Mau Punya Kartu Kredit Tapi Takut Boros? Begini Cara Mengatasinya!

Jika kamu termasuk milenial yang tidak mau punya kartu kredit karena takut boros, simak tips berikut yang dapat membuatmu lebih bijak menggunakan kartu kredit dan dijamin tidak akan membuatmu boros.

Generasi milenial terkenal dengan kepiawaian mereka memanfaatkan teknologi dan internet. Namun, di balik penampilan milenial yang tech-savvy, ternyata banyak yang memilih untuk tidak memiliki kartu kredit! Sebuah riset yang dilakukan oleh Brilio Net, perusahaan penerbit konten digital untuk milenial, mengungkapkan bahwa dari 1.021 orang hanya 478 orang yang memiliki kartu kredit.

Mengapa bisa? Bukankah fasilitas transaksi keuangan elektronik dan non tunai seperti kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan hidup seperti diskon untuk hiburan, berbagai promosi dan cashback? Nah, justru itulah yang membuat sebagian milenial merasa takut untuk mengajukan kartu kredit!

Bhima Yudhistira, seorang peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), mengungkapkan 40% milenial enggan memiliki kartu kredit karena takut boros.

"Memang kecenderungan milenial itu lebih suka berbelanja leisure products, misalnya untuk tiket pesawat atau transportasi, belanja online, atau nongkrong di kafe. Kartu kredit bisa menyederhanakan semua pembelian dan juga banyak promonya, sehingga bisa kebablasan . Makanya, sekitar 40 persen kalangan milenial itu mengatakan takut boros menggunakan kartu kredit," katanya saat dihubungi oleh kumparan.com.

Apa kamu salah satunya? Sebenarnya, jika kamu tahu cara menggunakan kartu kredit yang benar, kamu bisa lebih hemat. Berikut adalah cara menggunakan kartu kredit agar tidak boros:

Pilih Satu Kartu Kredit yang Paling Bermanfaat Untukmu

Riset dari Brilio Net juga menunjukkan 40% milenial menganggap kartu kredit sebagai simbol status sosial. Memiliki dan menggunakan banyak kartu kredit saat penghasilan masih pas-pasan adalah ide yang buruk karena jika tidak hati-hati, kamu bisa terjerat hutang. Pilihlah satu kartu kredit yang paling bermanfaat untukmu. Misalnya, kamu hobi nonton film, belanja online dan ingin hemat pengeluaran sehari-hari maka bisa memilih kartu kredit cashback. Beberapa kartu kredit cashback juga memberikan poin reward dan akses gratis untuk airport lounge, lho!

Ketahui Tingkat Bunga dan Biaya Tahunan Kartu Kredit

Cara menggunakan kartu kredit lainnya agar tidak boros adalah mengetahui tingkat bunga dan biaya tahunan kartu kredit milikmu. Membayar cicilan kartu kredit setiap bulan tentu terasa ringan dibandingkan membayar secara penuh di muka. Hati-hati, jika ternyata tingkat bunga kartu kredit tersebut tinggi, jumlah total yang harus kamu bayar bisa jauh lebih tinggi! Ketahui juga biaya tahunan kartu kredit yang kamu pilih. Jika kamu hanya menggunakan kartu kredit untuk keadaan darurat, lebih baik pilih kartu kredit yang tidak memungut biaya tahunan.

Manfaatkan Aplikasi Pengatur Keuangan

Bhima menyarankan agar milenial menghitung kemampuan gaji bulanan dan pengeluaran rutin agar tidak boros. Sesuaikan gaji dengan pengeluaran kartu kredit agar tidak melebihi batas kemampuanmu membayar cicilan. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu men-download aplikasi pengatur keuangan seperti UangKu, Mint, My Finance dan Wallet. Aplikasi keuangan akan membantumu mengatur budget, pinjaman kredit, hingga merencanakan anggaran masa depan.

Baca juga: Tips Menjaga Kerahasiaan Nomor Kartu Kredit, Mana yang Belum Anda Lakukan?

Gunakan Kartu Kredit dengan Cicilan 0%

Ada tidak ya, kartu kredit yang mengijinkan seseorang untuk menyicil pembayaran tanpa bunga? Ada! Berbagai kartu kredit dengan cicilan 0% bisa kamu temukan secara online, namun baca baik-baik informasi mengenai cicilan tersebut. Ada bank yang membebaskan bunga cicilan untuk 3-6 bulan pertama, ada bank yang membebaskan bunga hanya untuk produk tertentu dan sebagainya.

Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu

Apa kamu tahu jika telat membayar tagihan kartu kredit, bank akan mengenakan denda yang lebih tinggi dari suku bunga kartu kredit tersebut? Akibatnya, kamu harus membayar lebih mahal dari harga asli barang atau jasa. Selain itu, telat membayar tagihan kartu kredit juga akan mempengaruhi credit score milikmu, dimana hal ini dapat menentukan seberapa layak seseorang mendapatkan pinjaman atau kredit dari bank maupun lembaga keuangan. Keterangan selengkapnya mengenai credit score bisa kamu baca dalam artikel ini.

Nah, itulah beberapa cara menggunakan kartu kredit yang bisa milenial ikuti agar tidak boros. Bingung menentukan kartu kredit mana yang tepat untukmu? KreditGoGo sudah mengumpulkan berbagai kartu kredit dan informasi yang kamu butuhkan secara online.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama