Mau Ajukan Kartu Kredit? Pilih yang Memiliki Fitur Seperti Ini

Jika Anda pertama kali ingin mengajukan kartu kredit, percayalah, pembayaran akan menjadi semakin mudah. Tapi, jangan sembarang pilih. Ajukan satu yang memiliki fitur seperti ini.

Fitur Kartu Kredit

Pernah tidak ketika pergi ke suatu pusat perbelanjaan, Anda didatangi seorang wanita cantik berparas ayu menawarkan selembar kertas dan formulir isian? Ketika kita lihat lembaran tersebut, ternyata adalah formulir pengajuan kartu kredit. Ada begitu banyak kartu kredit yang ditawarkan. Kita pun jadi bingung, kartu kredit jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan kita ya?

Agar Anda tidak bingung, saya berikan penjelasan fitur apa saja yang bisa menjadi patokan untuk Anda mengajukan kartu kredit favorit.

Gerai Favorit

Coba diingat-ingat, gerai macam apa yang sering Anda kunjungi? Gerai makanan? Butik? Pusat perbelanjaan macam apa yang sering didatangi; Giant, Hypermart, Carrefour, Superindo, atau lainnya? Pilihlah kartu kredit yang dapat memberikan diskon pada gerai favorit Anda. Memang kelihatannya Anda akan punya dua hingga tiga kartu kredit. Tapi justru itu, ajukanlah jenis kartu yang hanya memang paling sering digunakan oleh keluarga. Tidak perlu banyak kartu yang pada akhirnya jarang digunakan. Indikasi intensitas penggunaan kartu biasanya dilihat dari beberapa bulan terakhir. Misalnya, jika dalam 6 (enam) bulan Anda jarang ke gerai favorit, ya tidak usah bikin kartu untuk itu. Semakin banyak gerai yang bekerja sama dengan kartu tersebut, semakin banyak gerai yang dapat Anda kunjungi. Ingat, prioritaskan saja gerai yang Anda gunakan untuk belanja kebutuhan bulanan.

Biaya Ringan

Kartu kredit memiliki sejumlah biaya yang dibebankan kepada penggunanya. Besaran biaya yang ditetapkan beragam, dan tergantung penerbit kartu (bank). Untuk itu, bertindaklah selektif untuk memilih kartu kredit yang memiliki biaya rendah.

Aman Digunakan dan Fasilitas Tambahan

Saat ini, beberapa bank melengkapi fasilitas produk kartu kreditnya dengan asuransi, misalnya asuransi jiwa, asuransi perjalanan, atau pembelian barang. Untuk diketahui, beda tipe kartu kredit, berbeda pula fitur asuransi yang ditawarkan. Praktisnya, sesuaikan kebutuhan asuransi tersebut dengan kebutuhan pemakaian kartu kredit Anda. Contohnya, misalnya Anda seorang pebisnis yang sering bepergian dengan pesawat, coba cari jenis kartu kredit yang memiliki fasilitas asuransi perjalanan. Selain itu, pilihlah kartu yang sudah memiliki cip dengan tingkat keamanan paling baik yang diberikan oleh si bank.

Bisa Pakai di Mana Saja

Sering bepergian ke luar negeri? Pilihlah kartu kredit yang menyediakan fitur penggunaan internasional. Bahkan, ada jenis kartu yang memberikan layanan khusus ke negara-negara tertentu, misalnya ke Australia. Ada pula yang menyediakan layanan pendukung, misalnya bunga rendah untuk konversi mata uang asing atau asuransi perawatan medis di luar negeri. Pilih satu yang sangat sesuai dengan Anda.

Layanan 24 Jam Berbagai Cara

Pilihlah penerbit kartu (bank) yang memiliki layanan 24 jam. Bukan hanya bisa dijangkau secara telepon (by email), tapi juga berbagai cara (e-banking, internet banking, sms banking, phone banking, bahkan by phone). Jadi, ketika Anda terdesak dan membutuhkan informasi, pengaduan, bahkan meminta asistensi penyelesaian masalah, Anda dapat menghubungi bank tersebut yang bersangkutan setiap saat.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama