Seberapa Sehat Keuangan Anda? Kenali Ciri-cirinya!

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah. Jika Anda tidak yakin apakah keuangan Anda sehat, kenali ciri-cirinya lewat artikel ini.

Harga kebutuhan hidup yang meningkat membuat sebagian orang Indonesia merasa stres karena berhadapan dengan masalah keuangan. Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah, terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar dan telah berkeluarga. Bagi Anda yang sering merasa pusing dengan masalah keuangan, mungkin selama ini keuangan Anda tidak sehat.

Berikut adalah ciri-ciri keuangan yang sehat:

Besar Tabungan Melebihi Pengeluaran Bulanan

Jika besar tabungan Anda setidaknya berjumlah tiga kali lipat dari pengeluaran bulanan, artinya keuangan Anda sehat! Tapi tunggu dulu, apakah Anda paham kalau tabungan dan simpanan adalah dua hal yang berbeda? Tabungan adalah uang yang tidak tersentuh sama sekali, berbeda dengan simpanan yang Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Apabila besar tabungan Anda tidak sampai tiga kali lipat dari pengeluaran bulanan, tenang saja! Anda bisa mengatur kembali anggaran pengeluaran agar jumlah tabungan Anda bertambah. Hal utama yang harus Anda lakukan setelah menerima gaji atau laba adalah menyisihkan sebagian untuk ditabung. Bukan sebaliknya, menabung hanya jika ada sisa uang di penghujung bulan.

Utang Konsumtif Sedikit Atau Nol

Ada dua jenis utang, yaitu utang baik dan utang buruk. Utang baik adalah berutang untuk sesuatu yang nilainya kian bertambah seperti rumah dan investasi. Sementara itu, utang buruk adalah berutang untuk sesuatu yang nilainya kian berkurang seperti peralatan elektronik dan pakaian (konsumtif). Apakah Anda hobi belanja online? Jika iya, Anda harus hati-hati agar tidak terjerat utang konsumtif.

Walaupun barang yang Anda beli telah didiskon, namun Anda beresiko membayar lebih dari harga asli karena harus membayar bunga pinjaman. Selain itu, Anda juga harus membayar denda jika telat membayar pinjaman. Sebaiknya Anda melunasi utang konsumtif sesegera mungkin agar kondisi keuangan sehat.

Cara lainnya adalah memanfaatkan kartu kredit dengan cicilan 0% seperti Carrefour Mega Card, Citibank Cash Back Visa Platinum dan HSBC Visa Platinum Cash Back.

Baca juga: Mau Punya Kartu Kredit Tapi Takut Boros? Begini Cara Mengatasinya!

Utang Bulanan Kurang dari 25% Penghasilan

Coba Anda hitung jumlah utang Anda, apakah mencapai 25% dari total penghasilan Anda? Jika tidak, selamat! Artinya keuangan Anda sehat. Apabila iya atau lebih dari 25%, segeralah lunasi utang Anda dengan cara mencari penghasilan tambahan dan mengurangi pengeluaran. Zaman sekarang, ada berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti menjual barang-barang bekas, berdagang secara online atau menjadi freelancer.

Memiliki Asuransi

Ada berbagai macam asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kartu kredit, asuransi perjalanan dan asuransi mobil. Apa pun bentuk asuransi yang Anda miliki, asuransi memberikan perlindungan terhadap keuangan Anda. Contohnya adalah asuransi kesehatan. Anda yang telah memiliki asuransi kesehatan tidak perlu memakai tabungan untuk membiayai pengobatan penyakit kritis karena akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Baca juga: Memanfaatkan Pinjaman untuk Investasi, Apakah Menguntungkan?

Memiliki Investasi

Berinvestasi menyehatkan kondisi keuangan karena dapat menambah kekayaan. Selain itu, investasi juga memberikan perlindungan finansial saat Anda sudah pensiun. Beberapa contoh investasi yang baik adalah properti, reksa dana, saham, emas dan bisnis.

Semakin awal Anda berinvestasi, semakin besar keuntungan yang akan Anda raih. Sebagai catatan, pahami dulu jenis-jenis investasi yang ada agar Anda tidak salah langkah dan kehilangan uang.

Dari ciri-ciri di atas, ada berapa banyak yang telah Anda penuhi? Jika masih ada yang kurang, mari perbaiki keuangan Anda agar menjadi lebih sehat!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama