Perbedaaan Visa, Mastercard, American Express dan JCB

Dalam industri kartu kredit ada beberapa nama jaringan kartu kredit, seperti Visa, Mastercard, American Express dan JCB. Sudahkah Anda mengetahui perbedaannya?

Dalam dunia perbankan, Anda pasti sering menemui logo Visa, MasterCard, American Express maupun JCB tertera di kartu kredit. Biarpun sangat sering melihatnya, sudahkah Anda mengetahui apa maksud dari logo-logo tersebut? 

Logo manakah yang tertera di kartu kredit Anda? Apakah Visa, MasterCard, American Express ataukah JCB? Meraka merupakan organisasi atau jaringan kartu kredit yang ada di dunia. 

Mereka tidak menerbitkan kartu kredit tetapi membuat jaringan yang memproses transaksi antara tempat pembelian dengan bank. Dengan kata lain, mereka merupakan jaringan pembayaran yang menghubungkan antara terminal pembayaran merchant dengan departemen kartu kredit di bank.

Masing-masing tidak menerbitkan kartu kredit, karena pihak bank lah yang menerbitkan kartu kredit. Pihak bank bekerjasama dengan jaringan kartu kredit, agar kartu kredit anda bisa diterima untuk pembayaran di seluruh dunia. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Visa, MasterCard, American Express dan JCB.

1. VISA

VISA dikeluarkan pertama kali pada tahun 1970 oleh Visa International yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Layanan Visa bisa digunakan untuk bertransaksi di seluruh dunia, Anda bisa menggunakan kartu kredit berlogo VISA untuk berbelanja baik berbelanja online di situs yang memajang logo VISA ataupun merchant di selurh dunia yang berlogo VISA.

Penggunaan VISA lebih popular digunakan di negara-negara Asia VISA diterima di puluhan juta pedagang dan 2,3 juta ATM di 200 negara dan wilayah. Jika Anda melakukan transaksi di luar neger, dari setiap transaksi belanja yang dilakuakn akan dikenakan biaya administrasi tambahan.

Biaya tersebut berkisar antara 1-3% dari total transaksi yang Anda lakukan. Selain itu untuk keamanan nasabah VISA menawarkan layanan perlindungan keamanan yang dinamakan Verified by VISA

Cara kerja fitur ini adalah nasabah akan diminta meng-klik "Verified by Visa", kemudian akan muncul jendela dimana nasabah bisa memasukkan one-time-password yang telah dikirim terlebih dahulu ke nomor kontak nasabah.

2. American Express (AMEX)

Satu-satunya yang menerbitkan kartu kredit dan sekaligus memiliki jaringan pembayarannya sendiri Adalah American Express. Bank American Express merilis Kartu Amex dengan berdiri sendiri. Namun memang kini pamor Amex selaku penerbit alat pembayaran berupa kartu plastik di Indonesia tidak lagi berjaya seperti dulu.

Saat ini kartu American Express (AMEX) baik jenis charge card atau kartu kredit untuk pasar Indonesia sudah diambil alih oleh Bank Danamon. Sejak 2006 Danamon telah menjadi bank penerbit dan pengelola bisnis merchant kartu American Express di Indonesia.

Berbeda dengan Visa dan MasterCard pengguna kartu American Express tidak bisa seleluasa pengguna VISA dan MasterCard. Pasalnya sedikit sekali merchant yang menerima kartu kredit American Express. Dalam segi kemanan American Express juga memiliki sistem perlindungan untuk nasabah yaitu American Express SafeKey.

3. MasterCard

Sama dengan VISA, MasterCard juga merupakan perusahaan institusi finansial yang bermarkas utama di New York Amerika Serikat. Anda juga dapat melakukan transaksi di merchant manapun yang berlogo MasterCard.

Penggunaan MasterCard lebih banyak digunakan untuk kawasan Eropa dan Amerika Serikat. MasterCard kini digunakan di puluhan juta pedagang yang tersebar di 210 negara. Setiap transaksi di luar negeri yang Anda lakukan dengan kartu kredit MasterCard akan dikenakan biaya sebesar antara 0,2% hingga 1% dari total transaksi, tergantung dari jenis transaksinya.

MasterCard sendiri menawarkan layanan MasterCard SecureCode yaitu password pribadi untuk memberikan perlindungan transaksi bagi nasabah.

4. JCB

JCB kepanjangan dari Japan Credit Bureau didirikan pertama kali pada tahun 1961. Ini merupakan perusahaan jaringan pembayaran yang dirilis dari Jepang. Meskipun belum seluas jaringan MasterCard atau VISA, JCB sudah ada 20 negara yang menggunakan kartu kredit dengan logo JCB.

JCB sejauh ini sudah menerbitkan kartu kredit sebanyak 83 juta kartu di 16 negara. Adapun jumlah pengguna kartu kredit JCB di seluruh dunia mencapai 79 juta orang serta digunakan di 23 merchant di 190 negara.

Nasabah bisa memilih kartu kredit dengan jaringan kartu kredit manapun. Sebab antara MasterCard, Visa, American Express maupun JCB tidak ada perbedaan yang mencolok dari segi layanan yang diberikan. 

Penawaran dan promosi kartu kredit tidak diberikan oleh jaringan kartu kredit tersebut tetapi diberikan oleh bank. Jadi Anda bisa memilih penawaran kartu kredit terbaik sesuai dengan bank yang menerbitkannya.

Baca juga: Apa Saja Sih Jenis Kartu Kredit Visa di Indonesia?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama