Hidup Hemat Dengan Kartu Kredit & Asuransi? Masa’?

Setelah apply, verifikasi data oleh bank, akhirnya kartu kredit tiba di tangan Anda. Selamat! Anda dipercayakan tanggung jawab lebih besar untuk mengelola keuangan pribadi.

Dari banyak pasien Dokter, biasanya reaksi pertama setelah menerima kartu kredit adalah, “Asyik, bisa belanja banyak nih.” Namun setelah beberapa waktu berlalu, mereka jadi kebingungan saat harus membayar tagihan. “Duh, mau untung kok malah jadi buntung,” pikir mereka sambil membaca tagihan bulanan.

kartu kredit

Begitu juga dengan asuransi. “Dok, bagaimana sih bikin asuransi?” “Berat juga tiap bulan harus bayar premi.” Dan komentar serupa lainnya.

Sebenarnya memiliki kartu kredit dan asuransi membuat hidup lebih hemat lho. Dengan memiliki keduanya Anda lebih mudah mengatur pengeluaran dan meminimalkan penggunaan uang cash. Tidak percaya? Simak tips Dokter di bawah ini.

Q: Dokter, saya sudah punya kartu kredit. Bagaimana mengaturnya supaya saya tidak kebablasan belanja ya?
A: Pertama tentukan dulu kartu kredit ini akan digunakan untuk apa. Belanja keperluan bulanan? Shopping? Keadaan darurat? Jika sudah menentukan, Anda buat list keperluan apa saja yang dibayar menggunakan kartu kredit tersebut.
Q: Misalnya saya pakai kartu kredit CitiBank Cash Bank Visa Platinum untuk shopping?
A: Wah, kebetulan saat ini CitiBank Cash Back Visa Platinum memiliki promosi bersama Elevania. Jika belanja di Elevania seharga 500 ribu rupiah, Anda mendapat potongan harga Rp250.000. Lumayan kan, Anda tidak usah pergi ke mall, tapi mendapat potongan harga.

belanja dengan kartu kredit

Q: Apa bedanya rewards dengan cashback?
A: Rewards adalah point yang didapat dengan jumlah tertentu. Point ini bisa Anda tukarkan dengan keuntungan yang ditawarkan kartu tersebut. Jika dalam sebulan belanja sejumlah 10 juta rupiah, HSBC Visa Platinum memberikan 3 point yang bisa digunakan untuk belanja baju. Sedangkan cashback mengembalikan jumlah kredit Anda.

Q: Maksudnya mengembalikan bagaimana Dok?
A: Misalnya Anda beli smartphone Xiaomi Mi 4i menggunakan Standard Chartered MasterCard Titanium. Anda mendapat cashback sampai dengan 2.5%. Jadi, 2.5% dari harga smartphone tersebut kembali dalam limit kartu kredit.

Q: Dokter, saya sering dapat tawaran asuransi. Sebaiknya saya ambil tidak ya, soalnya berat juga bayar premi bulanan.
A: Dokter justru sangat menyarankan Anda mempunyai asuransi, terutama untuk kesehatan. Pada musim seperti ini penyakit datang tak terduga. Jika Anda mendadak sakit dan kekurangan uang tunai, asuransi kesehatan sangat membantu. Kelebihan asuransi adalah perlindungan menyeluruh terhadap keluarga. Misalnya, Asuransi Mandiri Hospitalife, asuransi ini mengcover beragam penyakit, termasuk penyakit tropis. Keuntungan lainnya adalah dengan membayar 4 tahun premi, Anda mendapat perlindungan selama 12 tahun. Premi Anda akan dikembalikan full di akhir masa pertanggungan meski ada claim.

Q: Menurut Dokter sebaiknya anak saya yang masih di bawah umur sebaiknya didaftarkan asuransi atau tidak?
A: Sebaiknya anak juga mendapat asuransi kesehatan. Sebab tubuh anak rentan terhadap penyakit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi untuk si buah hati, seperti manfaat dan jumlah premi.

Q: Sebenarnya saya ragu punya kartu kredit, Dok. Misalnya saya ada masalah sehingga tidak bisa membayar biaya cicilan, nanti kartunya diblokir.
A: Masalah ini bisa teratasi jika Anda dengan fasilitas transfer balance. Anggap saja Anda memiliki kartu kredit bank A dan bank B. Jadi Anda bisa mengatur misalnya kartu kredit A digunakan untuk belanja, maka tunggakan bulanannya dibayar dengan kartu kredit B.

Q: Sebenarnya malas antri di bank untuk bayar tagihan PLN, PAM, dan telpon. Bisa sih bayar melalui ATM, tapi saya orangnya pelupa. Takutnya baru ingat ketika masa tunggakan lewat. Ada tidak cara supaya saya tak perlu repot ke luar rumah untuk bayar tagihan, Dok?
A: Sekarang ini ada beberapa kartu kredit yang menyediakan fasilitas pembayaran tunggakan rutin. Feature EZ Bill kartu kredit Standard Chartered Visa Platinum memudahkan Anda membayar semua tunggakan menggunakan satu kartu kredit. PLN, tagihan telpon, PAM, semuanya dibayar menggunakan satu kartu kredit. Lebih enak kan, Anda tak akan lagi kelupaan membayar tagihan.

HSBC Visa Signature

Q: Liburan tahun baru saya mau jalan-jalan ke luar negeri. Namanya di negeri orang, ada rasa takut sih kehabisan uang tunai. Dokter ada saran supaya saya bisa tetap bersenang-senang sekaligus menghemat uang cash?
A: Kartu kredit HSBC Visa Signature paling bagus untuk transaksi di luar negeri. Mulai dari kerjasama dengan ribuan merchant di seluruh penjuru dunia, point rewards untuk setiap pembelanjaan, dan asuransi perlindungan. Kartu ini juga melindungi Anda jika mengalami sakit atau kecelakaan di luar negeri.

Ternyata menggunakan kartu kredit dan asuransi lebih hemat kan. Ketika Anda sedang kekurangan uang, kartu kredit dan asuransi dapat menalangi dulu kebutuhan mendesak Anda.

Tentu saja jangan lupa tetap membuat perencanaan matang keuangan Anda supaya tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Baca juga:

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • cara jadi kaya

    Artikel yang menarik, thanks infonya.

    Reply