Liburan Hemat dengan Cashback dan Point Reward

Cashback dan Point Rewards menjadi alasan transaksi kartu kredit sangat menyenangkan, terutama saat sedang travelling. Tetapi, mana yang paling menguntungkan untuk Anda?

Punya kartu kredit memang bikin hidup kian mudah. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dari alat transaksi elektronik ini dalam menunjang kebutuhan primer dan sekunder (lifestyle).

Mulai dari berbelanja, bayar tagihan air dan listrik, beli gadget, sampai traveling, semua jadi lebih praktis dengan kartu kredit. Selain kemudahan transaksi, Anda juga mendapat keuntungan lewat cicilan 0%, potongan harga, dan berbagai bonus lainnya seperti cashback serta point rewards.

Kedua bonus tersebut, banyak dijadikan pertimbangan bagi pengguna dalam memilih kartu.Apa perbedaan keduanya?

Seluk Beluk Cashback

Cashback dapat diartikan sebagai pengembalian uang tunai dari suatu transaksi kartu kredit. Singkatnya, dengan cashback, Anda berbelanja malah dapat uang lagi. Setiap kali bertransaksi menggunakan kartu kredit dengan fitur cashback, Anda bakal mendapatkan bonus pengembalian uang dengan kisaran 0,2% hingga 25%.

Misalnya, Anda berbelanja di supermarket sebanyak Rp1 juta dengan kartu kredit Bukopin Visa Gold yang memberikan cashback 10%, setiap transaksi  akhir pekan. Sebagai pengguna kartu, Anda bakal mendapat pengembalian sebesar Rp100 ribu. 

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Cashback, Bisa Mengurangi Tagihan Kartu Kredit

Meski begitu, penawaran cashback tetap terkait dengan syarat dan ketentuan dari kartu kredit yang bersangkutan. Bentuk pengembalian bonusnya bisa berupa potongan harga langsung ataupun penambahan limit yang akan dikembalikan ke dalam saldo pada kartu kredit pada bulan selanjutnya.

Selain transaksi langsung, cashback juga bisa diberikan lewat akumulasi transaksi dalam jangka waktu tertentu. Contoh, belanja 5 kali dalam sebulan di merchant terpilih dalam sebulan, dapat bonus cashback Rp100 ribu per transaksi.

Koleksi Point Rewards

Bagaimana dengan Point Rewards?

Perbedaan antara point rewards dengan cashback hanyalah bentuk pengembalian benefitnya saja. Jika cashback memberikan pengembalian jumlah kredit, point rewards diberikan dalam bentuk poin.

Misalnya, setiap pembelanjaan Rp20 ribu di supermarket mendapatkan 1 poin. Jika total transaksi Anda mencapai Rp200 ribu, maka Anda akan memperoleh 10 poin.

Poin tersebut diberikan sebagai privilege pengguna kartu, setiap kali bertransaksi menggunakan kartu kredit. Jumlah poinnya yang Anda dapatkan berbeda, sesuai syarat dan ketentuan lembaga penerbit kartunya.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Point Rewards

Setiap bank penerbit kartu kredit punya aturan sendiri-sendiri soal pengumpulan dan penukaran (redemption) poin rewards. Bahkan, Citibank menerbitkan kartu kredit khusus bagi nasabah yang gemar mengoleksi poin.

Dengan kartu Citi Rewards Card, Anda bisa lebih cepat mengumpulkan point reward. Setiap berbelanja, bersantap, serta bertransaksi di luar negeri sepanjang tahun, Anda bakal mendapatkan hingga 3x Citi Rewards Points. Dari hasil mengumpulkan poin tersebut, nantinya bisa Anda tukar untuk potongan 15% di merchant yang ikut program promo.

Manfaat point rewards ini praktis menghemat anggaran belanja Anda. Yang lebih menguntungkan, Citi Rewards Points yang Anda peroleh tidak memiliki masa kedaluwarsa.

Benefit Terbaik Untuk Para Traveller

Anda punya obsesi terpendam mengunjungi Paris, Finlandia, Nepal, Antartika, Gurun Sahara? Kini bukan suatu mimpi. Semua bisa Anda wujudkan dengan mudah dengan memanfaatkan cashback dan point reward dari kartu kredit!

Bagi penggemar traveling, banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan kartu kredit. Mulai dari keringanan dalam pembelian tiket maskapai penerbangan hingga kemudahan bertransaksi di luar negeri.

Contoh, Anda bisa menukarkan point rewards untuk mendapatkan air miles. Air miles atau juga disebut mileage, prinsipnya mirip dengan poin yang diperoleh ketika belanja.

Jumlah air miles yang Anda kumpulkan memungkinkan Anda mendapat diskon tiket pesawat maupun upgrade kelas.

Selain untuk air miles, hasil mengumpulkan point rewards juga bisa Anda tukar dengan fasilitas akses airport lounge, diskon hotel hingga 50%, dan lainnya.

Baca juga: Waspada Masalah Keuangan yang Tidak Disadari

Usaha Anda dalam mengumpulkan point rewards tersebut bisa terbantu lebih cepat dengan menggunakan Kartu Kredit HSBC Visa Signature. Kartu kredit ini memberikan Anda hingga 4x poin untuk setiap transaksi belanja, bersantap, dan transaksi di luar negeri.

Dengan kartu ini, semakin banyak poin yang terkumpul, Anda juga bisa mendapatkan gratis tiket pesawat pulang-pergi ke Singapore.

Biaya pelesiran Anda pun semakin hemat, jika mengombinasikan pemakaian HSBC Visa Platinum Cash Back yang memberikan cashback hingga 3% untuk segala jenis transaksi. Tidak khawatir kehabisan dana saat sedang jalan-jalan di luar negeri, limit kartu kredit Anda tak akan berkurang.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan langkah cerdas Anda dalam transaksi kebutuhan sehari-hari, untuk menghemat anggaran traveling Anda.

Semakin sering bertransaksi dengan kartu kredit, semakin banyak cashback dan point rewads yang dikumpulkan. Tetapi, harus tetap ingat, gunakan kartu kredit Anda secara bijak agar tidak malah terjebak dalam tagihan yang menumpuk.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama