Merdeka dari Jerat Utang Kartu Kredit

Sukses secara finansial dimulai dari memerdekakan diri dari utang, terutama utang kartu kredit. Bagaimana caranya? Ikuti tips cerdas KreditGoGo berikut ini!

Saat ini bangsa Indonesia kembali dijajah. Bukan oleh bangsa kolonial, melainkan oleh utang. Berutang tidak lagi tabu untuk dilakukan, malahan menjadi budaya dan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Belanja saat ada diskon besar-besaran. Jalan-jalan keluar negeri saat liburan panjang. Membeli ponsel canggih yang baru saja keluar. Nonkrong di kafe ternama. Tak ada uang? Tak masalah, gesek saja dulu!

Sebenarnya, kartu kredit berfungsi untuk membantu masyarakat dalam sistem pembelian. Namun, banyak orang menggunakannya di luar batas kemampuan dan akhirnya terjerat dalam lilitan utang.

Jika Anda termasuk salah satu yang sedang terlilit utang kartu kredit, jangan panik! Ada beberapa cara untuk bisa melepaskan diri dari utang!

Hal pertama yang bisa dan harus dilakukan adalah mengubah gaya hidup. Ketahui apa kebutuhan Anda, bukan keinginan. Redam nafsu belanja, jual barang-barang yang tidak terpakai, biasakan makan di rumah.

Intinya, pastikan pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan. Selain itu, lakukan juga beberapa tips dari KreditGoGo berikut ini!

1. Bayar Tagihan Melebihi Batas Minimal

Penyebab utama utang kartu kredit menjadi berlipat ganda adalah karena bunga yang tinggi.

Bunga muncul ketika Anda tidak melunasi tagihan secara penuh. Jadi, jika terbiasa membayar tagihan hanya sebesar pembayaran minimal, maka bersiaplah. Tak lama lagi, besar bunga utang akan lebih besar dari pokoknya.

Untuk menghindari hal tersebut, bayarlah selalu tagihan kartu kredit melebihi pembayaran minimal. Bahkan kalau bisa langsung dilunasi. Dengan begitu, tidak akan ada tumpukan hutang pada bulan-bulan berikutnya

2Negosiasikan dengan Bank

Percaya atau tidak, bank bisa membantu Anda mengatasi masalah utang kartu kredit.

Jika tidak mampu membayar tagihan, maka segera hubungi layanan pelanggan atau kunjungi cabang terdekat untuk bernegosiasi dengan Bank.

Bank dapat membantu dengan mengurangi suku bunga yang berlaku, memberikan perpanjangan waktu pembayaran atau merubah tagihan menjadi cicilan.

Mintalah juga skema pembayaran yang realistis dengan petugas bank dan disiplinkan diri untuk membayar cicilan utang. Ingat, kelalaian hanya akan membawa Anda kembali ke titik awal.

3Transfer Utang ke Kartu Baru

Periksa besar bunga di tagihan kartu kredit. Standar saat ini adalah 2,95%. Jika bunga kartu Anda lebih besar, pertimbangkan untuk melakukan transfer balance.

Transfer balance artinya memindahkan saldo utang pada satu kartu kredit ke kartu lainnya dari penerbit yang berbeda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan bunga lebih rendah atau bahkan fasilitas cicilan 0%.

Melakukantransfer balancedapat membantu Anda melunasi utang, dengan syarat, selama masa pelunasan, kartu kredit baru tidak digunakan sama sekali kecuali dalam keadaan darurat.

4Ambil Pinjaman Tunai

Selain transfer balance, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengambil Kredit Tanpa Agunan untuk melunasi utang kartu kredit.

Tentu, Anda masih akan berutang uang ke bank, namun setidaknya bunganya lebih rendah, berkisar 0,99% - 2% per bulan. Angka ini tentu lebih kecil dibandingkan dengan bunga kartu kredit yang hampir mencapai 3%.

Sobat GoGo, seperti yang sudah dijelaskan, ada berbagai macam cara untuk memerdekakan diri dari jerat utang kartu kredit. Meski demikian, Tim KreditGoGo selalu berharap Anda tidak akan pernah perlu menggunakan saran tersebut.

Kunjungi selalu situs KreditGoGo untuk mendapatkan berbagai tips mengatur keuangan!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama