Kenapa Aplikasi Kartu Kredit Saya Ditolak?

Selalu gagal saat mengajukan permohonan kartu kredit? Mungkin penyebab bank menolak aplikasi Anda adalah salah satu dari enam hal berikut ini. Coba di cek!

Banyak orang merasa kecewa, bahkan putus asa, saat  aplikasi kartu kredit ditolak oleh bank. Padahal jangan terlalu terbawa perasaan!

Ada ratusan bahkan ribuan aplikasi ditolak oleh bank setiap hari dengan berbagai alasan. Mulai dari salah mengisi formulir hingga catatan kredit yang buruk.

Nah, sebelum mengajukan kartu kredit, ketahui dulu 6 alasan yang dapat membuat bank menolak permohonan aplikasi Anda.

macam-macam kartu kredit

1) Kesalahan Saat Mengisi Formulir Aplikasi

Eits, jangan tertawa! Manusia tidak akan luput dari kesalahan, jadi hal ini bukanlah tidak mungkin terjadi.

Saat mengajukan kartu kredit, Anda diwajibkan mengisi formulir yang berisi data pribadi. Formulir ini harus diisi secara lengkap dan benar. Jika tidak, Bank tentu tak bisa memproses aplikasi tersebut.

Untuk menghindari kesalahan ini, periksa ulang formulir yang telah dilengkapi sebelum menyerahkannya kembali ke bank.

2) Pendapatan di Bawah Penghasilan Minimum

syarat gaji ajukan kartu kredit

Pada dasarnya, kartu kredit merupakan alat untuk menalangi pembayaran saat melakukan pembelian. Nanti saat akhir bulan, uang tersebut harus dibayarkan lagi ke bank (tentu saja dengan tambahan bunga).

Karena itulah, bank menetapkan standar penghasilan minimal yang harus dimiliki seseorang. Bank harus yakin kalau Anda dapat mengembalikan uang yang telah dipinjamkan.

Pada umumnya, penghasilan minimum seseorang untuk bisa mengajukan kartu kredit dan lolos kualifikasi adalah minimal Rp36 juta per tahunnya atau Rp3 juta per bulan. Jika masih kurang dari angka tersebut, maka ada kemungkinan besar aplikasi Anda tidak akan disetujui.

3) Pengajuan Pertama

Meski tak memiliki sejarah kredit yang buruk, tapi jika tak pernah memiliki kredit sama sekali juga dapat menggagalkan permohonan aplikasi Anda.

Tak adanya bukti bahwa Anda dapat mengelola utang dengan baik menjadi alasan utama yang diberikan bank saat menolak. Saran kami, jika ini adalah pengajuan pertama Anda, maka cobalah kartu kredit yang non-premium.

4) Catatan Kredit Buruk

SID Checking BI

Pernah lupa membayar tagihan? Atau punya tunggakan utang di bank? Hati-hati, ini bisa jadi salah satu alasan aplikasi Anda ditolak.

Setiap kali seseorang mengajukan permohonan kartu kredit, Bank akan memeriksa sejarah kreditnya terlebih dahulu. Rekam jejak kredit atau lebih dikenal dengan IDI historis bisa diperoleh dari Bank Indonesia.

Jadi, sebelum mengajukan kartu kredit, ada baiknya Anda melakukan BI checking terlebih dahulu.

5) Sering Berpindah-Pindah Pekerjaan

Ketika Bank mengetahui bahwa Anda tidak pernah bertahan lama pada satu pekerjaan, maka proses pengajuan kartu kredit akan lebih sulit lagi. Status pekerjaan digunakan sebagai tolak ukur kemampuan nasabah dalam membayar utang.

Nasabah yang sering berpindah pekerjaan masuk dalam kategori sebagai seseorang yang tidak loyal dan tidak cukup kredibel untuk diberi utang. Setidaknya seseorang sudah harus bekerja selama 6 bulan untuk bisa mengajukan aplikasi.

6) Sudah Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Tagihan kartu kredit

Dengan berbagai tawaran promosi dan diskon, memiliki banyak kartu dari berbagai bank sepertinya menjadi hal yang menguntungkan. Tak ada salahnya juga kan?

Sayangnya, memiliki kartu kredit dari berbagai bank bukanlah ide yang bagus. Ingat, mesti tak digunakan, iuran tahunan tetap harus dibayar. Jika dibiarkan, maka tentu akan merusak catatan kredit Anda (seperti yang dijelaskan di no 5).

Berdasarkan peraturan Bank Indonesia, seorang nasabah hanya bisa memiliki kartu kredit maksimal dari 2 bank penerbit dengan plafon maksimal 3x pendapatan bulanan.

Punya pengalaman ditolak saat mengajukan kartu kredit? Ceritakan di kolom komentar ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • jon rohadi

    saya setiap kali mengajukan ga ada kejelasan

    Reply
    • Riko

      Kalau freelancer pendapatan per tahun 200jt, tapi bulan februari kemarin kan hanya sampai tanggal 28, invoice telat jadi pemasukan bulan itu hanya 2jt, kira2 diterima tidak ya? Kalau ditotal per tahun sih lumayan pendapatanku.

      Reply