Sudah Siapkah Anda Memiliki Kartu Kredit?

Jika tidak digunakan secara bijak, kartu kredit bisa menjerat Anda dalam lilitan utang. Jadi, sebelum memilikinya, cek dulu apakah Anda sudah siap atau tidak!

Data Bank Indonesia menunjukkan jumlah kartu kredit yang beredar hingga Juni 2015 sudah mencapai 16,62 juta keping dengan nilai transaksi lebih dari Rp 132 triliun. Hal ini menunjukkan besarnya animo masyarakat.

Sayangnya, keinginan untuk memiliki ternyata tidak sebanding dengan kesiapan diri. Banyak orang belum sadar bahwa penggunaan kartu kredit secara asal dapat menyebabkan lilitan utang berkepanjangan.

Pada artikel kali ini, kami akan berikan 5 tanda seseorang telah siap untuk memiliki kartu kredit. Cek dulu apakah Anda memiliki tanda-tanda ini sebelum ikut mengajukan aplikasi!

1. Tidak Memiliki Riwayat Kredit Buruk

Salah satu alasan bank menolak aplikasi seseorang adalah karena riwayat kredit yang buruk.

Jika memiliki tunggakan utang lebih dari 90 hari, maka seseorang otomatis masuk dalam daftar blacklist BI akibat performa kredit yang kurang lancar. Untuk merubah performa tersebut, pastikan Anda sudah tidak memiliki tunggakan utang.

Ingat, tidak ada istilah “pemutihan” jika menyangkut riwayat kredit. Selama belum terbayar, nama Anda tidak akan hilang dalam daftar blacklist BI.

2. Bertanggung Jawab Secara Finansial

Apakah Anda selalu membayar tagihan tepat waktu?
Apakah Anda memiliki anggaran bulanan? Disiplin menjalankan anggaran tersebut?
Apakah Anda bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan?

Ada berbagai macam pertanyaan yang harus dijawab untuk memutuskan apakah Anda siap atau tidak untuk menjadi pemegang kartu kredit. Agar tak menumpuk utang, Anda harus mengetahui bagaimana dan kapan menggunakan kartu tersebut.

3. Memiliki Pekerjaan yang Stabil

Status karyawan dan lama bekerja merupakan salah satu prasyarat dari Bank yang harus dipenuhi saat mengajukan aplikasi.

Biasanya seseorang harus sudah berstatus sebagai karyawan tetap dan atau telah bekerja selama minimal 6 bulan untuk lolos kualifikasi.

Jika belum memenuhi syarat, jangan berbohong!

Jangan sampai Anda tidak bekerja tapi tetap menggunakan kartu kredit sebagai penopang hidup. Perilaku ini akan menjadi kesalahan terbesar yang akan Anda sesali sepanjang hidup.

4. Memahami Apa itu Kartu Kredit

Konsep kartu kredit mungkin tampak sangat kompleks. Ada yang sangat menghindari karena takut terjebak dalam jeratan utang. Tapi ada juga yang sangat menyukainya karena dianggap sebagai solusi dari semua permasalahan keuangan.

Poin penting yang perlu dicamkan dengan baik adalah kartu kredit hanyalah sebuah alat pembayaran, bukan kartu utang. Apakah akan memberikan keuntungan atau kerugian, tergantung kepada si pengguna. 

5. Mengetahui Sistem Kerja Kartu Kredit

Tahu bagaimana cara menghitung bunga tagihan?
Berapakah berapa batas limit kartu yang bisa diberikan bank?
Kapan harus membayar tagihan agar tak terkena bunga?

Jika belum tahu jawaban semua pertanyaan tersebut, maka tunda dulu keinginan memiliki kartu kredit. Carilah informasi selengkap dan sebanyak mungkin terlebih dahulu.

Pastikan juga Anda mengetahui bagaimana cara memaksimalkan dan menggunakan kartu tersebut secara bijak.

Supaya tak perlu mencari, bookmark halaman artikel kami untuk mendapatkan tips dan trik keuangan secara gratis.

Merasa sudah siap? Pilih kartu yang sesuai dengan kebutuhan Anda di halaman kartu kredit kami. Selamat memilih!

Punya pertanyaan seputar keuangan? Sampaikan pada kolom komentar. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama