Tips Menggunakan Kartu Kredit Ketika Liburan

Liburan kerap kali dihabiskan dengan berbelanja menggunakan kartu kredit di mesin kasir. Sebelum "menggesek" simak dulu tips berikut ini

Sebagai penggila belanja memanfaatkan kartu kredit ketika liburan adalah cara yang tidak bisa dicegah. Ini adalah jalan lain untuk kemudahan Anda ketika berlibur dengan membayar semua pembelian menggunakan kartu "sakti" ini. 

Anda hanya tinggal menggesek di mesin kasir dan seperti sulap barang sudah ditangan.Tetapi yang sering terjadi adalah Anda keasikan menggesek kartu kredit sampai tak sadar sudah terlalu banyak memakainya. 

Jika Anda adalah salah satu yang sering menggunakan kartu kredit ketika berlibur coba periksa tips kami agar penggunaan kartu kredit dapat maksimal dan tidak merugikan.

Atur Limit Kartu

Kelebihan budget ketika belanja dengan kartu kredit sangat mudah terjadi, jadi yang terpenting adalah tentukan batas limit kartu Anda. Limit yang tinggi akan membuat hasrat berbelanja menjadi semakin besar.

Kadang-kadang, Anda membiarkan diri untuk terjebak pada pengeluaran yang berlebihan ketika belanja, itu mungkin karena Anda bukan tipe orang yang suka berbelanja secara teratur.

Jika begitu yang perlu dilakukan hanya membatasi anggaran belanja. Usahakan atur limit kartu sesuai dengan kebutuhan dan gaji. Anda bisa menghubungi bank penerbit kartu untuk mengatur jumlah limit harian.

Dan Ingatlah selalu untuk memiliki rencana pengeluaran dan pembayaran yang rutin agar tidak terjebak dengan berakhir pada bunga yang berkali-kali lipat.

Maksimalkan Cashback dan Akumulasi Reward Points

Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit; manfaatkanlah keuntungan yang ditawarkan dari promo Cashback dan Akumulasi Reward Points ketika berbelanja. Beberapa kartu mungkin memberikan diskon di toko-toko tertentu.

Untuk mendapat cashback Anda bisa menggunakannya di tempat-tempat bertransaksi seperti pom bensin, supermarket, maskapai penerbangan, dan masih banyak lagi yang bekerja sama dengan kartu kredit Anda.

Ataupun Anda bisa mengumpulkan reward point setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit yang nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai bonus menarik seperti diskon berbelanja, voucher, potongan harga tiket, menginap di hotel, dan sebagainya.

Jika Anda tidak ingin menghabiskan waktu untuk membaca brosur kartu kredit atau browshing website; tanyakan saja pada kasir apakah ada diskon atau promosi untuk setiap kartu kredit bank tertentu sebelum Anda membayar.

Manfaatkan Promosi Khusus di Mall

Beberapa mall menawarkan hadiah eksklusif jika Anda menggunakan kartu kredit bank tertentu sampai dengan jumlah tertentu. Anda dapat menikmati hadiah gratis seperti kartu, notebook atau tiket bioskop.

Jika akan menggunakan kartu kredit untuk menghabiskan jumlah tersebut di merchant tertentu maka jangan sampai terlewat promosi eksklusif yang berlaku. Misalnya, promo BNI cashback dari Superindo bekerja sama dengan bank BNI.

Awasi Pengeluaran Anda

Menetapkan batas pengeluaran belanja saja mungkin tidak cukup. Anda harus mengawasi segala pengeluaran yang dilakukan.Menjaga pembelian dalam jumlah yang wajar dan menghitung pengeluaran sesuai dengan aggaran adalah langkah yang baik. Batasi pemakaian kartu antara 30% hingga maksimal 40% dari pendapatan Anda setiap bulannya.

Kami tidak mencoba untuk mematikan semangat liburan Anda dengan saran dan tips yang serius tersebut. Anda masih bisa menikmati liburan dengan berbelanja tanpa khawatir bangkrut setelah liburan. Semoga ini dapat membantu Anda lebih disiplin dalam berbelanja!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama