Manfaatkan Cash Back Kartu Kredit untuk Idul Fitri

Belanja untukkebutuhan Idul Fitri bisa membengkak apabila tidak mengontrolnya dengan baik. Namun dengan memanfaatkan fitur cashback kartu kredit Anda bisa berhemat.

Kebutuhan untuk merayakan hari raya meningkat membuat kantong jadi tipis usai Lebaran. Namun pengguna kartu kredit bisa saja bernapas lega, pasalnya banyak penawaran menarik yang bisa dimanfaatkan untuk memangkas biaya kebutuhan lebaran.

Salah satunya adalah dengan fitur cashback kartu kredit. Apa sebenarnya cashback itu sendiri? Cashback adalah pengembalian sejumlah uang kepada pengguna kartu kredit setiap melakukan transaksi tertentu, tetapi bukan dalam jumlah tunai melainkan potongan pada nilai transaksi atau tagihan pada bulan berikutnya.

Dengan memanfaatkan cashback dari kartu kredit Anda bisa menghemat pengeluaran dan tagihan kartu kredit bisa lebih ringan. Kira-kira transaksi apa saja yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan cashback.

1. Belanja Supermarket

Untuk yang satu ini pasti dilakukan setiap orang ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Semua orang memadati pusat perbelanjaan untuk belanja banyak kebutuhan mulai dari baju, sepatu, bahan makanan,  dan segala kebutuhan untuk melengkapi Lebaran.

Kartu kredit yang bekerja sama dengan pusat pembelanjaan biasanya memberikan penawaran cashback setiap Anda melakukan transaksi di supermarket tersebut. Kartu kredit tersebut yaitu Carrefour Mega Visa, Permata Hero Card, Mandiri Hypermart,dan lain sebagainya.

Ada juga kartu kredit yang khusus memberikan banyak penawaran cashback yaitu Citibank Cashback Visa Platinum. Kartu kredit ini akan memberikan Anda cashback maksimal Rp6 juta setiap tahun atau Rp500.000 per bulan.

2. Hemat Bahan Bakar

Hemat bahan bakar sangat berguna untuk Anda yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Ada banyak jenis kartu kredit yang menawarkan cashback setiap Anda melakukan pembelian bahan bakar di SPBU tertentu.

Seperti Kartu Kredit Danamon, Anda bisa menikmati hemat 5% setiap memakai Kartu Kredit Danamon untuk transaksi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU manapun. Keuntungan yang bisa didapatkan hingga Rp100.000 setiap bulannya, dan akan dikreditkan langsung ke tagihan bulanan.

Kartu kredit lainnya pun tidak kalah menarik, seperti Kartu Kredit ANZ, hampir semua jenis kartu menawarkan fitur cashback hingga 20% untuk pembelian bahan bakar. Untuk mendapatkannya, pemegang kartu harus melakukan transaksi pada kategori lainnya dengan persyaratan tertentu.

3. Makan di Restoran

Nah jika Anda bosan makan sajian lebaran, jalan-jalan sambil wisata kuliner di restoran juga bisa lebih hemat dengan memanfaatkan cashback kartu kredit. Seperti kartu kredit khusus cashback dari Citibank ini bisa hemat makan di restoran dengan bonus cash back untuk setiap kategori SPBU, Restoran dan Supermarket maksimal Rp100.000.

Kartu kredit lainnya yang juga menawarkan cashback menarik adalah UOB One Card, untuk setiap jenis transaksi Anda bisa mendapatkan cashback hingga Rp500ribu setiap bulannya. Khusus untuk makan di restoran promosi ini berlaku untuk tempat makan yang bekerja sama.

4. Tiket Pesawat

Mencari tiket pesawat untuk mudik jika tidak dari jauh-jauh hari pasti akan mendapatkan harga yang jauh lebih tinggi. Jika anggota keluarga lebih dari dua orang maka bayangkan berapa yang harus dikeluarkan.

Namun jika Anda jeli melihat berbagai promosi travel dengan kartu kredit maka biaya tiket pesawat bisa dihemat. Beberapa travel agen online biasanya menawarkan banyak potongan harga dan cashback dengan kartu kredit tertentu.

Salah satu yang manarik adalah dari Kartu Kredit BNI, Anda bisa mendapatkan cashback hingga Rp125 ribu untuk pesawat dan hemat hingga 8% untuk pemesanan hotel melalui Nusatrip.

Selain keempat kebutuhan di atas masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan, seperti ganti gadget terbaru, beli furniture, dan masih banyak lagi. Anda harus jeli melihat setiap promosi yang diadakan oleh kartu kredit, sehingga penggunaannya bisa tepat dan menguntungkan.Anda pun dapat mengajukan aplikasi kartu kredit di KreditGoGo.com.

Baca juga: 5 Restoran Favorit Buat Buka Puasa Anda lebih Hemat
4 Cara Belanja Hemat saat Ramadan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama