Jurus Tokcer Perencanaan Keuangan Pengusaha Muda

Sebagai seorang pengusaha muda, Anda harus melakukan perencanaan keuangan yang baik. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan untuk pengusaha muda? Simak ulasannya berikut ini.

Bagi kebanyakan anak muda, merencanakan keuangan adalah hal yang membosankan dan bisa dilakukan nanti saja.

Namun, bagi anak muda yang sudah menjadi wiraswasta atau pengusaha muda, Anda harus melakukan perencanaan keuangan yang tepat.

Lantas bagaimana cara mengatur keuangan untuk pengusaha muda yang baik? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Mengatur Pengeluaran Berdasarkan Penghasilan

Cara mengatur keuangan untuk pengusaha muda yang pertama adalah Anda harus menetapkan berapa besaran pengeluaran setiap bulannya.

Besaran pengeluaran tersebut bisa ditentukan atau diatur berdasarkan rata-rata penghasilan yang Anda dapatkan.

Misalnya, Anda menetapkan pengeluaran setiap bulan adalah sebesar Rp 2.000.000 dari jumlah penghasilan yang Anda dapatkan. Maka setiap bulan Anda harus berusaha hanya mengeluarkan uang pada range tersebut.

Usahakan selalu displin dengan budget yang telah ditetapkan agar kestabilan uang Anda dapat terjaga.

2. Catat Semua Pengeluaran

Jangan lupa, setelah mengatur budget pengeluaran per bulan, catat juga semua pengeluaran yang telah dilakukan.

Misalnya, buatlah sebuah document di Microsoft Excel yang berisi kolom-kolom pengeluaran sehari-sehari, per minggu, atau bahkan per bulan.

Mencatat pengeluaran ini akan berguna untuk mengetahui untuk kepentingan apa saja uang tersebut dihabiskan. Dari catatan tersebut, Anda pun bisa mengetahui dan mengevaluasi pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

3. Pisahkan Uang untuk Tabungan atau Investasi

Salah satu kesalahan keuangan yang dilakukan oleh pengusaha muda adalah mereka sering mencampur antara uang pribadi, tabungan, dan juga investasi.

Setiap kali melihat rekening, Anda pun merasa selalu memiliki banyak uang. Padahal, uang itu bukanlah uang real Anda.

Karena itu, lebih baik, pisahkan secara jelas uang Anda. Misalnya, dengan cara menyediakan tiga rekening berbeda untuk ketiga tujuan tersebut.

Rekening pertama adalah untuk uang pribadi atau biaya hidup sehari-hari, kedua untuk tabungan, serta yang ketiga untuk investasi.

4. Usahakan untuk Membayar Seluruh Tagihan

Sebelum menyisihkan uang untuk simpanan dan investasi, pastikan juga bahwa Anda telah membayar seluruh tagihan yang sudah menjadi kewajibanmu.

Perlu dicatat, pastikan juga bahwa tagihan tersebut sudah termasuk ke dalam budget biaya hidup per bulan Anda.

Jadi setelah menerima penghasilan bulanan, bayarlah seluruh kewajban tagihan yang Anda miliki. Baru setelah itu, manfaatkan sisanya baik untuk menabung ataupun bisnis dan investasi.

5. Siapkan Dana Darurat

Berbeda dengan karyawan yang bisa mengandalkan penghasilan bulanan, seorang wirausaha atau pengusaha muda bisa dibilang hidup tanpa kepastian finansial.

Jika bulan ini ada mendapat banyak pesanan maka di bulan selanjutnya, hal yang sama belum tentu terjadi. Karena itu, Anda harus mempersiapkan kemungkinan tersebut dengan menyediakan dana simpanan atau dana darurat.

Sisihkan misalnya 10% dari penghasilan Anda untuk dana darurat tersebut.

Tetapi ingat, dana darurat itu baru boleh Anda gunakan ketika Anda kekuranganpenghasilan bulanan atau sedang tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

6. Gunakan Layanan Prioritas

Kecerdasan dan kejelian mengatur uang adalah syarat utama agar pola keuangan Anda sebagai pengusaha muda tetap terjaga dengan baik.

Nah, untuk membantu Anda dalam memanajemen atau mengatur keuangan Anda menjadi lebih baik lagi, Citibank Indonesia meluncurkan sebuah layanan prioritas yaitu City Priority untuk para pengusaha muda.

Dengan layanan Citi Priority dari Citibank Indonesia tersebut, para pengusaha muda bisa memanfaatkan fasilitas berupa akses ke personal bankers dan tim ahli untuk membantu dalam perencanaan keuangan.

Produk ini memang hadir dengan tiga pilar utama, yaitu akses tim personal bankers, digital and global banking, dan appreciation and digital rewards.

Akses digital global banking akan memberikan kemudahan kepada nasabah untuk cek saldo, transfer, investasi serta pembayaran kartu kredit Citibank.

Selain itu, nasabah pun bisa mendapatkan fasilitas emergency cash atau dana darurat ketika melakukan perjalanan bisnis atau berlibur.

7. Gunakan Kartu Kredit yang Tepat

Selain itu, untuk semakin memudahkan kegiatan bisnis Anda, ajukan juga produk kartu kredit dari Citibank Indonesia melalui KreditGoGo.com. Dapatkan kejutan menarik sebuah High Fashion Smart Watch TouchScreen secara Gratis jika pengajuan Anda disetujui.

Beberapa jenis kartu kredit memang disiapkan khusus untuk para pengusaha muda untuk memudahkan segala kebutuhan dan penunjang gaya hidup.

Misalnya saja kartu kredit Citibank Premier Miles Visa Signature yang memberikan keleluasaan, bahkan terbang gratis bagi Anda yang akan melakukan perjalanan bisnis.

Atau kartu kredit Citibank Telkomsel Visa Platinum yang menawarkan Anda akses telepon tanpa batas.

Dengan menggunakan kartu kredit tersebut, Anda dapat menikmati tarif telepon flat ke 10 nomor favorit senilai Rp 650 dan tarif SMS Rp 100 kepada nomor favorit.

Terlebih ketika Anda berkomunikasi melalui ponsel ke seluruh penjuru Indonesia, Anda akan mendapatkan jaminan free roaming nasional.

Tentunya dengan fasilitas tersebut, akan melancarkan kegiatan bisnis Anda bukan?

Menggunakan kartu kredit kini menjadi lebih bermanfaat jika Anda memilih kartu kredit yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Ayo ajukan sekarang!

Baca Juga:
Citibank Indonesia, Luncurkan Citi Priority Khusus Pengusaha Muda
Jangan Ragu Mulai Berinvestasi di Usia Muda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama