Dokter Finansial: Belanja Online Aman dengan Kartu Kredit

60% penikmat belanja online menilai bahwa kenyamanan dalam pembayaran dengan kartu kredit menjadi salah satu pertimbangannya. Bagaimana transaksi yang aman saat belanja online?

Data dari DI Marketing menunjukkan, 77% dari jumlah populasi penduduk di Indonesia senang berbelanja online. 59% di antaranya mengaku belanja karena adanya promo menarik.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang ragu dalam bertransaksi secara online. Menurut survei Nielsen Global, 6 dari 10 konsumen merasa takut ketika memasukkan data kartu kreditnya untuk pembayaran online.

Fakta ini mendorong Dokter Finansial untuk membuka diskusi melalui Facebook fanpage KreditGoGo tentang keamanan belanja online menggunakan kartu kredit dalam sesi beberapa waktu lalu. Berikut ulasannya.

Q: Dok, apakah benar aman belanja online pakai kartu kredit? Kan ketika bayar harus memasukkan data kartu kreditnya, tuh.

A: Belanja online dengan kartu kredit itu aman. Tetapi konsumen tetap harus teliti dan waspada ketika melakukan transaksi.

Jangan sembarang memasukkan data kartu kredit pada saat berbelanja. Sebaiknya cari tahu dulu apa saja data yang diminta saat bertransaksi. Jika ada yang dirasa aneh, segera selidiki apakah hal tersebut wajar.

Reputasi toko online yang dipilih juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan, apakah kita bisa memercayakan data kartu kredit atau tidak.

Baca juga: Pahami Hak Konsumen Sebelum Belanja Online

Q: Bagaimana cara mengetahui situs tempat kita berbelanja itu resmi dan aman, Dok?

A: Biasanya, sebuah toko online tepercaya melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon.

Coba hubungi nomor tersebut untuk memastikan keasliannya. Tanyakan juga kepada mereka tentang pelayanan komplain maupun pengembalian barang.

Selain itu, pertimbangkan juga review dari pelanggan. Lakukan research kecil mengenai reputasi situs tersebut. Review negative menandakan reputasi yang kurang bagus. Jika banyak ulasan pelanggan yang kecewa dalam pelayanannya, apalagi menyangkut keamanan transaksi.

Q: Dok, pernah dengar tentang 3D Secure? Bagaimana cara kerjanya? Apakah bisa melindungi kartu kredit kita dari kejahatan?

A: 3-Domain (3D) Secure Kartu kredit yang merupakan fasilitas layanan dari VISA dan MasterCard ini bertujuan untuk melindungi transaksi online kartu kredit Anda.

Layanan ini hanya tersedia di situs-situs tertentu yang mendukung layanan 3D Secure. Jika Anda menemukan toko online dengan layanan ini, berarti situs tersebut merupakan entitas komersial yang terlegitimasi. Sudah pasti keamanannya terjamin.

Verified by Visa (VBV)/MasterCard SecureCode (MSC) menggunakan proteksi berupa PIN atau password untuk verifikasi.

VBV/MSC ini yang melindungi kartu kredit dengan password yang dikirimkan melalui nomer ponsel Anda. Kode ini memberikan jaminan bahwa hanya Anda yang dapat menggunakan kartu kredit tersebut pada saat bertransaksi online.

Q: Dok, bisa berikan tips belanja online yang aman dan nyaman dengan kartu kredit?

A: Hal pertama yang harus disikapi tentu saja memastikan online shop tersebut memiliki reputasi baik.

Setelah bertransaksi, sebaiknya juga jangan menyimpan rincian kartu kredit pada komputer atau pada cookie saat mengakses internet. Misalnya, nomor kartu kredit dan tanggal kadaluwarsa.

Baca juga: Dokter Finansial: Pinjaman Tunai Kartu Kredit, Fitur Andalan Saat Butuh Dana

Dengan ulasan Dokter Finansial kali ini, semoga bisa membuat Anda tidak takut lagi untuk belanja online dengan kartu kredit.

Walau begitu, dengan atau tanpa kartu kredit, ketika belanja online tetap harus berhati-hati. Belanja online bisa aman kalau dari diri kita sendiri juga tetap siaga.

Jika masih ada yang ragu, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Jangan lupa juga untuk terus mengikuti sesi Dokter Finansial setiap hari Rabu, jam 15.00 WIB di Facebook fan page KreditGoGo.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama