Tips Menghindari Pembobolan Kartu Kredit

Kartu kredit memang menjadi alat pembayaran praktis. Tentu Anda tak ingin data Anda dibobol oleh hacker. Kami memberikan Anda tips yang berguna untuk menghindari pembobolan kartu kredit.

Sebagai Negara yang berada di 10 besar dalam kejahatan cyber crime di dunia, Indonesia marak dengan kasus kejahatan pembobolan kartu kredit. Kejahatan tersebut dilakukan melalui internet, dengan memanfaatkan data bank. Pada Mei tahun lalu saja, BI mencatat sedikitnya telah terjadi kasus fraud sebanyak 1.009. Kerugian pun ditaksir mencapai Rp. 2,37 miliar.

kartu kredit

Jenis Cybercarding

Dilihat dari jenis kejahatannya adalah pencurian identitas dan card not present. Ironisnya meski pembobolan kartu kredit itu berasal dari data pribadi, akan tetapi sampai saat ini Indonesia belum mempunyai undang-undang soal keamanan data pribadi.

Mau tidak mau pemerintah harus segera membenahi sistem ini. Jika tidak, sangat mungkin terjadi bahwa cybercarding akan terus berkembang, dan merugikan penggunanya. Sambil menunggu pemerintah melakukan hal yang tepat dalam mengantisipasinya, Anda bisa memperhatikan tips dari kami bagaiman cara menghindari pembobolan kartu kredit.

1. Amankan Username dan Password Anda

Ini adalah langkah awal yang harus benar-benar diperhatikan. Username haruslah sesuai dengan nama asli Anda, sehingga dapat memudahkan dalam proses data. Sedangkan untuk password, ada baiknya Anda menggunakan kata sandi yang benar-benar tidak dapat ditebak. Seperti, hindakan menggunakan hari ulang tahun, atau yang berhubungan dengan keluarga.

2. Kartu kredit dengan Teknologi Chip

Anda beruntung, di tahun 2014, sudah semua bank menerapkan teknologi ini pada kartu kredit. Chip ini berwarna hitam, dan terletak di bagian belakang kartu yang Anda gunakan. Semua informasi mengenai identitas kartu, dan pengguna tercantum terdapat disini.

3. Berhati-hati Ketika Melakukan Transaksi

Berusahalah untuk selalu teliti dan waspada ketika kartu kita diproses di bank, pertokoan, merchant. Dan simpan struk pembelian Anda, jangan sampai hilang. Sesuaikan dengan billing kartu kredit Anda pada saat pembayaran.

4. Hindari Bertransaksi dengan Menggunakan Koneksi Wi-Fi Gratisan

Menggunakan fasilitas Wi-Fi gratis memang menyenangkan, apalagi jika koneksinya ngebut. Namun, jangan sekalipun Anda mencoba untuk bertransaksi dengan koneksi Wi-Fi di tempat umum. Bisa-bisa Anda sedang dipantau oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan password Anda dicuri.

5. Teliti ketika akan mengambil sebuah promo di Internet

Bersikap hati-hati dalam berbelanja menggunakan internet selalu menjadi prioritas yang utama. Jangan mudah tergiur dengan promo yang ditawarkan. Karena bisa saja ketika Anda memberikan identitas data-data pribadi kartu kredit Anda, tapi itu hanya bohong belaka. Yang terjadi kemudian kartu kredit Anda di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

visa kartu kredit

Kewaspadaan adalah kunci utama ketika Anda akan bertransaksi menggunakan kartu kredit. Semoga Anda senantiasa berhati-hati dalam menggunakannya, kapanpun dan dimanapun. Dan yang paling utama adalah bijaklah dalam menggunakan kartu kredit. Bersikaplah sederhana dan tidak bergantung terhadap besarnya limit yang diberikan. Karena bagaimanapun juga dengan menggunakan kartu kredit Anda harus siap berhutang.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama