Jurus Menghemat BBM untuk Sang Pengendara

Bagi sebagian orang, mengendarai mobil hanyalah aktivitas mobilitas. Namun, ada juga yang menjadikannya hobi. Nah, inilah jurus jitu agar berkendara hemat biaya.

PT Pertamina (Persero) tidak mengubah harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi pada awal September ini. Sedangkan PT Total Oil Indonesia menurunkan harga BBM jenis Performance 95. Namun, PT Shell ‎ Indonesia malah menaikkan harga.

Lantas operator Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mana yang menjual BBM paling murah?

Jika dibandingkan, Pertamina merupakan operator SPBU yang menjual BBM paling murah. Untuk BBM beroktan 92 atau bermerek Pertamax dibandrol Rp7.350 per liter. Sedangkan kompetitornya yaitu Total membandrol harga Rp 7.550 per liter untuk ‎Performance 92 dan Shell mematok harga paling mahal Rp 7.800 per liter untuk Shell Super.

pom bensin pertamina

Sedang untuk BBM beroktan 95, Pertamina menjual Pertamax Plus seharga Rp8.250, kemudian Total memasang harga Rp8.450 per liter untuk Performance 95 dan terakhir harga V-Power Shell Rp 8.950 per liter.

Begitu pula untuk Pertamina Dex, Pertamina menjual dengan harga Rp8.100 per liter, Total Rp8.200 per liter dan Shell Diesel merupakan yang termahal dengan harga Rp8.450 per liter.

Tips Menghemat BBM

Meski harga BBM tak pernah pasti, kadang naik kadang turun bukan berarti hal ini membatasi mobilitas. Sebagai pengendara mobil Anda masih bisa berhemat dengan kebijakan memilih bahan bakar dalam berkendara dan perawatan mobil.

Nah untuk menghemat bahan bakar alias BBM, Anda bisa melakukan beberapa tips ketika berkendara, yuk simak!

1. Hindari Akselerasi dan Pengereman Berlebihan

Ketika mengerem akan dibutuhkan tenaga mesin lagi untuk mengembalikan kecepatan semula. Ada baiknya Anda melaju secara konstan.

2. Menjaga Putaran Mesin. 

Rata-rata mesin bensin bekerja optimal di putaran 2.500-3.500 rpm – tempat torsi maksimal berada. Aturlah perpindahan gigi supaya putaran mesin berada di angka itu.

3. Periksa Tekanan Ban 

Jika tekanan ban berkurang tentunya dapat mengakibatkan hambatan serta beban mobil bertambah. Tenaga yang dibutuhkan juga semakin besar, otomatis ini akan menguras bahan bakar.

4. Menjaga Injakan Pedal Gas

Sebaiknya jika ingin kecepatan, injaklah gas dengan lembut dan progresif. Menginjak terlalu dalam akan membuat bahan bakar keluar dengan cepat.

Menghemat BBM dengan Kartu Kredit

Berdasarkan rata-rata, Anda bisa menghemat hingga Rp4,2 juta per tahun jika menggunakan beberapa kartu kredit untuk mengisi BBM. Kenaikan harga BBM tidak akan terlalu memberatkan konsumen yang menggunakan kartu kredit saat bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Program promo yang diberikan oleh kartu kredit dalam pembelian BBM menjadi salah satu alasan masyarakat harus memiliki kartu kredit. Apa yang pengguna kartu kredit cari adalah sebagian besar manfaat yang menguntungkan untuk mereka.

Kartu kredit yang menawarkan promosi, diskon, dan cashback untuk ritel, tentu sangat menarik untuk umum. Pemilihan kartu kredit yang tepat akan membantu Anda dalam menabung dengan cara yang tidak terpikirkan.

pom bensin pasti pas

Kartu Kredit dengan Program SPBU Terbaik

Beberapa kartu kredit memiliki program terbaik untuk pengisian bahan bakar. Berikut ini adalah beberapa pilihan kartu kredit dengan keuntungan khusuh untuk para pengendara.

1. Hemat 100% Tiap Transaksi

Kartu kredit HSBC memberikan penawaran kenikmatan hemat dengan cashback hingga 100% bagi Anda yang bertransaksi di pom bensin terpilih dengan menggunakan kartu kredit HSBC.Anda bisa menikmati

Program Free Upgrade to Shell V-Power berlaku hanya untuk Pemegang Kartu yang melakukan transaksi pembelian bahan bakar Shell V-Power di SPBU Shell dengan minimum transaksi Rp200 ribu.

2. Cashback Hingga 4.9%

Kartu Kredit Citi Cashback Platinum adalah kartu yang dirancang khusus untuk memberikan keuntungan berupa cashback bagi Anda yang kerap melakukan transaksi sehari-hari, termasuk pembelian bahan bakar kendaraan.

Hal paling utama yang diperoleh dari produk unggulan bank tersebut ialah adanya bonus cashback sebesar 4.9% ketika Anda melakukan transaksi SPBU, Restoran dan Supermarket. Tambahan bonus cashback untuk setiap kategori maksimal Rp100 ribu dan dapat digunakan untuk pemotongan tagihan bulanan.

Cashback pom bensin

3. Nikmati Cashback 5%

Dengan menggunakan Kartu Kredit Danamon Visa Platinum, Anda bisa mendapatkan Cashback 5% untuk transaksi pembelian bahan bakar dan Bill Payment. Caranya, dengan hanya perlu melakukan 5x transaksi ritel dalam 1 bulan dengan nominal per transaksi sebesar Rp 100.000.

Kartu kredit Danamon Visa Platinum adalah pilihan tepat untuk menemani gaya hidup modern Anda. Layanan ini menjanjikan berbagai fasilitas eksklusif dan penawaran terbaik sepanjang tahun.

Maksimalkan selalu kebutuhan dalam berkendara dan maksimalkan kartu kredit dengan program promo terbaik. Ajukan ketiga kartu kredit diatas melalui KreditGoGo dan bonus menarik menanti Anda ketika kartu sudah di tangan!

Baca juga:
Modifikasi Modal Irit Bikin Calya Lebih Berkelas
Kian Untung Bisnis Otomotif dengan Kartu Kredit HSBC Visa Gold

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama