Tanda-tanda Kosmetik Kadaluarsa dan Saatnya Beli Baru

Setiap produk kosmetik pasti memiliki batas tanggal kadaluarsa masing-masing. Berikut cara mengetahui tanda-tanda kosmetik sudah tidak baik untuk digunakan lagi!

Setiap produk kosmetik pasti memiliki batas tanggal atau ‘umur’ masing-masing sampai kapan kosmetik tersebut masih baik untuk digunakan. Batas tanggal tersebut tidak lain adalah tanggal kadaluarsa.

Tanggal kadaluarsa produk kosmetik bukan hanya sebagai formalitas saja. Tetapi tanggal tersebut juga sangat diperlukan oleh pengguna untuk mengetahui kapan produk kosmetik tersebut sudah tidak baik untuk digunakan lagi.

Jika perkiraan tanggal kadaluarsanya sudah Anda ketahui, mari cari tahu lebih dalam lagi bagaimana cara mengetahui tanda-tanda kosmetik sudah tidak baik untuk digunakan.

Mengapa hal tersebut menjadi sangat penting? Karena penggunaan produk kosmetik yang kadaluarsa, dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Nah, berikut adalah masalah kulit yang dapat muncul akibat penggunaan kosmetik kadaluarsa. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Aroma Tidak Sedap

Produk kosmetik yang Anda gunakan biasanya tidak berbau atau memiliki wangi khusus. Tetapi jika tiba-tiba sekarang baunya menjadi agak aneh, patut Anda curigai.

Jika hal tersebut Anda alami, maka sebaiknya kosmetik tersebut tidak digunakan lagi. Beberapa produk kosmetik yang sering menimbulkan bau atau aroma tidak sedap ketika sudah tidak baik untuk digunakan lagi anatara lain, lipstik, foundation, bedak, dan maskara.

2. Perubahan Tekstur

Pernahkah maskara Anda yang tadinya cair sekarang berubah menjadi gumpalan? Hal ini merupakan salah satu tanda produk kosmetik yang sudah tidak baik untuk digunakan lagi.

Udara yang masuk saat Anda membuka kemasan kosmetik akan mengundang banyak bakteri, dan kalau pernah membiarkan kemasan terbuka begitu saja, maka akan mengubah tekstur produk kosmetik tersebut, terutama pada maskara.

Karena itu penting untuk memperhatikan tekstur produk kosmetik yang Anda gunakan. Contoh lain misalnya adalah pada lipstik. Lipstik yang sudah tidak baik untuk digunakan lagi biasanya lipstik yang sudah mulai muncul bercak atau bintik-bintik kecil.

3. Warna Tidak Pekat

Ketika warna produk kosmetik Anda sudah berubah atau tidak pekat, maka Anda harus rela menggantinya dengan yang baru. Artinya, produk kosmetik Anda tersebut sudah tidak baik untuk digunakan lagi.

Warna tidak pekat tentu membuat tampilan makeup Anda tidak akan bertahan lama. Cobalah untuk menyimpan kosmetik Anda di tempat yang memiliki udara dan temperatur normal untuk memperpanjang usianya.

4. Menimbulkan Alergi atau Iritasi pada Kulit

Produk kosmetik yang sudah tidak baik untuk digunakan lagi biasanya juga menimbulkan iritasi pada kulit.

Jika ingin kulit Anda tetap sehat dan aman, sebaiknya selalu perhatikan tanggal kadaluarsa produk kosmetik yang Anda miliki. Pasalnya, menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat memicu munculnya peradangan dan iritasi pada kulit.

Hal tersebut biasanya ditandai dengan gatal yang disertai dengan kemerahan dan bentol. Jika sudah mengalami hal ini, tentunya harus melakukan berbagai cara untuk mengatasinya termasuk pergi ke dokter spesialis kulit.

Tetapi, Anda dapat mencegah hal tersebut dengan mengetes menggunakan produk kosmetik terlebih dulu di bagian bawah rahang. Tunggu 5–10 menit apakah kulit Anda jadi merah atau gatal. Kalau sudah merah atau gatal, sebaiknya jangan digunakan lagi.

5. Menimbulkan Jerawat

Kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat menyumbat pori-pori yang berakibat pada munculnya jerawat di wajah.

Dan juga formula yang terkandung di dalamnya sudah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga menjadi tidak ramah lagi jika mengalami kontak langsung dengan kulit, misalnya saja kulit wajah.

6. Menimbulkan Infeksi Mata

Menggunakan kosmetik untuk riasan mata seperti maskara atau eyeliner yang sudah kadaluarsa atau sudah tidak baik untuk digunakan lagi juga dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan mata.

Mata merah, terasa gatal, iritasi hingga infeksi pada mata dapat terjadi akibat dari penggunaan kosmetik untuk mata yang kadaluarsa.

Itulah beberapa tanda kosmetik sudah tidak baik untuk digunakan lagi. Untuk mencegahnya, selalu cek tanggal kadaluarsa kosmetik Anda dan tidak menggunakannya lagi apabila sudah muncul tanda-tanda di atas.

Membeli Kosmetik dengan Kartu Kredit

Jika Anda belum memiliki uang ketika kosmetik Anda sudah memasuki tanggal kadaluarsa, gunakan saja kartu kredit untuk membeli kosmetik baru.

Selain bisa lebih hemat, mudah, dan praktis, Anda pun bisa memanfaatkan promo-promo atau diskon kosmetik yang ditawarkan oleh kartu kredit Anda.

Seperti promo dari Sociolla. Khusus semua pengguna kartu kredit Citibank, Anda bisa berhemat hingga Rp 350.000 untuk setiap pembelian semua produk kosmetik di Sociolla.

Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan potongan harga lagi sebesar 20% dengan minimum transaksi Rp 350.000 setiap hari Kamis. Program periode berlaku dari tanggal 21 April hingga 30 September 2016. Berlaku untuk semua kartu kredit Citibank di Indonesia.

Belum punya kartu kredit? Ajukan saja kartu kredit melalui KreditGoGo.com dan raih kesempatan untuk mendapatkan hadiah tambahan menarik berupa High Fashion Smart Watch TouchSreen secara Gratis jika pengajuan Anda disetujui.

Prosesnya sangat mudah dan cepat. Anda pun tidak perlu pergi ke bank. Hanya menunggu ditelpon oleh pihak bank untuk mengonfirmasi pengajuan kartu kredit yang Anda ajukan. Asik kan? Selamat berbelanja!

Baca Juga: 
Ladies, saatnya Update Kosmetik Halal Hemat & Aman
4 Brand Make-up Indie Favorit Beauty Vlogger Indonesia

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama