Lima Aturan Memakai Kartu Kredit Sebelum Wisata ke Luar Negeri

Aturan-aturan ini akan membantu agar transaksi pembayaran dengan kartu kredit Anda tidak ditolak saat liburan.

Musim liburan akhirnya tiba! Baik liburan Natal atau liburan tahun baru, wisata akhir tahun memberikan kesan yang lebih spesial. Bagi Anda yang sudah merencanakan liburan, ke mana tujuan wisata kali ini? Apakah Anda akan wisata di dalam atau luar negeri?

Jika Anda akan wisata ke luar negeri, tentu harus membuat persiapan yang lebih matang misalnya, membeli asuransi perjalanan, membawa travel cheque dan membawa perlengkapan perjalanan yang cukup. Akan lebih baik lagi jika Anda membawa kartu kredit saat wisata ke luar negeri karena bisa Anda pakai saat keadaan darurat.

Namun, apakah Anda tahu kalau kartu kredit yang Anda miliki tidak bisa dipakai begitu saja saat Anda menjejakkan kaki di negara lain? Berikut adalah beberapa aturan memakai kartu kredit yang harus Anda ketahui sebelum wisata ke luar negeri:

Informasikan Rencana Wisata Anda Kepada Bank Penerbit Kartu Kredit

Apabila Anda tiba-tiba menggesek kartu kredit saat wisata negara lain, kemungkinan besar transaksi pembayaran Anda akan ditolak karena bank melihat transaksi pembayaran yang mencurigakan. Sebelum Anda wisata, informasikanlah rencana wisata Anda seperti destinasi dan tanggal wisata kepada bank penerbit kartu kredit agar dapat menggunakan kartu tersebut.

Baca juga: Mau Punya Kartu Kredit Tapi Takut Boros? Begini Cara Mengatasinya!

Naikkan Limit Kartu Kredit

Sebelum wisata, periksa dulu kurs mata uang destinasi tujuan dan limit kartu kredit Anda. Kurs Rupiah jika dibandingkan dengan sebagian negara seperti Amerika, Inggris dan negara-negara di benua Eropa sangatlah rendah. Limit kartu kredit yang Anda anggap tinggi di Indonesia bisa saja sangat rendah untuk dipakai di negara-negara tersebut. Akibatnya, transaksi pembayaran Anda ditolak! Karena itu, naikkan dulu limit kartu kredit sebelum wisata agar kegiatan liburan berjalan lancar. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa kartu kredit.

Pilih Kartu Kredit dengan Penawaran Terbaik untuk Wisata

Setiap bank memiliki penawaran kartu kredit yang berbeda, mulai dari akses gratis airport lounge, air miles, cashback hingga menawarkan nilai tukar kurs yang rendah. Gunakanlah kartu kredit yang memberikan penawaran terbaik untuk Anda agar lebih hemat, terutama jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit. Misalnya, Anda membeli tiket pesawat dengan kartu kredit dari bank A untuk mendapat akses airport lounge namun saat wisata membawa kartu kredit dari bank B karena memberikan cashback saat belanja di luar negeri.

Baca juga: Bawa Kartu Kredit Saat Liburan, Ingat Sembilan Hal Ini!

Ketahui Biaya Tambahan Kartu Kredit

Liburan dengan kartu kredit menimbulkan rasa bahagia dan cemas. Bahagia karena tinggal menggesek kartu kredit saat bayar, namun cemas jika tagihan kartu kredit membengkak. Perlu Anda ketahui, pemakaian kartu kredit saat wisata di luar negeri akan dikenakan biaya tambahan seperti biaya kurs dan administrasi. Besarnya biaya tambahan kartu kredit beragam, mulai dari 1-3% dari total belanjaan. Selain itu, jika Anda menggunakan ATM dan menarik uang tunai dengan kartu kredit, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan. Jika Anda ragu, tanyakan saja besarnya biaya tambahan kepada bank penerbit kartu kredit.

Catat Nomor Kartu Kredit dan Call Center Bank Penerbit

Sebelum berwisata, catatlah nomor kartu kredit dan call center bank penerbit kartu tersebut untuk keadaan darurat. Simpan catatan Anda di tempat yang terpisah dari dompet, dengan begini, jika sewaktu-waktu kartu kredit Anda hilang atau ada yang mencuri identitas kartu kredit Anda, bisa segera dilaporkan kepada bank penerbit.

Bagaimana, mudah sekali, kan? Selamat berwisata!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama