Tipe Orang yang Tidak Cocok Gunakan Kartu Kredit

Tidak semua orang cocok memiliki kartu kredit, lalu tipe seperti apa yang cocok? Jika tidak termasuk dalam tipe di bawah ini berarti Anda cocok memiliki kartu kredit

Banyaknya manfaat dan kegunaan yang dimilikinya, membuat orang berlomba-lomba mengajukan aplikasi kepemilikan kartu kredit. Tetapi perlu Anda ketahui, kartu kredit bukalah kartu yang sembarangan, kartu ini tidak bisa dipakai sesukanya tanpa perhitungan.

Jika tepat penggunaannya Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal tetapi jika tidak Anda bisa terjebak jeratan hutang. Apabila kondusi keuangan Anda dalam keadaan baik ini berarti Anda layak memiliki kartu kredit. Anda pasti mampu mengontrol penggunaannya dengan baik dan mampu membayar tagihan setiap bulannya.

Saat ini kepemilikan kartu kredit memang sangatlah mudah. Hampir bisa dikatakan semua orang mampu memiliki kartu kredit. Namun ada sebagian orang yang tidak cocok untuk memiliki kartu plastik ini. Nah, berikut akan kami sajikan tipe orang yang seharusnya tidak memiliki kartu kredit.

1. Penghasilan Dibawah 3 Juta

Tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit yang pertama adalah mereka yang memiliki gaji dibawah Rp. 3 juta. Penghasilan adalah salah satu syarat dari bank dan berdasarkan ketentuan dari Bank Indonesia batas minimal penghasilan seseorang agar bisa mendapat kartu kredit adalah Rp. 3 juta / bulan.

Berdasarkan ketentuan tersebut untuk masyarakat yang memiliki penghasilan dibawah Rp 3 juta tentunya tidak dapat mengajukan karena pasti akan ditolak oleh bank. Ketentuan ini dibuat semata-mata untuk menghentikan terjadinya kredit macet. Minimal penghasilan tersebut juga telah dihitung berdasarkan kalkulasi kebutuhan layak manusia di Indonesia tiap bulannya.

2. Boros

Kartu kredit sama juga dengan kartu utang. Jadi jika Anda berbelanja berlebihan secara otomatis utang Anda juga akan semakin banyak. Orang yang boros dan suka gelap mata ketika berbelanja tentunya akan sangat berbahaya jika memiliki kartu kredit.

Tipe orang seperti ini sangat tidak cocok memiliki kartu kredit, karena nantinya kartu kredit Akan membuat dia semakin boros. Terlebih lagi dengan berbagai macam promo seperti diskon, promo, cashback di sejumlah merchant. 

Hal itu bisa membuat Anda makin tidak terkontrol menggunakan kartu utang ini yang akan berujung pada masalah finansial.

3. Gaya Hidup Mewah

Selain boros, bergaya hidup mewah juga tidak cocok jika memiliki kartu kredit. Sebenarnya bergaya hidup mewah boleh-boleh saja, asalkan penghasilan Anda mencukupi. Jika Anda memiliki gaya hidup memawah tetapi tidak didukung penghasilan yang cukup tentunya ini akan sangat merugikan.

Tipe ini tidak bisa memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan kartu kredit samahalnya dengan boros Anda akan terjebak utang karena ingin terus memenuhi gaya hidup mewah tersebut.

Misalnya, Anda ingin membeli produk gadget terbaru tetapi uang Anda belum ada, kemudian Anda menggunakan kartu kredit untuk mensiasatinya. Ketika tagihan datang, barulah Anda kebingungan karena penghasilan tidak cukup untuk menutupi semua tagihan.

4. Catatan Kredit Buruk

Tipe selanjutnya adalah orang-orang yang sudah terdaftar dalam blacklist bank alias terkena BI cheking. Terkena BI Cheking maksudnya Anda memiliki catatan yang buruk seperti pernah mengalami kredit bermasalah. jika begitu bank akan melihat Anda sebagai nasabah yang tidak memiliki kemampuan untuk mengelola kredit atau utang yang diberikan.

Tetapi bukan berarti Anda harus menghindari kredit bank. Perlu diketahui juga kalau bank juga akan lebih hati-hati jika Anda tidak memiliki catatan sebagai debitur. Hal ini juga menjadi penilaian bank, jika Anda tidak memiliki catatan kredit bank akan kesulitan untuk memprediksi bagaimana pola Anda dalam membayar tagihan.

5. Senang Ambil Tunai

Jika Anda tergolong orang yang senang ambil tunai di ATM berarti Anda masuk ke dalam tipe orang yang tidak cocok memiliki kartu kredit. Bukan maslah besar jika Anda mengambil tunai di ATM dengan menggunakan kartu Debit atau kartu ATM, sebab kartu tersebut memang digunakan untuk itu dan uang yang Anda ambil berasal dari tabungan Anda sendiri.

Lain halnya jika tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit. Uang yang Anda ambil adalah utang dari bank, Anda juga akan dikenakan bunga sebesar 4% dari nominal pengambilan. Belum lagi beban untuk melunasinya, jika Anda sering tarik tunai dengan kartu kredit maka akan semakin besar beban yang harus dilunasi.

6. Tidak Disiplin

Kebiasaan sering terlambat datang ke kantor mungkin tidak menjadi masalah yang besar. Tetapi jika kebiasaan tersebut terbawa pada sikap kedisiplinan diri berarti Anda tidak cocok memiliki kartu kredit. Memiliki kartu kredit dibutuhkan kedisiplinan dalam membayar tagihan.

Jika Anda sering sekali melanggar kedisiplinan waktu maka kemungkinan Anda untuk telat dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit sangat besar. Jika itu yang terjadi, maka Anda harus bersiap untuk membayar denda. Jika semakin lama dibiarkan, kartu kredit bukannya jadi alat yang membantu justru akan menyengsarakan hidup Anda.

Jadi termasuk tipe yang manakah Anda? Jika Anda tidak memenuhi tipe-tipe diatas maka Anda boleh mengajukan kartu kredit.

Baca juga: 7 Kecerobohan Pengguna Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama