Menjelang Ramadhan Ayo Berhemat Pengeluaran dengan Kartu Kredit

Kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan menuntut Anda untuk mengatur keuangan dengan baik. Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah dengan kartu kredit.

Setiap menjelang Ramadhan kondisi pasar heboh dengan kenaikan harga. Mulai dari harga daging, telur, bawang, sayur mayur dan kebutuhan pokok lainnya seolah saling berlomba-lomba untuk menjadi paling tinggi. Kondisi ini memang sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia.

Ketika Ramadhan tiba, harga sejumlah komoditas melonjak. Secara otomatis ini akan mempengaruhi pengeluaran bulanan Anda. Kebutuhan yang bermacam-macam untuk memenuhi persediaan selama bulan Ramadhan membuat manajemen keuangan perlu mendapat perhatian khusus.

Nah, beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Sebelum menjalankan kewajiban selama bulan Ramadhan, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan, tidak hanya fisik saja kondisi keuangan pun harus di perhatikan.

Untuk mensiasati melonjaknya pengeluaran ketika Ramadhan ternyata Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk menghemat pengeluaran belanja. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan fasilitas, fitur, ataupun promo dari kartu kredit.

1. Belanja Bulanan Lebih Hemat dengan Kartu Kredit Co-Branding

Kebutuhan belanja bulanan ketika Ramadhan memerlukan anggaran yang lebih banyak jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan, Anda dapat memanfaatkan Kartu Kredit Co-Branding yang bekerjasama dengan supermarket dan ritel tertentu.

Kartu kredit jenis ini menawarkan fitur poin dan diskon yang lebih banyak dari kartu kredit pada umumnya, khususnya untuk kebutuhan belanja. Penawaran diskon untuk produk tertentu, voucher, ataupun poin yang bisa ditukarkan dengan produk pilihan.

Anda bisa memenuhi semua kebutuhan rumah tangga selama Ramadhan dengan memanfaatkan kartu kredit ini. Contoh kartu kredit yang bisa dimanfaatkan adalah Mandiri Hypermart Card, BCA-Indomaret, Mega Carrefour, BNI Lotte Mart dan Permata Hero Card.

Apabila Anda memiliki kartu kredit diatas segera manfaatkan ketika berbelanja. Periksa kembali promo yang berlaku dan coba pilih produk private label dari supermarket tertentu untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

Baca juga: Cara Belanja Hemat untuk Anda yang Bergaji 2 Juta

2. Senjata Ampuh Pamungkas Budget: Point Rewards

Ketika bulan Ramadhan tiba kegiatan yang paling rutin dilakukan oleh banyak orang adalah acara berbuka bersama, baik dengan keluarga, teman, ataupun orang terdekat lainnya. Belum lagi acara berbuka puasa tersebut diadakan diluar seperti di restoran, dan itu membutuhkan anggaran ekstra.

Nah, untuk menghemat pengeluaran ini Anda bisa juga memanfaatkan fasilitas poin reward yang ada dalam kartu kredit. Jadi apabila poin rewards kartu kredit Anda sudah terkumpul bayak segeralah manfaatkan untuk banyak promo baik untuk restoran, belanja, dan kebutuhan lainnya.

Salah satu kartu kredit yang menghadirkan banyak promo restoran adalah kartu kredit HSBC. Anda bisa menghemat biaya untuk acara berbuka puasa dengan diskon hingga 50% + diskon tambahan dengan menukarkan poin rewards HSBC.

Selain itu Anda juga bisa menikmati santapan lezat untuk berbuka puasa hanya dengan membayar Rp 1 di restoran tertentu seperti, Eaton Restaurant, Grand Duck Restaurant, Lumiere Bistro, Okaeri Japanese Café, dan Renjiro Sushi. Acara buka puasa bersama Anda bisa lebih hemat bukan.

3. Maksimalkan Cashback Kartu Kredit

Cashback kartu kredit adalah fitur menarik yang dapat memberikan pengembalian uang untuk mengurangi total tagihan Anda pada setiap transaksi belanja yang dilakukan. Jadi secara tidak langsung cashback memberikan potongan pada transaksi Anda.

Jika Anda bertransaksi dan mendapatkan cashback dalam jumlah tertentu berarti jumlah tagihan Anda akan dipotong berdasarkan jumlah cashback yang diberikan. Fasilitas ini dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan belanja bulanan, makan di restoran, ataupun membayar tagihan rutin.

Kartu kredit yang memberikan manfaat cashback untuk membayar tagihan rutin bulanan adalah Kartu Kredit Danamon. Kartu Kredit Danamon menawarkan bonus Cashback 5% untuk transaksi pembelian bahan bakar dan Bill Payment.

Anda bisa menghemat biaya transportasi dan biaya pengeluaran rutin seperti tagihan listrik, telepon, tv berlangganan dan masih banyak lagi. Untuk bisa mendapatkannya, Anda hanya perlu melakukan 5x transaksi ritel dalam 1 bulan dengan nominal per transaksi Rp 100.000.

Melalui penggunaan yang tepat dan pintar melihat manfaat dari kartu kredit bisa memberikan keuntungan yang berguna untuk menghemat pengeluaran bulanan Anda. Apalagi di bulan Ramadhan yang kebutuhannya serba meningkat, gunakan kartu kredit Anda secermat mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baca juga: Nikmati Keuntungan Berbelanja dari HSBC Platinum

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Danang

    Setuju

    Reply