Tips Menjaga Kerahasiaan Nomor Kartu Kredit, Mana yang Belum Anda Lakukan?

Bagi Anda yang baru memiliki kartu kredit, pastikan Anda menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit agar tidak menjadi korban penipuan.

Apakah Anda baru saja memiliki kartu kredit pertama atau sudah lama menggunakan kartu kredit? Ya, dengan kartu kredit Anda bisa dengan mudah bertransaksi saat belanja barang maupun jasa. Anda juga bisa menikmati berbagai program cicilan, point, rewards, cashback dan lainnya yang ditawarkan oleh bank.

Meskipun kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan hidup, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Saat ini, kasus penipuan kartu kredit semakin marak. Taktik yang diterapkan oleh penipu juga semakin lihai, seperti mengambil data kartu kredit Anda tanpa Anda sadari. Jadi, walaupun kartu kredit Anda tidak hilang, Anda tetap bisa menjadi korban penipuan. Mengapa bisa?

Pertama-tama, mari kita mengenal lebih lanjut mengenai nomor kartu kredit. Nomor kartu kredit adalah sebuah identitas unik yang terdiri atas 16 angka dengan kombinasi algoritma unik. Standar internasional yang digunakan dalam nomor kartu kredit Anda terdiri atas angka 0 hingga 9, dimana 6 digit pertama adalah kode jenis kartu kredit dan 1 digit terakhir untuk validasi pengecekan nomor kartu. Sedangkan digit yang tersisa adalah nomor akun pemegang kartu. Di Indonesia, kartu kredit hanya diterbitkan oleh bank dan lembaga keuangan bukan bank sehingga selalu diawali dengan nomor 4 atau 5.

Baca juga: Kredit Usaha Ultra Mikro, Solusi Keuangan Bisnis Ultra Kecil

Untuk berbelanja online menggunakan kartu kredit, seseorang harus memasukkan nama pemilik kartu kredit, nomor kartu kredit, expiry date dan Card Verification Value (CVV). CVV terdiri atas tiga nomor yang tertera pada bagian belakang kartu kredit. Setiap transaksi pembayaran online menggunakan kartu kredit mengharuskan seseorang memasukkan nomor CVV untuk memastikan bahwa transaksi tersebut sah.

Menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit sangat penting agar Anda tidak menjadi korban penipuan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Kartu Kredit Baru Harus Anda Terima dalam Amplop Tertutup

Semua dokumen yang bersifat peribadi haruslah Anda terima dalam amplop tertutup, termasuk kartu kredit baru. Saat menerima kartu kredit baru, baik secara langsung atau melalui pos, pastikan kartu tersebut Anda terima dalam amplop tertutup. Jika Ada kesan sobekan atau ditempel ulang, segera laporkan hal ini kepada pihak bank. Setelah menerima kartu kredit baru, segera bubuhkan tanda tangan Anda pada kolom yang tersedia di bagian belakang. Hal ini akan membantu menjamin keamanan kartu kredit Anda.

Baca Juga: Begitu Banyak Promo Kartu Kredit, Begini Cara Memanfaatkannya!

Hati-hati Memakai Kartu Kredit Saat Bertransaksi Online

Saat melakukan pembayaran online, pada umumnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor CVV. Perhatikan apakah status toko online terlihat mencurigakan dengan memastikan alamat website dimulai dengan "https", yang mengindikasikan bahwa toko online tersebut aman untuk bertransaksi. Jika Anda tidak menemuinya, sebaiknya Anda membatalkan transaksi pembayaran dengan kartu kredit. Selain itu, jangan pernah menyimpan data nomor kartu kredit di aplikasi belanja online.

Hapus Browsing Data Setelah Bertransaksi Online

Setiap kali Anda selesai berbelanja online, jangan lupa untuk menghapus browsing data agar nomor kartu kredit dan data-data peribadi lainnya milik Anda tidak tersimpan dalam browser. Dengan begini, saat laptop Anda kena hack, pelaku tidak akan menemukan data-data peribadi yang bisa ia gunakan.

Setelah Pakai, Segera Simpan Kartu Kredit

Jika Anda sudah selesai memakai kartu kredit, simpanlah sesegera mungkin. Jangan biarkan kartu kredit Anda tergeletak begitu saja agar orang lain tidak dapat melihat nomor kartu kredit Anda. Kebiasaan ini juga akan menghindarkan Anda dari musibah kartu kredit hilang karena dicuri orang.

Lacak Transaksi Pembayaran dengan Aplikasi Mobile

Setiap ada transaksi pembayaran yang menggunakan kartu kredit Anda,bank penerbit kartu kredit akan mengirimkan notifikasi. Jika Anda tidak melakukan transaksi tersebut, segera telepon pihak bank. Download juga aplikasi mobile agar bisa segera mengganti PIN transaksi, memblokir kartu kredit yang hilang dan lainnya.

Meskipun hanya berupa deretan angka, ternyata nomor kartu kredit harus dijaga kerahasiaannya karena dapat menimbulkan perkara yang tidak diinginkan. Bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit, KreditGoGo menawarkan berbagai jenis kartu kredit sesuai gaya hidup yang bisa Anda pilih dan ajukan langsung secara online seperti kartu kredit untuk sosialitaSyariahtravelerwiraswasta dan lainnya.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama