Mengapa Anda Harus Memiliki Kartu Kredit? Inilah 5 Alasannya!

Pada dasarnya, fungsi kartu kredit adalah mempermudah Anda dalam melakukan transaksi keuangan. Lantas, alasan apa saja yang membuat orang harus memiliki kartu kredit?

Tidak bisa dipungkiri, kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama masyarakat perkotaan. Barangkali, kepraktisan dan keefisienan lah yang membuat masyarakat tidak bisa meninggalkan kartu sakti ini.

Hal ini dibuktikan dengan penyataan dari Bank Indonesia yang memperkirakan bahwa pengguna kartu kredit di Indonesia tahun 2016 dapat mencapai 16 juta pengguna.

Tentu saja, pernyataan ini didukung sepenuhnya oleh bank-bank penerbit produk kartu kredit. Mereka saling berlomba untuk memberikan berbagai macam kelebihan dan fitur menarik untuk setiap kartu kredit yang diterbitkan.

Penerbitan berbagai kartu kredit bertujuan untuk memenuhi berbagai macam segmen pasar pengguna kartu kredit. Tentu ada banyak kelebihan dan fitur menarik yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan kartu kredit.

Nah, 5 poin di berikut ini patut menjadi alasan pertimbangan bagi Anda untuk segera memiliki dan menggunakan kartu kredit dalam keseharian Anda.

Penawaran Menarik

Kini, hampir seluruh jenis kartu kredit menawarkan berbagai promosi menarik, mulai dari diskon restoran, tempat belanja, hotel, hingga cicilan 0%. Di sinilah keuntungan menggunakan kartu kredit. Anda bisa mendapatkan harga terbaik dan memanfaatkan fasilitas diskonnya.

Tapi ingat, Anda harus tahu batasan-batasan dalam menggunakannya agar tidak kebablasan. Tetaplah perhitungkan dan hati-hati dalam berbelanja, karena setiap pemakaian kartu kredit tentu harus diiringi dengan pembayaran juga setelahnya.

Pembayaran Tagihan Jadi Lebih Efisien

Memiliki berbagai tagihan rutin yang harus dibayar setiap bulannya? Tentu saja akan memakan banyak waktu lebih banyak.

Bagaimana tidak, berbagai tagihan berbeda harus dibayarkan pada tanggal berbeda juga. Hal ini akan sangat merepotkan dan bisa membuat Anda lupa akan jadwal pembayarannya.

Memiliki kartu kredit akan memudahkan untuk mengatur semua pembayaran tagihan rutin dalam satu tanggal yang sama.

Cukup daftarkan semua tagihan rutin bulanan seperti tagihan listrik, telepon, PAM, dan lain sebagainya dalam satu kartu kredit. Nikmati kemudahan pembayaran dalam satu tagihan kartu kredit sekaligus.

Dana Darurat

Setiap orang tentu sudah memperhitungkan serta membuat anggaran dana untuk pengeluaran sehari-hari dan pengeluaran lainnya. Namun, jika suatu saat ada hal darurat terjadi dan uang yang Anda miliki tidaklah cukup, bagaimanakah solusinya?

Nah, di sinilah kartu kredit bisa menjadi penyelamat Anda di kala darurat. Misalnya saja untuk memperbaiki rumah, mobil yang mendadak mogok, biaya pengobatan, dan lain sebagainya. Kartu kredit bisa memberikan dana tambahan.

Mendapatkan Poin Reward

Hampir seluruh bank penerbit kartu kredit memberikan poin reward bagi setiap nasabah yang bertransaksi menggunakan kartu kredit. Tentunya Anda harus berbelanja di tempat yang telah bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.

Setelah poin rewards terkumpul, Anda akan mendapatkan beragam bentuk bonus. Caranya adalah cukup menukarkan poin rewards, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan seperti diskon belanja, voucher, tiket perjalanan, hingga promo hotel dan restoran.

Kemudahan Bagi Pecinta Traveling

Kartu kredit juga memberi kemudahan dan keuntungan bagi pecinta traveling. Apa saja?

  • Kartu kredit mudah digunakan dalam pembelian tiket pesawat. Anda akan memperoleh keuntungan berupa frequent flyer, atau miles point yang bisa dikumpulkan hingga mencapai jumlah tertentu dan kemudian ditukarkan dengan tiket perjalanan gratis.
  • Kartu kredit juga menjalin banyak kerja sama dengan hotel-hotel dan restoran tertentu. Hal ini tentu akan memberi banyak keuntungan misalnya diskon, pelayanan ekstra, atau pengunaan fasilitas tertentu yang dikhususkan bagi para pengguna kartu kredit.

Tidak hanya untuk perjalanan liburan, kartu kredit juga memberikan kemudahan dan kenyamanan saat Anda melakukan perjalanan bisnis. Misalnya dalam melakukan segala macam transaksi keuangan di luar negeri, kartu kredit bisa menjadi solusi kebutuhan tersebut.

Kartu kredit VISA dan MasterCard contohnya, dapat digunakan selama Anda berkelana di negeri orang. Namun harus diingat bahwa setiap transaksi belanja di luar negeri menggunakan kartu kredit, akan dikenakan biaya administrasi tambahan.

Itulah 5 alasan mengapa Anda harus memiliki kartu kredit. Namun, jangan lupa juga untuk menggunakannya secara bijak agar tagihan tidak membengkak.

Baca juga: 4 Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Saat Diskon

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama