Ingin Beli Cincin Tunangan? Pertimbangkan Dulu Beberapa Hal Ini

Ciee mau tunangan nih yee. Eh, tapi sudah beli cincinnya belum? Katanya harganya mahal sekali lho, mampu menyaingi harga motor matic seken. Lantas, bagaimana cara mensiasatinya ya?

Berapa umur Anda sekarang? 25, 30? Apakah sudah siap menikah dengan pujaan hati? Sebelum ke fase tersebut, lazimnya dilaksanakan terlebih dahulu yang namanya pertunangan. Kemudian di otak Anda muncul pertanyaan baru,"Berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk sebuah cincin pertunangan?"

Anda pasti telah mendengar ungkapan lama yaitu “yang Anda butuhkan untuk sebuah cincin pertunangan adalah sama dengan menghabiskan gaji dua bulan”. Mari kita asumsikan penghasilan Anda dalam 30 hari adalah 4 juta, maka cincin tersebut seharga 8 juta. Bahkan ada seseorang yang mengatakan itu sebanding dengan gaji tiga bulan.

Berapa sih dana untuk membeli cincin tunangan?

Berapa banyak Anda harus menghabiskan pada cincin pertunangan adalah sepenuhnya terserah Anda dan tunangan Anda. Tapi bijaksanakah apabila menghamburkan banyak dana hanya untuk sepasang cincin emas?

Menurut pendapat saya, cincin pertunangan Anda harus bermakna lebih dari mahal. 

Pertimbangkan ini: Manakah dari skenario berikut ini paling bermakna? 

1. Anda menggunakan cincin warisan, kaya dengan sejarah keluarga, yang tidak dikenakan biaya sepeser pun.
2. Anda mengorbankan menyisihkan uang tunai setiap minggu selama setahun untuk membeli cincin.
3. Anda memilih untuk tidak memakai berlian sama sekali dan mencari cincin yang lebih murah..
4. Anda menggunakan tiga kartu kredit untuk segera membeli berlian terbesar yang bisa Anda tetapkan. 

Cincin tunangan adalah bagian dari tradisi

Ya, cincin pertunangan adalah simbol cinta dan komitmen. Mengorbankan uang Anda untuk membeli cincin adalah bagian dari tradisi. Wanita mana sih yang tidak iri dengan Cincin milik the Duchess of Cambridge, Kate Middleton. 

Cincin yang dikenakan oleh Kate adalah warisan dari mendiang Putri Diana. Cincin ini bertabur 14 berlian solitaire dan batu safir biru Ceylon 12 karat berbentuk oval disematkan di atasnya. Dibeli pada tahun 1981 dengan harga £ 28,000 atau sekitar Rp. 444 juta, kini harganya melonjak naik 971% menjadi £ 300,000.

Lantas bagaimana dengan menenggelamkan diri Anda untuk berutang demi membeli cincin? Kemudian Anda teringat bahwa kehidupan sesungguhnya akan ada di balik pertungangan itu, yaitu menikah, yang dimana Anda akan membutuhkan bahwa banyak uang. 

Kehidupan pernikahan memiliki banyak kebutuhan baik itu sehari-hari ataupun kebutuhan utaman seperti, menyicil rumah, kendaraan, persiapan untuk si buah hati, dll.

Beli berdasarkan kemampuan

Ada baiknya cincin tunangan sesuai dengan kocek Anda. Dalam artian, jangan sampai pengeluaran untuk cincin melebihi budget yang Anda miliki. Harganya sendiri sangat beragam sesuai dengan desain dan material yang digunakan Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi keuangan Anda.

Jangan sampai Anda membeli cincin yang harganya melampaui kondisi keuangan Anda. Karena hal ini akan merusak perencanaan pengaturan keuangan Anda. Memang hasrat ingin segera memiliki sangat biasa dialami calon pengantin begitu melihat cincin kawin yang disuka. 

Apalagi ketika melihat cincin yang sangat bagus dan relatif mahal. Di saat seperti ini, Anda harus berusaha meredam hasrat untuk membeli. Anda dapat memanfaatkan Pay On Your Budget, dengan berbiaya rendah namun tetap bisa membawa pulang cincin tunangan idaman.

Pay On Your Budget ini tidak melulu mendapatkan cincin kawin yang jelek dan murahan. Anda bisa menanyakan kepada pemilik toko perhiasan apakah bisa memesan khusus material tertentu dengan desain tertentu yang Anda dan pasangan inginkan. 

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan cincin kawin yang tampak mahal dengan budget yang bisa Anda kelola sendiri.

Beli cincin dengan kartu kredit?

Harga cincin biasanya juga ditambah dengan diskon pada bulan-bulan atau momen tertentu. Harga spesial ini biasanya diadakan pada musim nikah jika Anda menggunakan kartu kredit Bank tertentu. Ambillah kesempatan ini karena akan menguntungkan Anda. 

Selain itu, ada juga beberapa toko perhiasan yang memberlakukan cicilan sebesar 0%. Selain memilih cincin kawin untuk Anda dan pasangan, sebaiknya Anda juga melihat set jewellery yang bisa digunakan untuk seserahan, hadiah pernikahan dan lain sebagainya. 

Dengan membeli satu set perhiasan di tempat yang sama, berarti ada kemungkinan Anda juga mendapatkan diskon khusus. Selain melihat harganya, Anda juga harus mempertimbangkan desain dan bentuk cincin.

Harga cincin kawin juga akan tergantung pada batuan mulia yang menghiasi cincin Anda. Tetapi Anda juga harus ingat bahwa batu mulia yang Anda pilih harus benar-benar sesuai dengan karakteristik tangan dan jari Anda. 

Cincin dengan set berlian memunculkan penampilan yang lebih besar dan harus dipilih sesuai dengan bentuk dan ukuran tangan. Desain yang terbuka memberikan kesan ringan dan rata pada tangan yang lebar. Karena batu yang besar juga terlihat baik pada tangan yang besar, sebuah cincin dengan set berlian akan memberikan tampilan yang memuaskan.

(Source image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama