Mudah dan Aman Mengajukan Kartu Kredit via Online

Ingin mengajukan kartu kredit namun tak punya banyak waktu luang untuk pergi ke bank? Ajukan saja via online! Selain praktis, Anda juga akan diberikan kemudahan dalam proses pengajuannya dan yang pasti aman.

Hingga saat ini, masih banyak orang bertanya-tanya tentang bagaimana proses pengajuan kartu kredit, terutama bagi yang belum memiliki kartu kredit. Keinginan untuk mendapatkan kelebihan serta kegunaan dari kartu kredit pun terhalang karena kurangnya informasi mengenai proses pengajuannya.

Namun sebenarnya, pengajuan kartu kredit bisa mudah dan cepat bila mengetahui prosesnya. Apalagi kini Anda tidak perlu repot-repot datang ke bank ataupun mengunjungi marketing kartu kredit yang berada di pusat-pusat perbelanjaan. Satu hal pengajuan secara online juga memberikan jaminan keamanan data Anda. 

Lalu, bagaimana caranya? Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin mengajukan kartu kredit via online? Berikut kami berikan tahapannya.

1. Kunjungi Situs Pengajuan Kartu Kredit Online

Langkah pertama adalah mengunjungi situs pengajuan kartu kredit online KreditGoGo.com. Dalam laman situs tersebut, Anda bisa memilih menu ‘Kartu Kredit’. Jika sudah ‘klik’, maka akan muncul berbagai jenis kartu kredit dari bank-bank terbaik di Indonesia.

Di sini, Anda bisa memilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, misalnya kartu kredit untuk menunjang gaya hidup, belanja, traveling, bisnis, atau lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan berbagai jenis kartu kredit, sehingga bisa mendapatkan yang terbaik.

2. Registrasi Online

Jika sudah menentukan dan meng’klik’ kartu kredit tersebut, Anda akan diminta untuk mengisikan formulir aplikasi online. Mulai dari mengisi nama, nomor telepon, penghasilan per bulan, nomor KTP, kota domisili, pengeluaran dalam sebulan, apakah sudah memiliki kartu kredit, dan mencantumkan email.

3. Proses Filtering

Setelah mengisi formulir aplikasi online, pihak situs layanan pengajuan kartu kredit online akan melakukan penyaringan. Dalam tahap ini, akan ditentukan apakah calon nasabah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh pihak bank penerbit kartu kredit.

Dalam proses ini, calon nasabah akan dihubungi oleh pihak costumer service untuk memastikan kelengkapan data yang tercantum dalam formulir aplikasi.

Pastikan juga Anda memiliki NPWP. Biasanya, pihak costumer service juga akan menanyakan perihal lama bekerja (minimal 1 tahun) serta berapa jumlah karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja.

4. Pihak Bank Menghubungi Calon Nasabah

Jika data personal calon nasabah sudah memenuhi persyaratan pengajuan kartu kredit, maka langkah selanjutnya adalah pihak bank terkait akan menghubungi calon nasabah untuk melakukan verifikasi data. Pastikan Anda mengangkat telepon saat pihak bank memverifikasi.

Dalam tahap ini, bank akan meminta nomor telepon fixed line. Beberapa bank mensyaratkan calon nasabah mempunyai 3 sambungan telepon fixed line yaitu rumah, tempat kerja, dan saudara tidak serumah.

Namun, ada juga yang mensyaratkan minimal calon nasabah mempunyai dua sambungan fixed line, yaitu tempat kerja dan saudara tidak serumah.

5. Penjemputan Dokumen

Bila sudah dilakukan verifikasi data, maka langkah selanjutnya adalah penjemputan dokumen. Kurir dari pihak bank terkait akan mengambil dokumen-dokumen persyaratan dari calon nasabah terkait pengajuan kartu kredit. Selain itu, calon nasabah juga akan dimintai tanda tangan.

Berikut adalah dokumen yang harus dipersiapkan.

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Paspor-KITAS (WNA)
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi kartu kredit bagian depan (jika diminta pihak bank)
  5. Bukti keterangan penghasilan
    Karyawan: slip gaji
    Wiraswasta: Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    Profesional: Surat Izin Praktek (SIP)

6. Proses Analisis Kredit

Tahap selanjutnya adalah pihak analis bank terkait akan memverifikasi kembali data yang tercantum dalam formulir aplikasi, seperti alamat tempat tinggal, status rumah, telepon fixed line (rumah, tempat kerja, saudara tidak serumah), nama orang tua, besarnya gaji, lama bekerja, dan lain sebagainya.

Dalam tahap ini, analis bank juga akan melihat rekam jejak kredit calon nasabah melalui IDI Historis. Rekam jejak kredit juga bisa menjadi salah satu penentuan apakah kartu kredit disetujui atau tidak.

7. Menunggu Persetujuan Kartu Kredit

Setelah proses analisa kredit selesai, pihak bank terkait akan menginformasikan apakah kartu kredit Anda disetujui atau ditolak. Biasanya, informasi tersebut disampaikan melalui telepon atau SMS. Secara keseluruhan, proses persetujuan/penolakan pengajuan aplikasi kartu kredit memakan waktu 7-14 hari kerja.

8. Kartu Kredit Diterima

Jika pengajuan kartu kredit disetujui, maka Anda akan menerimanya kurang lebih 7 hari kerja setelah mendapatkan pemberitahuan melalui telepon atau SMS.

Nah, tidak sulit bukan? Yuk, segera apply kartu kredit online melalui KreditGoGo. Selain mudah, praktis dan aman, Anda juga akan mendapatkan hadiah eksklusif ketika pengajuan aplikasi Anda disetujui.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama