Mana yang Anda Pilih, Belanja Bulanan atau Harian

Terkadang kita selalu bertanya, mana yang lebih menguntungkan, belanja harian atau bulanan? Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengakalinya, berikut penjelasannya.

Boro-boro menabung, untuk belanja kebutuhan sehari-hari saja pas-pasan. Pernah mengalami kejadian tersebut?

Itu artinya, Anda masih bingung antara mengatur budget untuk belanja bulanan atau harian?

promo supermarket

Sebenarnya, ada cara untuk mengakalinya, asalkan Anda disiplin untuk mengubah kebiasaan lama.

Belakangan ini harga kebutuhan sehari-hari memang terus meningkat. Segala cara pun dilakukan untuk berhemat, mulai dari menghemat kebutuhan belanja bulanan atau harian.

Lalu, mana yang Anda pilih? Belanja bulanan atau harian?

Rencana anggaran pendapatan dan untuk belanja rumah tangga memang perlu disusun sematang mungkin.

Untuk itu, catat terlebih dahulu semua rencana pengeluaran dalam sebulan. Tentu saja, anggaran pengeluaran mesti lebih kecil dari pendapatan. Sebaiknya, pengeluaran dibagi-bagi atau diurutkan berdasarkan skala prioritas.

Belanja Bulanan atau Harian?

Banyak yang bilang dengan belanja setiap hari sesuai kebutuhan akan bisa bikin hemat. Namun ada pula yang bilang belanja sekaligus bulanan dalam jumlah besar bisa lebih irit, karena akan dapat diskon dari ritel atau supermarket.

Mungkin kedua opini tersebut ada benarnya, namun tidak semuanya bila dilakukan bisa lebih irit atau hemat.

Terkadang kita selalu bertanya, mana yang lebih menguntungkan, belanja bulanan atau harian?

Kebanyakan karyawan menerima gaji bulanan. Kalau memutuskan untuk belanja bulanan tentu wa­jar. Dengan cara ini kita tidak mu­dah tergoda untuk pergi ke tempat perbelanjaan untuk membeli ini-itu.

Namun, perlu diperhatikan juga barang-barang yang tidak mudah rusaklah yang bisa distok, seperti sabun mandi, pasta gigi, deterjen, dan pembersih lantai.

Nah, untuk barang-barang tersebut kita bisa membelinya dalam jumlah sesuai untuk memenuhi kebutuhan satu bulan ke depan.

1. Belanja Bulanan

toko online gratis ongkir

Keuntungan belanja secara bulanan, yaitu harganya jadi lebih murah karena kita membeli dalam partai besar. Kadang bisa mendapatkan bonus, misal belanja lebih 100 ribu akan mendapatkan diskon 10 persen.

Selain itu, Anda pun bisa langsung membelanjakannya ketika menerima gaji bulanan. Untuk pegawai kantoran dengan gaji bulanan, cara tersebut mungkin lebih cocok.

Tetapi di sini, Anda harus jeli dalam memilah barang atau bahan yang bisa dibeli sekaligus, ini terutama barang yang biasa dipakai dan tahan lama. Seperti sabun, odol, deterjen, pampers, susu, gula, yang bisa tahan sampai sebulan.

Namun untuk kategori buah-buahan, sayuran memang akan memiliki masa pakai yang singkat, sehingga tidak memungkinkan untuk disimpan.

2. Belanja Harian

Sebenarnya belanja setiap hari kurang efisien, karena akan membuat anggaran yang dibutuhkan menjadi lebih besar.

Ingat supermarket biasanya memberikan potongan atau diskon cukup lumayan bila membeli lebih besar atau banyak.

Jadi, membeli secara harian mungkin hanya bahan kebutuhan pokok yang tidak tahan lama, juga yang bisa merusak diet bila ditumpuk di dalam kulkas.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk menghindari asal gesek atau menggunakan kartu kredit yang tidak perlu. Sering ada ritel yang memberi diskon bila membeli pakai kartu kredit.

Saking mudahnya gesek sehingga tidak terkontrol pengaturan besarnya anggaran. Di sini penting untuk stick di satu perencanaan keuangan yang ketat, agar bisa menabung dan belanja secara efisien.

Tetapi di sisi lain, penggunaan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai saat belanja bulanan juga sangat menguntungkan.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan diantaranya seperti promo-promo dan diskon-diskon menarik yang sangat bermanfaat untuk setiap penggunanya.

toko online bayar ditempat

Manfaat Belanja dengan Kartu Kredit

Perlu diketahui, dengan adanya promo dan diskon dari kartu kredit, tentunya akan membuat anggaran belanja menjadi lebih hemat karena biasanya kartu kredit bekerja sama dengan supermarket tertentu dan menawarkan sejumlah promo dan diskon menarik.

Lalu apa saja manfaat belanja dengan menggunakan kartu kredit? Berikut ulasannya.

1. Lebih Mudah dan Praktis

Seperti yang sudah kita ketahui, kartu kredit memang dibuat sebagai pengganti uang tunai saat bertransaksi misalnya saat berbelanja.

Setelah Anda selesai berbelanja, Anda tinggal mengeluarkan kartu kredit untuk kemudian digesek oleh kasir toko atau supermarket tersebut.

Belanja bulanan Anda pun selesai dengan mudah dan praktis. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu repot-repot membawa uang tunai yang sangat merepotkan dan berisiko kehilangan.

2. Banyak Promo dan Diskon Menarik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keuntungan utama dari belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit adalah bisa mendapatkan promo dan diskon menarik dari kartu kredit.

Anda akan mendapatkan harga miring yang lebih murah dari harga yang biasanya.

Beberapa kartu kredit memang sering bekerjasama dengan supermarket-supermarket tertentu untuk menawarkan harga menarik bagi para pengguna kartu kredit.

Tentu tujuannya agar para pengguna kartu kredit bisa dimanjakan dengan belanja yang sangat hemat dan menguntungkan.

Kartu Kredit untuk Belanja

promo kartu kredit

Sebagai contoh, Bank Standard Chartered, sebagai salah satu bank penerbit kartu kredit, telah bekerjasama dengan supermarket-supermarket seperti Grand Lucky dan Superindo, untuk memberikanvoucher-voucher belanja untuk setiap pengguna kartu kreditnya.

Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti voucher Rp 100.000 untuk transaksi minimum Rp 500.000. Promo berlaku untuk semua jenis kartu kredit Standard Chartered kecuali Classic, hingga 31 Desember 2016.

Dapatkan juga Gratis 1 liter Minyak Tropical dan 1 kg Gulaku untuk setiap pembelanjaan di gerai supermarket Superindo. Promo menarik ini berlaku untuk semua jenis kartu kredit Standard Chartered dan berlaku di semua gerai Superindo, hingga 14 April 2017.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika Anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit.

Mau belanja bulanan lebih hemat kan? Ayo ajukan kartu kredit melalui KreditGoGo dan raih kesempatan untuk mendapatkan hadiah-hadiah dan voucher-voucher belanja menarik lainnya jika pengajuan Anda disetujui.

Selamat berbelanja!

Baca Juga: Mengatur Belanja Bulanan Pasangan Muda dengan Standard Chartered
3 Manfaat Belanja Bulanan dengan Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama