Dokter Finansial: Pinjaman Tunai Kartu Kredit, Fitur Andalan Saat Butuh Dana

Kartu kredit, yang biasanya digunakan untuk keperluan belanja dan konsumsi, ternyata juga bisa berikan dana untuk modal bisnis atau kepentingan lainnya. Bagaimana caranya dan apa syaratnya?

KreditGoGo banyak menerima pertanyaan soal dana pinjaman. Baik yang dipertuntukkan modal bisnis maupun kebutuhan pribadi lainnya. Untuk menjawab pertanyaan para pembaca, sesi Dokter Finansial di Facebook Fanpage KreditGoGo selama 2 minggu terakhir pun khusus membahasnya.

Saat terdesak permasalahan dana, yang terpikir pertama kali biasanya segera mencari pinjaman. Biasanya, pikiran langsung tertuju pada Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Multiguna. Padahal, masih ada jenis pinjaman lainnya dengan proses pengajuan mudah: pinjaman dana tunai dari kartu kredit.

Fasilitas pinjaman tunai yang dimiliki Kartu Kredit ini memang belum begitu banyak diketahui orang awam. Lebih seringnya, nasabah mendapat panggilan telepon dari bank penerbit kartu kreditnya.

belanja dengan kartu kredit

Beberapa orang megasosiasikan fasilitas ini dengan metode ‘gesek tunai’ kartu kredit. Agar tak lagi ada salah asumsi, Dokter berbagi informasi seputar fitur pinjaman tunai kartu kredit ini kepada Anda.

Q: Dokter, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pinjaman dana tunai dari kartu kredit? Apakah sama dengan KTA?

A: Pinjaman dana tunai dari kartu kredit merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh bank tertentu bagi nasabahnya. Jika mengajukan KTA, Anda harus menyertakan dokumen dengan syarat-syarat tertentu. Fitur ini hanya perlu kepemilikan kartu kredit yang bersangkutan.

Baca juga: Risiko Kredit Multiguna, Pahami dan Hindari
Q: Apa saja syarat untuk mengajukan pinjaman dana tunai dari kartu kredit ini?

A: Syarat utamanya, pasti harus memiliki kartu kredit dari bank yang memberikan fitur pinjaman tersebut. Biasanya, pihak bank akan memberikan penawaran informasi melalui telepon terlebih dahulu.

Jadi, jika ada yang menawarkan dana pinjaman dari kartu kredit, jangan langsung negative thingking. Tetapi, Anda berhak menghubungi customer service bank terkait untuk memastikan perihal tawarannya.

dana tunai kartu kredit

Q: Berapa nilai minimum dan maksimum dana yang bisa didapatkan dari pinjaman ini?

A: Pihak bank akan memberikan fasilitas pinjaman tunai dari kartu kredit mulai dari Rp1 juta hingga Rp100 juta. Tetapi ada batas maksimum yang bisa diberikan kepada nasabah, yaitu 50% dari sisa limit kartu kredit.

Misalnya limit kartu kredit Anda masih tersisa Rp10 juta, maka maksimal dana yang akan diberikan adalah sebesar Rp5 juta. Dana ini akan diterima nasabah melalui transfer rekening.

Baca juga: Kredit Multiguna: Dapat Uang Tunai Cuma 2 Hari
Q: Apakah harus ada jaminan atau agunan yang diserahkan kepada pihak bank?

A: Pinjaman ini tidak perlu syarat agunan. Pihak bank hanya akan memeriksa riwayat tagihan kartu kredit nasabah yang bersangkutan.

Jika track record tagihan Anda bagus, baik kartu kredit bank tersebut ataupun kartu kredit lainnya, tentu pihak bank akan menyetujui pinjaman dana tunai Anda.

cicilan bunga ringan

Q: Berapa bunga yang harus saya bayar dan bagaimana cara pembayarannya, Dokter?

A: Cara pembayarannya hampir sama dengan KTA atau Kredit Multiguna yang bisa dicicil. Jangka waktu angsurannya pun beragam. Mulai dari 3 sampai 60 bulan, tergantung kebijakan dari bank terkait.

Bunga yang ditetapkan juga tidak terlalu tinggi, yaitu 1 – 2%per bulan flat, tergantung pada jangka waktu pinjaman.

Q: Kasih tips supaya pengajuan pinjamannya disetujui dong, Dok!

A: Kuncinya adalah track record tagihan kartu kredit Anda harus bagus. Jadi, sebaiknya lakukan pembayaran tagihan kartu kredit Anda dengan disiplin.

Jangan sampai ada tunggakan dan, bahkan, sampai dapat blacklist dari bank manapun. Dengan pembayaran tagihan yang lancar dan tepat waktu, Dokter yakin pengajuan pinjaman Anda akan disetujui.

Baca juga: Hal Sepele Namun Mempengaruhi Pengajuan Kredit Bank

Bagaimana, sudah terjawab kan rasa penasaran Anda? Jika masih ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung disampaikan melalui kolom komentar di bagian bawah.

Dan jangan lupa untuk terus mengikuti sesi Dokter Finansial setiap hari Rabu jam 15.00 WIB di Facebook fan page KreditGoGo.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Sapto widjoyo

    Selamat sore. Kami masih awam tentang kreditgogo. Kalo saya belum punya kartu kredit bgaimana caranya buat,mohon dibantu.

    Reply
    • Yopi nurmalasari

      Saya mau tanya bagaimana jika kita mengajukan pinjaman dana melalui kartu kredit itu secara langsung? Tanpa ditawari oleh pihak bank yg bersangkutan?

      Reply
      • KreditGoGo

        Beberapa nasabah mendapat penawaran melalui telepon langsung dari bank, biasanya diprioritaskan untuk nasabah dengan track record kredit yang baik. Tetapi Anda pun bisa mengajukannya secara langsung kepada bank penerbit kartu kredit milik Anda.

        Reply
      • Yeyen yantini

        Kalau mau pinjem kta, memang syaratnya harus punya kartu kredit? Kalau tidak punya masa tdk punya peluang untuk pinjam

        Reply
        • Aimnudin

          Jujur, saya belum pernah dan ngga akan pernah pakai kartu kredit. Soalnya ribet. Yang praktis aja saya mau mengajukan pinjaman modal, tapi ngga pakai kartu kredit.. Apakah bisa?

          Reply
          • KreditGoGo

            Jika dimanfaatkan secara tepat, fitur-fitur kartu kredit justru memberikan Anda banyak keuntungan seperti pinjaman dana tunai langsung ini. Selain itu, kartu kredit juga menjadi salah satu syarat dalam mengajukan kredit pinjaman KTA. Jika tidak memiliki kartu kredit, disarankan Anda untuk mengajukan kredit multiguna melalui link berikut https://kreditgogo.com/kredit-multiguna/BFI-Finance/

            Reply
          • Rismanto

            Kalau pinjem KTA apa harus punya kartu kredit?

            Reply