Rahasia Belanja Untung di Pekan Raya Jakarta 2016

Event tahunan Pekan Raya Jakarta 2016 menawarkan banyak potongan harga untuk berbagai kebutuhan. Lalu bagaimanakah trik belanja dengan banyak diskon namun tetap menguntungkan?

 Acara Jakarta Fair jadi agenda rutin yang diadakan pada pertengahan tahun untuk memperingati hari ulang tahun kota Jakarta pada tanggal 22 Juni. Khusus Jakarta Fair tahun ini bertepatan dengan hadirnya bulan suci Ramadan.

Sehingga event ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan tempat berbelanja banyak kebutuhan yang menawarkan banyak potongan harga. Terdapat lebih dari 2 ribu perusahaan yang berpartisipasi dan meramaikan Jakarta Fair 2016 dengan berbagai produk unggulan dan harga diskon yang menggiurkan.

Selain bisa berbelanja di bazaar murah, di PRJ 2016 kita bisa menikmati berbagai pameran otomotif, teknologi, kerajinan tangan, kuliner, wahana es ice world, festival lampion, wahana wild west, hingga pertunjukkan musik.

Tetapi sering kali banyaknya diskon yang ditawarkan menjebak orang untuk boros berbelanja dan pengeluaran lainnya disana. Kalau Anda termasuk yang berniat berbelanja, ada sejumlah tips belanja di PRJ yang patut dipraktikkan.

Tips ini dijamin ampuh mencegah kantong bolong saat belanja di PRJ. Tak perlu lama-lama lagi, ayok simak tips di bawah ini:

1. Manfaatkan Promosi Kartu Kredit

Selain potongan diskon langsung biasanya beberapa penerbit kartu kredit juga menawarkan promosi yang tidak kalah menarik untuk pengguna kartu kredit. Anda perlu  pintar mencari informasi tentang promosi yang diadakan.

Seperti ketika Anda ingin mencari gadget baru, di PRJ 2016 bisa menjadi tempat yang tepat ada banyak penawaran harga yang menarik untuk Anda. Informasi terbarunya khusus untuk kartu kredit BNI dan Standard Chartered ada promo cashback berjumlah besar.

Anda bisa membeli smartphone baru di gerai yang telah bekerjasama dan dapatkan tambahan dari promosi cashback yang diterima. Kartu kredit BNI menawarkan promosi spesial untuk Periode promo 10 Juni - 17 Juli 2016, setiap pembelian gadget di Telesindo dan Megaphone Anda bisa mendapatkan cashback up to Rp500ribu.

Sedangkan pembelian smartphone Samsung, LG dan semua produk gadget di Eraphone ada cashback sebesar Rp300 ribu. Beda lagi dengan Kartu Kredit Standard Chartered terdapat promo cashback hingga Rp600 ribu dan cicilan 0% untuk 6 dan 12 bulan di Eraphone, Megaphone, dan Telesindo Shop.

2. Belanja Menjelang Tutup

Apabila Anda mencari barang-barang di luar brand ternama, produk UKM biasanya memberikan harga lebih kompetitif ketika menjelang tutup. Pada waktu sekitar pukul 21.00-22.00 setiap hari, gerai-gerai UKM lebih gampang membanting harga. Ini umumnya dilakukan UKM untuk mendapat omzet lebih per hari.

Harga juga bakal lebih miring kalau belanjanya menjelang penutupan acara keseluruhan PRJ. Risikonya Anda bisa saja kehilangan barang incaran untuk menddapatkan harga rendah karena menunggu toko menjelang tutup.

3. Hindari Akhir Pekan

Akhir pekan menjadi hari terpenuhnya PRJ 2016. Selain itu, saat akhir pekan, tiket masuk Pekan Raya Jakarta 2016 akan jauh lebih mahal dibandingkan saat hari biasa. Bila Anda datang beramai-ramai, nilai yang bisa dihemat pasti lumayan untuk tambahan budget belanja.

Harga tiket PRJ saat weekdays biasanya jauh lebih murah, bahkan harga tiket hari Senin lebih miring dibandingkan hari lain. Dengan datang pas weekdays, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Apalagi kalau datang berombongan. Anda bisa datang sehabis pulang kantor sambil menunggu berbuka puasa, PRJ tutup pukul 23.00.

4. Gunakan Parkir Resmi

Saat Pekan Raya Jakarta 2016 dibuka, banyak orang membukan jasa parkir liar di sekitar area PRJ.Pihak penyelenggaran menyediakan parkir resmi namun Anda harus sabar mengantre. Inilah yang sering membuat banyak orang ingin praktis dan memilih memarkir kendaraannya di luar gedung.

Tapi jika itu menjadi pilihan Anda maka siapkan biaya parkir di atas tarif parkir pada umumnya. Jasa parkir liar ini akan mengenakan bisaya tarif semena-mena sehingga biaya perjalanan Anda membengkak.

Oleh karena itu, untuk menghindari biaya parkir yang mahal, sebaiknya Anda menggunakan fasilitas yang sudah disediakan pemilik gedung. Lagipula kendaraan lebih terjamin keamanannya di area parkir resmi.

5. Manfaatkan Transportasi Khusus

Mau menghindari bayar ongkos parkir mahal? Cara ampuhnya adalah dengan menggunakan kendaraan umum. Anda bus transportasi khusus yang akan mengantarkan Anda ke PRJ secara gratis. Informasi tentang shuttle bus ini ada di situs PRJ dan biasanya diumumkan oleh media-media nasional.

Perhatikan halte dan jam keberangkatan shuttle bus. Kalau weekdays biasanya bus beroperasi mulai pukul 14.00, sedangkan weekends pukul 09.00 sudah standby di halte.

Nah, tips di atas adalah cara dalam menyiasati pengeluaran Anda ketika berada di Pekan raya Jakarta 2016. Belanja banyak boleh saja asal tidak kalap akibatnya tanpa sadar kantong kebobolan. 

Baca jug: Belanja Diskon Besar di Jakarta Great Online Sale 2016
Ini Dia, Momen Tepat Belanja Lebaran

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama