Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Kartu Kredit?

Jika tidak digunakan di waktu yang tepat, kartu kredit bisa menjadi bumerang bagi penggunanya. Lantas, kapan waktu yang tepat menggunakan kartu kredit?

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang praktis. Saat tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar, kartu kredit memudahkan orang dalam melakukan transaksi. Kartu kredit juga bisa digunakan hampir di semua tempat.

Meski kartu kredit menawarkan beragam keuntungan, penggunaaan uang tunai tetap tidak bisa dikesampingkan. Kartu kredit memang memiliki peran dalam mempermudah transaksi, tapi Anda perlu bijak dalam menggunakannya.

Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kartu kredit. Selain agar terhindar dari jeratan utang akibat menggunakan ‘kartu hutang’ secara berlebihan, Anda juga tidak akan mengabaikan pemakaian uang tunai sebagai alat transaksi.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk menggunakan kartu kredit?

Gunakan Sebagai Pembayaran Darurat

Saat memiliki kartu kredit, hal pertama yang perlu tertanam dalam diri adalah gunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran darurat. Misalnya saat Anda atau anggota keluarga ingin pergi ke klinik kecantikan, dan saat itu Anda tidak mungkin mengambil uang dalam jumlah besar. 

Bahkan ada beberapa klinik yang memberlakukan promo cicilan 0% untuk bank tertentu.

Contoh lainnya adalah ketika harus memperbaiki kendaraan atau mengganti barang-barang elektronik dengan segera. Di saat-saat genting inilah Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan keperluan Anda.

Nah, ini keuntungan tersendiri bagi Anda pemegang kartu kredit Permata, karena penerbit ini menyediakan diskon, cashback di bengkel mobil tertentu.

Hindari membeli barang-barang yang tidak direncanakan dengan menggunakan kartu kredit. Jika uang tunai belum tersedia, maka tahanlah keinginan untuk berbelanja. Sebab, meski kartu kredit bisa jadi penyelamat di saat-saat genting, kartu ajaib ini bisa menjadi bumerang bila Anda menggunakannya secara tidak tepat.

Gunakan Fasilitas Cicilan

Saat Anda butuh suatu produk semisal perangkat elektronik atau gadget, carilah promo cicilan yang ditawarkan oleh kartu kredit. Biasanya, beberapa kartu kredit memberikan cicilan nol persen selama 3, 6, dan 12 bulan (bahkan ada yang sampai 24 bulan) untuk pembelanjaan barang-barang tersebut.

Misalnya, Anda berminat untuk membeli laptop seharga Rp 14.359.992, maka dengan cicilan menggunakan kartu kredit tanpa fasilitas cicilan nol persen, Anda harus membayar ekstra Rp 940 ribu untuk bunga selama 6 bulan (bunga 2 persen), dan ekstra Rp 1,4 juta untuk bunga cicilan selama 1 tahun (bunga 1,8 persen).

Sementara, dengan menggunakan kartu kredit yang sudah bekerja sama dengan toko tersebut dan memberikan cicilan nol persen, Anda tidak perlu dibebani untuk membayar ekstra, sehingga bisa hemat selisih bunga tersebut.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Salah satu daya tarik dari kartu kredit adalah adanya promo dan diskon menarik. Ya, pemegang kartu kredit difasilitasi keistimewaan untuk mendapatkan promosi dan diskon, dari berbagai spot dengan nilai promosi yang begitu menarik.

Di akhir tahun 2015, beberapa kartu kredit memberikan promosi menarik. Ini adalah satu cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan manfaat kartu kredit.

Namun, berhati-hatilah dalam menyikapi promo dan diskon kartu kredit. Jangan sampai hal tersebut menjadi alasan untuk menggunakan kartu kredit secara berlebihan.

Transaksi Belanja Online

Tren belanja yang sedang populer saat ini adalah belanja online. Menariknya, Anda bisa menggabungkan pemakaian kartu kredit dalam setiap transaksi belanja online yang dilakukan. Cara ini dianggap lebih cepat, mudah, dan praktis, jika dibandingkan dengan belanja konvensional.

Biasanya, ada beberapa kartu kredit yang bekerja sama dengan toko online untuk memberikan promo, diskon, bahkan cicilan nol persen.

Namun, sebelum melakukan transaksi belanja online dengan pembayaran kartu kredit, pastikan Anda memiliki toko online yang sudah tepercaya. Cara aman untuk mengetahui keaslian situs/toko online adalah dengan memasukkan nama situs/toko online ke Google. Biasanya, situs yang terawat dengan baik akan muncul di top pencarian Google.

Pembelian Tiket Pesawat dengan Kartu Kredit

Anda hobi traveling? Manfaatkanlah kartu kredit untuk pembelian tiket pesawat. Kini, banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan. Biasanya, ada diskon-diskon khusus atau bahkan tiket gratis saat penukaran poin.

Selain mendapatkan harga tiket murah, Anda juga bisa memperoleh berbagai keuntungan seperti tambahan miles jika bertransaksi menggunakan kartu kredit dengan nominal tertentu. Miles tersebut dapat ditukarkan menjadi tiket gratis ke seluruh dunia.

Anda juga akan mendapatkan reward lain seperti bebas akses airport lounge di berbagai bandara domestik maupun internasional, diskon harga hotel, akses prioritas untuk reservasi dan check in, serta kuota bagasi tambahan.

Baca juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Anda Gunakan Pada Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama