Metode dan Cara Pembayaran Kartu Kredit

Penting bagi pengguna kartu kredit untuk memahami bagaimana metode dan cara pembayaran kartu kredit. Anda harus memaksimalkan cara pembayaran yang tepat.

Banyak pengguna kartu kredit ataupun calon pengguna kartu kredit, masih bertanya-tanya mengenai bagaimana metode dan cara pembayaran tagihan kartu kredit. Ada beberapa metode dan cara yang bisa Anda terapkan dalam pembayaran kartu kredit. Berikut ini akan kami ulas lebih jauh

Metode Pembayaran Kartu Kredit

Setiap bank penerbit kartu memiliki metode pembayaran yang sama. Umumnya berdasarkan yang terjadi dilapangan sampai saat ini, metode pembayaran kartu kredit bisa dilakukan dengan 4 cara :

1. Minimum Payment

Minimum payment adalah besarnya pembayaran minimum yang harus dibayarkan oleh seorang nasabah kartu kredit atas tagihan yang mereka gunakan. Misalnya syarat minimum payment adalah 10% sedangkan total tagihan Anda di bulan ini adalah Rp 1 juta, maka yang harus Anda bayar adalah paling sedikit Rp 100 ribu.

Nasabah bisa mencicil tagihan hanya dengan membayar minimum payment (10% dari total tagihan). Namun, yang perlu diketahui, membayar tagihan dengan hanya membayar minimum payment hanya akan membebani Anda.

Semakin sering anda membayar tagihan bulanan dengan minimum payment, sebenarnya semakin banyak bunga yang harus Anda bayar. Sebab perhitungan bunga kartu kredit berbeda dengan kredit yang lain sebab menerapkan bunga majemuk yang dihitung bukan dari pokok hutang melainkan dari sisa tunggakan

2. Full Payment

Agar terhindar dari beban bunga yang berlebihan makan yang sangat diajurkan adalah membayar dengan metode full payment. Metode pembayaran ini Mengharuskan Anda membayar seluruh total tagihan yang tercetak. Metode ini sangat baik, apalagi bila Anda membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo maka tidak akan dikenakan bunga.

3. Installment Payment

Sistem pembayaran ini memperbolehkan pemilik kartu kredit mengubah total tagihan kreditnya menjadi cicilan berjangka tetap untuk jangka waktu tiga, enam, atau 12 bulan sesuai kemampuan yang dimiliki. Installment Payment menerapkan bunga flat, artinya bunga tetap dan rata di setiap pembayaran tagihan kartu kredit.

Baca juga: 5 Cara Cerdas Untuk Menyiasati Tagihan Kartu Kredit

Cara Pembayaran Kartu Kredit

Membayar tagihan kartu kredit cukup sederhana karena yang terpenting adalah selalu tepat waktu di dalam pembayarannya agar nantinya tidak terkena masalah. Untuk membayar tagihan terdapat beberapa cara yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah

1. Secara Tunai Melalui Teller

Cara ini bisa Anda lakukan dengan datang ke bank penerbit kartu kredit. Anda dapat membayarkan tagihan dengan setoran tunai melalui teller bank terdekat dengan melampirkan slip pembayaran kartu kredit Anda.

Membayar langsung di loket teller bank penerbit kartu akan dikenakan biaya yang berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu untuk satu kali pembayaran.

2. Transfer Via ATM Bank

Yang kedua adalah dengan melalui ATM, biasanya untuk sebagian besar orang yang memiliki kartu kredit, sering kali melakukan pambayaran cicilan kartu kredit melalui ATM karena mudah dan cepat. Selain itu menawarkan biaya administrasi yang lebih murah dan pembayaran langsung masuk saat itu juga.

Cara ini menawarkan Anda kemudahan dengan mebayar tagihan melalui ATM manapun. Caranya adalah dengan memilih menu transfer kemudia Anda bisa memilih menu transfer bank lain, lalu masukan kode bank tujuan diikuni momor kartu kredit Anda.

Pembayaran akan dibayarkan memalui mesin ATM dan dikenakan biaya administrasi sebesar antara Rp 5.000 – Rp 7.500. Namun jika ATM dengan kartu kredit Anda diterbitkan oleh bank yang sama maka Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi.

3. Autodebet

Cara selanjutnya adalah dengan fasilitas autodebet, jika Anda menggunakan kartu kredit dari bank yang sama dengan bank Anda menabung. Anda dapat mentransfer langsung tagihan kartu kredit dari rekening tabungan

Cara ini dinilai lebih praktis. Pembayaran tagihan kartu kredit akan di debet langsung dari rekening bank. Anda dapat melakukan pengaturan tanggal pembayaran autodebet tersebut dari tanggal jatuh tempo. Kemudian tagihan akan terpotong secara otomatis setiap bulannya.

Untuk mengatur pembayaran tagihan kartu kredit Anda ke sistem debit langsung, Anda tinggal menghubungi pihak bank penyedia rekening Anda.

4. Phone Banking dan Internet Banking

Selain itu Anda juga bisa menggunakan fasilitas phone banking dan internet banking, yang mana cara ini cukup praktis karena jika menggunakan phone banking nantinya Anda tinggal SMS sesuai dengan format yang sudah ditentukan dan jika internet banking nantinya tinggal membuka website bank kemudian ikuti langkah yang tersedia di website tersebut.

Dengan Anda mengetahui cara apa saja yang bisa digunakan untuk membayar tagihan, diharapkan dapat terhindar dari macetnya tagihan kartu kredit. Karena jika tagihan macet dalam pembayaran tagihan, Anda akan dikenakan bunga yang harus dibayarkan.

Baca juga: 3 Jenis Denda Kartu Kredit yang Wajib Diketahui

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama