Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kartu Kredit (1)

Pertumbuhan kepemilikan kartu kredit semakin lama semakin tinggi di Indonesia. Banyaknya keuntungan yang ditawarkan dari berbagai bank menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk memiliki produk kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit saat ini bukanlan hal yang asing bagi masyarakan di Indonesia. Kartu kredit sebagai salah satu produk perbankan bahkan semakin lama semakin menunjukan eksistensinya melalui promo dan iklan yang tersebar di banyak media. Belum lagi di banyak tempat perbelanjaan, banyak merchant dan restoran memberikan penawaran diskon atau potongan harga jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Sehingga penggunaan produk keuangan tersebut dinilai merupakan sebuah hal yang umum di masyarakat.

Namun disaat yang bersamaan, masih banyak orang yang masih belum paham mengenai prosedur kepemilikan kartu kredit hingga cara penggunaannya. Kartu kredit merupakan produk perbankan yang menitikberatkan pada sistem kredit yang digunakan untuk transaksi pada pembayaran berbagai jenis penyedia jasa dan juga tempat penjualan barang yang bergerak di sektor ritel. Produk yang berbentuk kartu yang dapat digesekan kepada alat deteksi kartu ini secara langsung meminjamkan konsumen uang untuk pembayaran di suatu waktu dan kemudian konsumen tersebut diharuskan membayar tagihan terhadap transaksi tersebut berikut pula bunga rutin yang dikenakan.

Berbeda dengan di luar negeri, Indonesia yang masih belum terlalu luas dalah hal penggunaan kartu kredit berikut pula dengan informasi produk yang ditawarkan, hanya terdapat 4 jenis kartu kredit yaitu Silver, Gold, Platinum dan Titanium. Masing-masing jenis kartu kredit tersebut memiliki keuntungan dan fasilitas yang berbeda-beda. Salah satu keuntungan yang diperoleh ialah mengenai limit penggunaan yang berbeda-beda, apalagi menyangkut pula mengenai penawaran reward yang berbeda-beda pada tiap jenis kartu dan juga bank yang menawarkannya. Selain memberikan penawaran, prosedur dan juga aturan pendaftaran yang dikenakan kepada calon konsumen juga berbeda-beda. Bunga yang dikenakan pun juga berbeda-beda.

Bagi Anda calon konsumen yang ingin menggunakan kartu kredit , berikut ini ada tips yang perlu untuk Anda perhatikan agar tidak terjebak dan salah untuk memilih kartu kredit.

1. Pilih kartu kredit yang paling mengakomodasi kebutuhan Anda

Sesuai dengan fungsi dan manfaat kartu kredit yang merupakan penunjang tranksasi di banyak kebutuhan, Anda harus jeli memilih kartu kredit yang menawarkan fasilitas berupa pemberian diskon dan reward pada beberapa merchant yang akan Anda perlukan. Dan yang paling penting yang harus sesuai dengan kapasitas Anda untuk bertranksasi. Misalnya, merchant-merchant yang biasa Anda kunjungi, supermarket yang dekat dengan rumah Anda, rumah sakit yang memiliki fasilitas yang baik dan lain sebagainya.

kartu kredit

2. Biaya (fee) yang tidak memberatkan Anda

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa setiap produk kartu memiliki perbedaan dari sisi biaya bulanan dari tiap produk kartu kredit. Ada beberapa kartu kredit yang memiliki fee bulanan berkisar antara Rp 300 ribu – 500 ribu. Dan bahkan ada beberapa kartu kredit tidak memberlakukan fee bulanan atau gratis.

3. Faktor keamanan dalam bertransaksi

Hati-hati sebelum memutuskan pilihan pada sebuah kartu kredit. Pastikan bahwa kartu kredit Anda merupakan produk dari bank yang terpercaya. Hal tersebut sangat penting guna mencegah terjadinya tindakan kriminal buka hanya dilakukan oleh pihak bank, tapi juga pihak merchant yang biasa disebut kejahatan kartu kredit.

4. Pelayanan optimal di luar negeri

Beberapa kartu kredit memiliki fasilitas tambahan berupa penggunaan yang dapat dipakai oleh para konsumen yang bepergian ke luar negeri. Fasilitas tersebut banyak dicari oleh para konsumen mengingat jaringan luas yang dimiliki oleh sebuah kartu kredit sangat dibutuhkan jika suatu waktu konsumen ingin bertransaksi di suatu negara yang ia kunjungi tanpa harus melakukan penukaran uang dengan mata uang negara tersebut.

Setelah menentukan produk kartu kredit apa yang cocok dengan Anda, kini hal yang harus diperhatikan ialah apa saja biaya-biaya yang biasanya disertakan pada saat mendaftar dan menggunakan kartu kredit.

1. Biaya tahunan (annual fee)

Biasanya biaya tahunan dikenakan bagi konsumen dikenakan pada dua momen. Yang pertama pada saat diberikannya tagihan pertama kali. Kedua, pada saat pertama kali konsumen mendaftarkan kartu kredit.

2. Biaya Materai

Berdasarkan regulasi PP No 24 tahun 2000 tentang Perubahan Bea Materai dan Besaran Pengenaan harga nominal, biaya yang dikenakan hanya diberlakukan pada traksaksi dengan nominal diatas Rp 250.000. Untuk traksaksi sebesar Rp 250.000 – Rp 1000.000 ialah sebesar Rp 3000. Sedangkan untuk traksaksi diatas Rp 1000.000, biaya materai yang harus dibayarkan sebesar Rp 6000.

3. Denda keterlambatan pembayaran

Bagi sebagian bank yang menawarkan kartu kredit, biasanya memberlakukan denda keterlambatan pembayaran sebesar 3% dari total tagihan yang dikenakan konsumen.

4. Biaya kelebihan pemakaian

Jika Anda ternyata mengalami kelebihan dalam pemakaian kartu kredit, maka Anda akan dikenakan biaya yang disebut biaya kelebihan pemakaian yang biasanya sebesar 5% dari total tagihan.

5. Biaya tarik tunai

Di beberapa kartu kredit juga ada yang menawarkan sekaligus kartu debit yang dapat juga Anda gunakan untuk menarik uang tunai di ATM. Untuk biayanya sendiri tiap bank memberlakukan biaya yang berbeda-beda pada produk kartu kreditnya.

6. Biaya Konversi ke Mata Uang asing

Jika Anda melakukan transaksi pembelian di luar negeri atau ketika belanja online dari situs asing, biasanya akan dikenakan biaya konversi mata uang asing jika barang yang Anda beli tersebut menggunakan mata uang asing. Jika Anda menggunakan kartu kredit dengan fasilitas tersebut, Anda akan dikenakan biaya yang akan dijumlahkan kepada total tagihan di akhir bulan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama