Lancarkan Bisnis dengan Kartu kredit Perusahaan

Kartu kredit tidak cuma berlaku untuk nasabah perorangan saja, perusahaan juga bisa menggunakannya. Apa saja keunggulan produk ini? Berikut ulasannya.

kartu kredit

kartu kredit perusahaan

corporate

corporate credit card

bisnis

karyawan

pegawai

limit

pengganti transaksi uang tunai

Kartu kredit hanya dimiliki oleh perseorangan saja? Tidak juga tuh. Sebab, pada kenyataannya, sekarang sudah banyak beredar produk sejenis yang menyasar pasar perusahaan. Secara fitur, sebenarnya kartu ini tidak terlalu berbeda dengan kartu kredit regular, namun dia hanya ditujukan secara khusus untuk nasabah korporasi.

Jika Anda seorang pemilik sebuah bisnis atau menjadi direktur sebuah perusahaan, kartu kredit korporasi ini mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Mengingat produk ini akan membawa banyak manfaat bagi perusahaan. Dengan memilikinya juga, catatan pengeluaran keuangan perusahaan akan menjadi tercatat lengkap.

Tidak cuma berguna untuk perusahaan, bagi karyawan, mereka menjadi tidak perlu repot lagi mengajukan dana untuk belanja kebutuhan kantornya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Namanya juga kartu kredit khusus perusahaan. Jadi dia hanya ditujukan untuk kegiatan komersial atau bisnis. Makanya, meski sama-sama untuk tujuan konsumsi, tapi secara penggunaan jelas sudah berbeda dari produk kartu kredit lain.

Secara spesifik, kartu kredit corporate memiliki fungsi dasar yang sama dengan kartu kredit konvensional lainnya, yaitu digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi, tapi tanpa uang tunai. Secara fitur, produk ini juga sudah memiliki program reward serta banyak layanan lain yang sama dengan produk sejenisnya.

Namun, yang membuatnya berbeda adalah kartu kredit korporasi digunakan oleh nasabah perusahaan dan diatasnamakan kepada karyawan terpilih. Sementara kartu kredit konvensional diberikan untuk nasabah perorangan atau atas nama pemilik kartu itu sendiri. Dengan cara ini, pegawai yang menerima kartu akan dapat melakukan pembayaran menggunakan rekening kartu kredit perusahaan tanpa perlu proses yang ribet.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Korporasi

1. Optimalkan Keuangan Perusahaan

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan kartu kredit korporasi adalah bisa membuat proses keuangan sebuah bisnis menjadi lebih maksimal. Produk ini juga dapat membantu perusahaan untuk menghemat waktu proses klaim dan penggantian dana dengan memberikan kartu ini kepada karyawan khusus, seperti manajer senior, direktur, atau karyawan lain dengan kriteria tertentu yang pekerjaannya membutuhkan mobilitas yang tinggi.

2. Pengendalian Pengeluaran

Keunggulan lainnya yang bisa dirasakan adalah pengeluaran perusahaan akan dapat dengan mudah dikendalikan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengatur kredit dan batas pembelanjaan (limit) yang berbeda untuk setiap karyawan yang memegang kartu kredit sesuai posisi dan departemennya masing-masing. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan ada penyelewengan penggunaan dana perusahaan ketika memakai produk ini.

3. Program Khusus Perusahaan

Keuntungan lain dari penggunaan kartu kredit korporasi adalah adanya program reward khusus. Keuntungan yang sering didapatkan diantaranya perusahaan akan mendapat keistimewaan tertentu, seperti potongan tunai atau diskon. Hal ini sendiri tentunya akan membantu pihak perusahaan untuk menghemat biaya tambahan.

Tidak cuma itu, beberapa produk kartu kredit corporate bahkan memberikan jaminan asuransi perjalanan gratis saat membeli tiket dengan produk tersebut. Tentunya, hal ini membuat pendaftaran asuransi perjalanan tambahan menjadi tidak diperlukan lagi, jika karyawan pemegang kartu harus melakukan tugas ke luar negeri.

4. Memudahkan Transaksi di Luar Negeri

Seperti produk sejenis lainnya, kartu kredit korporasi sangat berguna sebagai pengganti transaksi uang tunai. Tentunya hal ini akan sangat membantu ketika sedang berada di luar negeri. Tidak cuma itu, alat pembayaran ini bisa menjadi produk yang baik untuk mengintegrasikan pembelian korporasi ke dalam kelangsungan kredit perusahaan. Khususnya di saat perusahaan sedang memasuki masa kesulitas keuangan dan saat persediaan uang tunai menipis.

Bagaimana Bila Perusahaan Tidak Menggunakannya?

Coba bayangkan kondisi ini. Sesudah melakukan perjalanan bisnis, biasanya karyawan yang dikirim akan melakukan proses klaim untuk mengganti pengeluarannya selama berada di sana. Biasanya proses yang mesti dilalui adalah menyimpan nota pembelian, lalu mengajukan penggantian melalui formulir yang harus disetujui oleh, dan terakhir menunggu uang cair. Terdengar ribet bukan?

Dari pihak karyawan, mungkin ia mesti bersabar untuk menunggu uang tersebut masuk ke rekeningnya. Sementara bagi perusahaan, mereka mungkin akan mengalami kesulitan jika suatu saat mengalami masalah keuangan.

Bila sebuah bisnis menggunakan kartu kredit korporasi, hal seperti ini mungkin saja tidak akan terjadi. Karyawan dapat dengan leluasa menggunakan kartu untuk membiayai pengeluaran sesuai dengan kebutuhannya. Sementara perusahaan bisa memiliki dana talangan untuk mendanai kebutuhan pegawai ketika melakukan perjalanan bisnis. Jadi, cara ini tentu lebih praktis dan akan menguntungkan semua pihak.

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Ini?

Sekarang sudah ada banyak bank yang menawarkan kartu kredit korporasi. Dengan penawaran benefit yang berbeda-beda, mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan sebanyak mungkin nasabah.

Anda bisa datang langsung ke bank untuk bertanya pada customer service atau pihak marketing di sana untuk mengetahui keunggulan dari produk tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengecek dan membandingkan kartu kredit di situs-situs money supermarket seperti KreditGoGo.com bila ogah berkeliling bank. Selain mudah, informasi yang diberikan juga sangat lengkap lho!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama