemat? Ayo ajukan kartu kredit melalui KreditGoGo.com dan raih kesempatan untuk mendapatkan hadiah eksklusif menarik ketika pengajuan Anda disetujui.

Baca Juga:
Mudah dan Aman Mengajukan Kartu Kredit via Online
Belanja Online Lebih Menguntungkan dengan Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama