Mengenal Cashback dan Reward Point Kartu Kredit

Rata-rata kartu kredit di Indonesia sudah memiliki fitur reward points dan cashback. Sebenarnya, apa sih keunggulan keduanya? Berikut penjelasannya.

Cash Back vs Reward Point

Saat ini begitu banyak kartu kredit dari bank-bank yang beredar di Indonesia. Masing-masing produk tersebut menawarkan manfaat dan keuntungan yang belum tentu dimiliki pesaingnya. Namun, dari sekian banyak keunggulan yang bisa dinikmati, ada dua jenis yang sering muncul di setiap kartu transaksi ini. Yaitu, cashback dan reward points.

Ya, kedua fitur ini ditawarkan dengan tingkat yang berbeda-beda oleh setiap bank. Karena itu, di masa sekarang, sulit untuk membedakan mana kartu kredit yang memiliki banyak bonus dan tidak. Namun, yang pasti, baik cashback dan reward poin memiliki perhatian utama untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari transaksi kartu kredit Anda.

CasPesan Hotel Pakai Kartu Kredit Dapat Cash Back

Apa Itu Cashback?

Bila di-translate ke dalam Bahasa Indonesia, cashback berarti mengembalikan uang. Secara praktiknya, si pemilik kartu akan memberi sang pemegang imbalan dalam bentuk uang tunai. Setiap kali mereka melakukan pembelian ritel menggunakan kartu kredit yang menawarkan fitur ini, Anda akan langsung mendapat bonus mulai dari paling kecil 0.2% hingga 20% dana tunai.

Biasanya, tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat bertransaksi untuk mendapat cashback yaitu pom bensin, supermarket, maskapai penerbangan, dan masih banyak lagi. Besaran pengembalian uang sendirin tergantung dari bank penerbit.

Lalu, bagaimana cara kerja cashback? Berikut penjelasannya:

Contoh : Anda bertransaksi senilai Rp 1 juta dengan menggunakan kartu kredit yang menawarkan cashback senilai 5%.

Maka, rumus yang dipakai adalah Rp 1 juta x 5% = Rp 50 ribu. Jumlah yang didapat itulah yang akan dikembalikan pada rekening kartu kredit di bulan selanjutnya.

Rekomendasi Kartu Kredit Casback

1. Citi Cashback

Citibank menghadirkan produk Citi Cashback yang menawarkan banyak keuntungan bagi Anda. Hal paling utama yang diperoleh dari produk unggulan Citibank tersebut ialah cashback sebesar 3%dengan hanya melakukan transaksi di seluruh merchant yang telah bekerjasama dengan pihak Citibank. Tiap bulannya, Anda akan memperoleh potongan sebesar Rp 500.000 sebagai bentuk reward bagi para pemegang kartu ini.

2. Standard Chartered Titanium

Kartu kredit Standard Chartered Titanium menawarkan pemakainya untuk mendapat cashback sampai dengan 3,5% atau Rp 650.000 per bulan. Semakin besar pembelanjaan Anda, maka semakin tinggi pula nilai cashback yang bisa dinikmati. Di samping itu, dapatkan juga ekstra keuntungan lain yaitu diskon dari berbagai promo yang datang sepanjang tahun.

3. Danamon Gold

Danamon Gold menawarkan bonus Cashback 5%untuk transaksi pembelian bahan bakar dan bill payment. Untuk bisa mendapatkannya, Anda hanya perlu melakukan 5x transaksi ritel dalam 1 bulan dengan nominal per transaksi Rp 100.000.

Mengenal Reward Points

Saat ini, fitur reward points bisa dibilang sudah menjadi langsung diberikan satu paket dengan produk kartu kredit. Berbeda dengan cashback, hampir setiap produk kartu transaksi di Indonesia rata-rata sudah menawarkan layanan ini.

Setiap kali Anda membayar menggunakan kartu kredit, akan ada tambahan poin yang bisa dikumpulkan lalu ditukarkan dengan berbagai bonus menarik yang sudah menunggu. Seperti diskon berbelanja, voucher, potongan harga tiket, menginap di hotel, dan sebagainya.

Cara kerja fitur ini adalah Anda melakukan pembelian menggunakan kartu kredit, uang yang dibayarkan itu rupanya tidak 100% diterima oleh Toko. Sebab sebagian dari pembayaran tersebut sudah dibagi antara merchant, Jaringan Kartu, dan Bank Penerbit Kartu.

Terkait dengan pembagian itu, jumlahnya berbeda-beda di tiap merchant dan tergantung pada faktor-faktor seperti volume penjualan dan perjanjian dengan bank. Sebagian dari jumlah tersebut kemudian disisihkan oleh Bank Penerbit Kartu untuk mendanai program rewardsmereka.

Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa merchant-merchant tersebut pada dasarnya menanggung biaya pemberianrewardkepada Anda. Di mana mereka merelakan sebagian kecil hasil transaksi kartu kredit untuk tujuan tersebut.

Rekomendasi Kartu Kredit Reward Points

1. Citi Rewards

Citibank Rewards diperuntukan bagi nasabah yang menyukai aktivitas belanja. Dapatkan 3x lipat poin reward dengan berbelanja minimal Rp 3000 untuk kategori dining, shopping, dan penggunaan diluar negeri. Dengan begitu Anda bisa menghemat hingga 15% jika menukarkan poin di 2.500 outlet favorit di seluruh dunia. Dan bagian terpenting adalah reward poin kartu kredit Anda tidak akan mendapatkan masa kadaluarsa, dengan kata lain Anda masih membelanjakannya di beberapa tahun kemudian.

2. HSBC Visa Signature

Nikmati pengumpulan poin tercepat dengan menggunakan kartu kredit HSBC VISA Signature untuk setiap transaksi senilai Rp 1.250. Dapatkan 4x poin rewards untuk pembelian yang berhubungan dengan perjalanan termasuk penerbangan, hotel, atau akomodasi , agen perjalanan baik domestik maupun luar negeri (termasuk transaksi online). 4x poin untuk transaksi di berbagai restoran di seluruh dunia, dan 2x reward points untuk setiap transaksi di berbagai merchant ritel di luar negeri.

3. HSBC Gold

Pengumpulan poin dapat dilakukan lebih cepat dengan menggunakan kartu kredit HSBC Gold. Dapatkan 1 Poin untuk setiap transaksi senilai Rp 1.250, 2x Poin HSBC Rewards untuk pembelanjaan di supermarket dan SPBU di akhir pecan, dan 2x Poin HSBC Rewards untuk transaksi online setiap hari.

Reward point

Cashback Atau Reward Point?

Sebagian besar kartu kredit saat ini sudah menawarkan fitur reward poin. Di mana Anda akan mendapat bonus point untuk pembelanjaan dengan jumlah tertentu yang dapat ditukar dengan produk,voucher, dan hadiah lain.

Sementara untuk kartu yang menawarkan fitur cashback biasanya tidak dilengkapi dengan program reward. Namun, untuk penggunaannya, tergantung Anda apakah menginginkan potongan uang tunai atau apakah lebih menyukai hadiah menggunakan akumulasi poin.

Namun, karena persaingan yang makin meningkat di sektor keuangan Indonesia, sejumlah bank sekarang sudah menerbitkan kartu kredit yang menawarkan fitur cashbackyang sudah digabungkan dengan program poin reward, Jadi, Anda dapat memiliki kedua keuntungan tersebut hanya dengan satu kartu.

Bila tertarik Anda tertarik. Yuk coba cek sekarang di KreditGoGo.com, bandingkan dan ajukan langsung secara online sekarang.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama