Kartu Kredit Virtual Cara Baru Transaksi Digital

Cara baru transaksi di era digital menggunakan kartu kredit virtual. Tak perlu fisik kartu Anda bisa langsung menikmati manfaat yang hampir sama, ketahui cara kerja dan keuntungannya!

Ketika belanja online harus menggunakan kartu kredit namun Anda tidak punya, kehadiran kartu kredit virtual jadi solusinya. Seiring waktu transaksi masyarakat memang mulai bergeser, peran uang tunai mulai tergantikan oleh pembayaran kartu kredit ataupun debit.

Dan seiring teknologi yang berkembang tren transaksi di dunia juga mulai mengalami perubahan dengan mulai diperkenalkannya kartu kredit virtual. Pemegang kartu kredit virtual tinggal menyebutkan kode digit saat akan melakukan pembayaran ke merchant atau supplier.

kartu kredit virtual

Kartu Kredit Virtual di Indonesia

Di Indonesia, kartu kredit virtual bisa didapat lewat agen-agen yang menjual jasanya lewat situs-situs tertentu dan melalui forum Internet. Bank yang secara terang mempunyai layanan kartu kredit virtual buat nasabahnya baru CIMB Niaga.

Namun kartu kredit virtual CIMB Niaga hanya bisa dipakai di Facebook. Selain itu Anda harus memiliki rekening bank, karena nantinya pembayaran akan diambil dari saldo tabungan tersebut. 

Enaknya dari kartu kredit virtual ini tidak ada biaya seperti bunga dan denda overlimit.

Selain CIMB Niaga, bank lain juga memiliki layanan semacam kartu kredit virtual hanya berbeda namanya saja. Biasanya layanan ini diberi nama virtual account atau debit online, cara kerjanya amat mirip dengan kartu kredit virtual.

BCA, misalnya, punya KlikPay. Lalu BNI dan Mandiri punya layanan debit online. Berbeda dengan VCC yang dijual agen, layanan ini bisa dimanfaatkan hanya jika kita punya rekening atau kartu kredit fisik di bank tersebut.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Virtual

transaksi kartu kredit virtual

Secara umum, kartu kredit konvensional dan kartu kredit virtual punya kesamaan. Di antaranya memiliki identitas 16 digit nomor kartu dengan 3 digit terakhir sebagai card verification value dan ada tanggal kedaluwarsa

Namun bedanya adalah tidak ada bentuk fisik kartunya dan tidak ada tagihan yang datang ke rumah layaknya kartu kredit biasa. Sebab kartu kredit virtual ini bisa digunakan hanya kalau ada isinya. 

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Untuk menggunakan kartu kredit virtual ini, Anda harus beli dulu ke agennya. Ada yang masa berlakunya 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun. Semakin lama masa berlakunya, semakin mahal. 

Setiap kartu berisi saldo dengan nominal tertentu. Saldo ini bisa diisi ulang dengan menghubungi agen.

Setelah membayar VCC itu, kita akan mendapat 16 digit nomor. Anda bisa menggunakannya layaknya kartu kredit biasa. Dengan memasukkan 3 nomor CVV, transaksi online selesai. 

Jadi, kurang-lebih cara kerjanya sama dengan pulsa handphone.

Kartu Kredit Virtual untuk Korporasi

kartu kredit citibank virtual

Citi Indonesia meluncurkan kartu kredit berbasis virtual bernama Citi Virtual Card Accounts (VCA). Head of Citi Treasury and Trade Solutions Indonesia Vincent Sugianto mengatakan, Indonesia menjadi negara ke-45 di dunia dan ke-10 di Asia yang memiliki fitur kartu kredit virtual.

Di kancah global produk ini telah sukses melayani nasabah korporasi di berbagai negara. VCA ini mengedepankan fleksibilitas, kemudahan bertransaksi, keamanan yang mumpuni, serta kecepatan dan ketepatan rekonsiliasi dan pelaporan.

Melalui Citi VCA, pengguna dapat membuat 16 digit nomor akun unik mereka tanpa kartu fisik. Perusahaan pun dapat mengontrol setiap transaksi sesuai kebutuhan, sehingga terhindar dari risiko penyalahgunaan dan penipuan.

Selain itu, bunga yang ditawarkan pun berbeda dengan bunga kartu kredit ritel pada umumnya. Tidak hanya kartu kredit virtual Citibank juga memiliki kartu kredit yang memberikan pelayanan khusus untuk pera pebisnis dalam menunjang semua kebutuhan bisnisnya.

Citibank Premier Miles Visa Signature

Kartu kredit ini memberikan manfaat khusus untuk pebisnis yang sering berpergian. Keleluasaan tanpa batas, bahkan terbang gratis bagi Anda ketika melakukan perjalanan di udara. Perjalanan bisnis Anda akan semakin eksklusif dengan akses ke 700 airport lounge di seluruh dunia.

Untuk pembelanjaan Anda pun kartu kredit ini menawarkan banyak keuntungan dan reward menarik.Kartu kredit Citibank Premier Miles Visa Signature mendukung dalam urusan keperluan Anda selama berada di dalam negeri maupun luar negeri.

Dapatkan Manfaatnya Sekarang

Pebisnis muda perlu sebuah fasilitas yang memudahkan, Citibank Premier Miles Visa Signature sangat cocok untuk Anda. Dapatkan banyak manfaatnya dengan mengajukan langsung secara online melalui KreditGoGo.

Dapatkan bonus hadiah High Fashion Smart Watch TouchScreen yang menanti Anda.

Baca juga: 
Alasan Kartu Kredit Lebih Hemat Daripada Uang Tunai
Teliti Manfaat Kartu Kredit Agar Lebih Untung

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama