Tinggalkan Uang Tunai, Gunakan Kartu Kredit? Kenapa Tidak!

Masih transaksi pakai debit atau uang tunai? Cobalah beralih ke kartu kredit. Karena dengan menggunakannya, ada banyak keuntungan yang bisa didapat.

Manfaat menggunakan kartu kredit

Ketika berbelanja di toko swalayan, mungkin Anda akan dihadapkan dengan posisi mau membayar tunai atau dengan kartu kredit. Tidak sedikit yang memutuskan untuk memberikan uang tunai kepada kasir, namun banyak pula yang memilih untuk menggesek kartu miliknya meski ujung-ujungnya harus berutang kepada bank.

Namun, meski harus berutang, ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapat Anda dibanding hanya membayar secara tunai. Karena ternyata produk perbankan tersebut memiliki manfaat yang cukup besar bagi para penggunanya.

Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Mesin EDC - Gesek Kartu Kredit

Menentukan alat pembayaran yang akan digunakan ketika berbelanja tidak boleh asal-asalan, melainkan harus dipikirkan matang-matang. Mengapa? Seperti memutuskan solusi sebuah masalah, setiap keputusan yang diambil tentu memiliki keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri.

Berkaitan dengan kegiatan transaksi ketika berbelanja, pembayaran tunai atau dengan debit sebenarnya hanya terbatas pada jumlah uang yang saat itu sedang dipegang atau angka maksimum pada tabungan di bank. Bertolak belakang dengan hal tersebut, bila memakai kartu kredit Anda dapat berbelanja menggunakan hingga batas maksimal kredit yang ditentukan oleh bank penerbit.

Batas maksimal yang dikenakan itu tidak bergantung pada jumlah fisik uang yang ada di rekening, melainkan dengan kesepakatan antara pengguna kartu kredit dan bank. Karena itu, Anda bisa berbelanja dengan nilai lebih tinggi dari tabungan.

Gunakan Kartu Kredit Atau Tidak?

Dalam hal ini, Anda tidak bisa sembarangan memutuskan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masing-masing penggunaannya memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Sehingga tidak bisa dianggap yang satu lebih baik dari yang lain.

Faktor Kartu Kredit Kartu Debit Uang Tunai
Biaya Terkadang ada merchant tertentu yang mengenakan biaya transaksi. Tidak ada biaya transaksi Tidak ada biaya transaksi
Bunga Ada bunga yang dikenakan ketika bertransaksi. Karena dengan memakai kartu kredit, Anda sudah berutang kepada bank. Tidak ada bunga. Tidak ada bunga.
Risiko Bila terjadi pencurian, bisa diblokir dan bisa dilacak. Bila terjadi pencurian, bisa diblokir dan bisa dilacak. Bila hilang, hampir tidak bisa dilacak.
Nyaman Tidak memakan banyak tempat di dompet, karena hanya berupa kartu. Tidak memakan banyak tempat di dompet, karena hanya berupa kartu. Memakan banyak tempat, bila dibawa dalam jumlah besar.
Transaksi Bisa digunakan hingga batas limit yang melebihi jumlah tabungan. Hanya bisa digunakan dengan jumlah maksimal uang di rekening. Hanya bisa digunakan dengan jumlah uang yang dibawa saat itu.
Bonus Bermacam-maca, mulai dari cicilan 0%, cashback, reward point, dan sebagainya. Hampir tidak ada. Hampir tidak ada.
Asuransi Ada perlindungan asuransi yang bisa melindungi pendanaaan utang ketika Anda mengalami hal yang tidak diinginkan. Tidak ada. Tidak ada.

Jadi, Lebih Baik Gunakan Kartu kredit?

Kartu Kredit Mastercard & Visa

Setelah melakukan perbandingan, terlihat kalau kartu kredit memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan debit dan uang tunai. Tidak juga, karena kita tidak bisa sembarangan menggunakannya. Kenapa? Karena dengan menggeseknya di mesin transaksi, berarti saat itu juga Anda sudah berutang pada bank.

Selain berutang, bila menggunakan kartu kredit, Anda juga harus siap dikenakan iuran tahunan, biaya transaksi, bunga, serta risiko penyalahgunaan atau kehilangan seperti yang sudah dijelaskan. Namun tenang saja, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita tidak terjebak masalah ketika menggunakan produk perbankan itu.

1. Catat semua pengeluaran yang dibayar menggunakan kartu kredit.

2. Jangan habiskan limit untuk berbelanja di luar kemampuan keuangan Anda.

3. Lunasi setiap tagihan yang datang setiap bulannya.

4. Jangan berikan informasi kartu kredit kepada orang lain atau perusahaan yang tidak Anda percaya.

5. Selalu cek syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan transaksi.

Fitur-Fitur yang ada di Kartu Kredit

Ketika menggunakan kartu kredit, ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cicilan 0%

Yaitu skema pembayaran cicilan yang memungkinkan pengguna untuk memakai kartu kredit untuk melakukan transaksi. Di mana cara membayar total uang yang dikeluarkan adalah dengan angsuran selama beberapa bulan bahkan tahun dengan bunga 0% atautanpa beban biaya tambahan.

Produk karti kredit yang menawarkan fitur ini seperti ANZ Black, BCA Singapore Airlines, dan lainnya

2. Cashback

Yaitu adalah pemberian imbalan dalam bentuk uang tunai. Bonus ini bisa didapat setiap kali Anda melakukan pembelian di outlet-outlet tertentu menggunakan kartu kredit yang menawarkan fitur ini. Biasanya nilai persenan yang bisa diberikan mulai dari 0,2% hingga 20%, bahkan terkadang ada yang lebih tinggi.

Kartu kredit yang menawarkan vitur cashback biasanya lebih cocok untuk digunakan berbelanja. Beberapa produk yang menawarkan layanan ini adalah BCA Everyday, BNI Lottemart, Danamon Classic, Danamon MasterCard Gold, Citibank Cashback, dan sebagainya.

3. Point Reward

Hampir tiap kartu kredit menawarkan fitur ini. Point Reward telah menjadi bagian dan satu paket ketika Anda menggunakannya. Setiap kali membayar menggunakan alat ini, mungkin sebagian dari Anda mengharapkan potongan harga atau poin yang dapat diakumulasikan untuk ditebus dengan hadiah atau voucher.

Ada begitu banyak kartu kredit yang menawarkan fitur ini. Karena itu, untuk lebih lengkapnya, coba cek sekarang di KreditGoGo.com. Bandingkan semua kartu kredit yang ada di sana, bila tertarik ajukan secara online sekarang juga.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Sara Michelle

    Saya mau tanya, kartu kredit dari bank mana yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan? Misalnya untuk belanja grosiran.

    Reply