'Nyontek' Cara Tepat Maksimalkan Poin Rewards Kartu Kredit

Dalam memilih kartu kredit salah satu yang harus dipertimbangkan adalah fitur poin rewards. Ada kartu kredit khusus yang memberikan keuntungan ini, bagaimanakah cara memaksimalkannya?

Poin rewards kartu kredit juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kartu kredit. Mengapa demikian? Fitur ini apabila dimanfaatkan dengan baik Anda bisa melakukan belanja tanpa duit, makan di restoran lebih hemat, bahkan terbang gratis ke destinasi pilihan.

Secara umum reward dibagi menjadi dua, yaitu berbentuk poin atau mileage dan cashback. Poin biasanya digunakan untuk transaksi ritel sedangan mileage untuk transaksi travel. Berbeda lagi dengan cashback, ini diberikan dalam persentase tertentu untuk mengurangi tagihan Anda.

Dari semua fitur tersebut terdengar menggiurkan bukan, banyak juga pengguna kartu kredit yang cuek-cuek saja terhadap reward ini. Mereka enggan atau belum tahu cara memaksimalkan reward kartu kredit.

Bagaimana dengan Anda? Kalau belum tahu, simak tips dari KreditGoGo memaksimalkan reward kartu kredit berikut ini:

1. Pilih Kartu Kredit Yang Tepat

Sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit, lihat dulu fitur utama reward kartu itu. Ada kartu kredit yang mengutamakan poin/mileage reward, dan ada pula yang menonjolkan ganjaran cashback.

Tentukanlah mana kebutuhan yang benar-benar sesuai dengan gaya hidup Anda. Apabila Anda gemar traveling maka pilihlah kartu kredit dengan reward khusus seputar travel. Misalnya Citibank Premier Miles Visa Signature Kartu kredit ini memberikan keleluasaan, bahkan terbang gratis bagi Anda ketika melakukan perjalanan di udara

Kalau untuk memenuhi kebutuhan rutin belanja tiap bulan, Anda bisa memilih kartu kredit Citibank Rewards Visa Platinum. Kartu kredit ini memiliki keuntungan dalam memfasilitasi aktivitas belanja. Citi Rewards Points hingga 3x dengan berbelanja Rp3.000 di kategori dining, shopping, dan international spending.

Sedangkan pengguna kartu kredit yang pingin mencari cashback, pilih produk yang sesuai. Misalnya Citi Cash Back Platinum, kartu yang dirancang khusus untuk memberikan keuntungan berupa cash back bagi Anda yang kerap melakukan transaksi sehari-hari.

2. Mengejar Reward Berlebihan Bisa Buntung

Setelah menentukan kartu kredit yang tepat, cermat dalam memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya. Seperti kartu kredir khusus poin reward, walau Anda berfokus pada jenis reward kartu tersebut, bukan berarti kita harus mengejar reward itu tanpa memikirkan risiko.

Contohnya demi mengejar poin untuk ditukarkan dengan smartphone Android terbaru malah belanja belebihan. Bahkan yang dulunya belanja sekali tiap bulan jadi dua sampai tiga kali sebulan. Tetap biajaklah dalam melakukan pembelanjaan.

Manfaatkan fitur poin reward ini untuk kebutuhan yang memang benar-benar Anda perlukan. Jangan terpaku pada reward yang diberikan tapi sesuaikan juga dengan kebutuhan. Sebab kalau ambisius mengejar poin, bukannya untung, malah bisa buntung karena pengeluaran bertambah.

3. Segera Tukar Poin

Setiap poin reward pada kartu kredit memiliki masa berlaku. Poin yang lama menumpuk bisa-bisa hangus atau kedaluwarsa karena sebab-sebab tertentu. Misalnya karena tagihan kartu kredit nunggak berbulan-bulan atau memang bank menentukan jangka waktu penukaran poin tersebut.

Namun khusus Kartu Kredit Citibank Rewards Visa Platinum, poin reward kartu kredit Anda tidak akan mendapatkan masa kadaluarsa, berlaku selamanya. Dengan kata lain Anda masih bisa membelanjakannya di beberapa tahun kemudian.

4. Pilih Bayar Otomatis

Sejumlah vendor menawarkan pembayaran tagihan rutin secara otomatis lewat kartu kredit, seperti fitness center, perusahaan asuransi, dan TV kabel. Kita bisa memanfaatkan penawaran ini untuk mengumpulkan poin reward.

Memang tak semua pembayaran tagihan itu memberikan poin. Periksa ke bank penerbit kartu kredit Anda untuk memastikan tagihan mana saja yang memberikan poin. Untuk mempermudah Anda kartu kredit Citibank Rewards Visa Platinum menawarkan paket 1Bill, yaitu paket untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan.

Seperti PDAM, PLN, hingga tagihan telepon. Juga untuk program promo cicilan dapat Anda nikmati melalui program Eazy Pay Conversion, yang memudahkan Anda untuk mencicil di berbagai merchant.

6. Bayari Teman-Teman

Ini bukan berarti Anda sering mentraktir teman-teman, disini ‘bayari teman-teman’ bukan dalam artian benar-benar membayari pembelanjaan teaman Anda. Lebih tepatnya menalangi atau mengutangi mereka. Namun, apa hubungannya dengan memaksimalkan reward kartu kredit?

Jadi, setiap kali pergi bareng teman-teman misalnya makan, bilang saja Anda yang membayari dulu semuanya. Nanti, mereka menggantinya langsung kepada Anda. Nah, semakin banyak pembelanjaan artinya semakin banyak pula poin yang didapat, ya gak?

7. Hindari Tunggakan

Lalu cara terakhir agar poin rewards pada kartu kredit dapat maksimal, sebisa mungkin hindari menunggak tagihan kartu kredit. Bahkan membayar tagihan minimal pun tidak direkomendasikan. Soalnya, ada bunga yang dibebankan kepada kita kalau menunggak.

Dengan adanya beban tambahan ini akan membuat reward terbuang sia-sia. Sebab nilai poin yang dikumpulkan mungkin habis untuk menutup bunga tersebut.

Jadi, gimana? Gampang kan cara memaksimalkan reward kartu kredit? Yang penting Anda tahu aturan main soal penggunaan kartu kredit, khususnya syarat dan ketentuan soal reward, biar kartu sakti Anda bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Ajukan kartu kredit dengan fitur poin rewards terbaik dari Citibank. Spesial hanya di KreditGoGo Anda bisa meraih untung lebih banyak dengan hadiah menarik setelah pengajuan diserujui!

Baca juga:
Ajukan Kartu Kredit Berbuah Smartwatch Gratis!
Anti Grogi Saat Baru Pertama Kali ke Luar Negeri

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama