Manfaatkan Air Miles Untuk Efisiensi Budget Traveling

Baik untuk perjalanan bisnis atau liburan, traveling perlu banyak biaya. Ada cara untuk buat pengeluaran Anda lebih efisien. Salah satunya, program airmiles kartu kredit.

Traveling kini merupakan komoditas utama masyarakat. Apalagi, setelah pemerintah mengumumkan kebijakan bebas visa ke beberapa negara di dunia.

Semakin mudah jalan masyarakat Indonesia untuk pergi melancong. Bahkan, beberapa orang menjadikan aktivitas traveling sebagai pekerjaannya seperti agen travel dan travel blogger.

Businessman flight

Meskipun untuk dinas kerja atau sekadar tamasya menghilangkan penat, biaya yang dikeluarkan untuk traveling sama-sama menguras dompet. Alokasi dana yang paling besar biasanya untuk tiket pesawat dan akomodasi hotel.

Air Miles: Hemat Budget Traveling

Ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran traveling. Salah satunya, dengan program air miles kartu kredit. Hadiah air miles ini diberikan kepada para pengguna kartu kredit yang sering membeli tiket perjalanan.

Anda bisa mendapatkan ragam penawaran menarik dengan menukarkan poin air miles yang dikumpulkan melalui transaksi kartu kredit. Mulai dari diskon tiket pesawat hingga voucher hotel yang dapat menghemat anggara perjalanan Anda.

Cara Sulap Air Miles Jadi Tiket Gratis

airplane ticket and credit card

Untuk mendapatkan air miles caranya mirip dengan poin yang didapat ketika belanja. Semakin sering beli tiket pesawat dengan kartu kredit, semakin banyak poin air miles yang Anda peroleh.

Setelah poin-poin Air miles cukup, Anda bisa menukarnya untuk mendapatkan potongan harga hingga gratis tiket penerbangan. Ketika mengajukan penukaran air miles, sebaiknya dilakukan tiga hingga enam bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Beda Bank, Beda Nilai Air Miles

Satu lagi yang harus Anda catat, setiap bank dan maskapai memiliki perbedaan dalam konversi air miles. Jadi, tidak perlu tergesa dan pelajari dulu syarat ketentuan yang diberikan perusahaan penerbangan terhadap poin air miles.

baca juga: Liburan Hemat dengan Cashback dan Point Reward

Biasanya, dengan 15.000 air miles Anda bisa mendapatkan gratis tiket pesawat kelas ekonomi. Untuk duduk dikelas bisnis, Anda perlu modal sekitar 100.000 poin air miles.

Strategi Dapat Air Miles Meski Jarang Terbang

Anda bukan seorang pilot, pramugari, atau pebisnis impor yang jarang terbang? Jangan pesimis dulu. Beberapa kartu kredit memberikan poin rewards yang bisa ditukar dengan air miles maskapai penerbangan sekelas Garuda Indonesia. Meski begitu, jumlahnya tentu tidak terlalu besar seperti jika Anda menukarkan poin air miles langsung.

Misalnya, Bukopin Visa Platinum yang memberikan 1 poin reward untuk 2 kali Garuda Miles. Bukopin juga memberikan fasilitas perlindungan perjalanan hingga Rp4 Miliar dan Rp30 juta jika Anda kehilangan barang saat traveling.

Untuk melakukan penukaran poin rewards dengan tiket pesawat, Anda bisa langsung menghampiri counter pembelian tiket maupun secara online. Jika tidak yakin, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu melalui telepon.

Poin Tidak Cukup, Beli Air Miles Orang Lain

situs airmiles

Jika poin Anda tak juga mencukupi untuk ditukar dengan air miles, masih ada cara untuk mendapatkannya. Pernah dengar jasa penjualan air miles?

Coba browsing situs-situs seperti Craiglist atau SellMyRewards yang menyediakan wadah jual-beli air miles. Ya, beberapa orang ada yang mau menjual poin air miles miliknya lewat bantuan broker di situs tersebut.

baca juga: 3 Kartu Kredit Traveling Terbaik

Anda pun bisa menjual air miles yang telah terkumpul, tapi belum terpakai sesuai dengan kesepakatan. Siapkan saja data-data yang dibutuhkan, yaitu berapa jumlah air miles yang ingin dijual dan harga yang Anda tawarkan.

Broker akan mencarikan pembelinya dan bayaran nilai air miles Anda bakal langsung ditransfer sesuai kesepakatan. Dengan demikian, Anda bisa mengumpulkan air miles atau menjual sisa yang tidak dibutuhkan. Uang yang didapat pun bisa jadi dana tambahan untuk modal traveling. Namun, cara penjualan air miles ini masih terbatas dan hanya berlaku di beberapa negara saja.

Lebih Cepat Kumpulkan Air Miles

airmiles

Mengumpulkan poin air miles bisa dilakukan dengan menyesuaikan jenis kartu kredit Anda. Setiap kartu kredit memberikan nilai air miles yang berbeda. Jika Anda ingin lebih cepat mengumpulkan air miles, perlu kartu kredit khusus dengan bonus poin air miles setiap kali bertransaksi.

baca juga: Cara Ampuh Jalan-Jalan Low Budget ke Luar Negeri

Salah satunya, Citibank Garuda Indonesia Visa Signature yang 3 kali miles untuk pembelian tiket Garuda Indoensia dan tambahan 2 poin untuk transaksi apa saja.

Semakin sering Anda bertransaksi dengan kartu kredit Air miles, semakin cepat jalan Anda untuk mendapatkan tiket penerbangan gratis. Agar perjalanan makin hemat bekali diri dengan kartu kredit yang menawarkan penukaran poin air miles dengan diskon hotel.

Traveling jadi lebih efisien!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama