Credit Shield Insurance, Solusi atau Beban Premi?

Kartu kredit menawarkan beragam promo, namun sudahkah Anda berikan proteksi pada pembayaran? Yuk simak ulasan seberapa penting asuransi pada tagihan kartu kredit.

    Transaksi menggunakan kartu kredit sudah menjadi bagian dari kebutuhan sebagian masyarakat. Beragam keuntungan bisa didapatkan dari fitur-fitur kartu kredit.

    Mulai dari promo, diskon, hingga kesempatan mendapatkan gratisan dalam pembelanjaan.

    Diskon dan promo memang selalu menjadi incaran bagi pengguna kartu kredit. Lalu bagaimana dengan kehadiran Credit Shield Insurance? Pentingkah kartu kredit memiliki fitur asuransi?

    Apa itu Credit Shield Insurance?

    Credit shield insurance merupakan jenis perlindungan asuransi kepada pengguna kartu kredit, apabila sesuatu hal buruk terjadi dan menyebabkan si pengguna kartu kredit tidak lagi produktif hingga tidak mampu membayar jumlah tagihan.

    Kehadiran perlindungan asuransi pada kartu kredti memang dirancang khusus untuk membebaskan rasa khawatir secara keuangan pada pemegang kartu

    Asuransi kredit sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No.124/PMK.010/2008 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit danSuretyship (“PMK 124/2008”). Pasal 1 angka 2 PMK 124/2008 tersebut menyatakan:

    “Asuransi kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit”

    Bagaimana Cara Mendapatkan Fasilitas Credit Shield Insurance?

    Masing-masing Bank penerbit kartu kredit memiliki kebijakan sendiri dalam hal menerapkan fitur asuransi pada perlindungan kartu kredit. 

    Bila Bank mewajibkan nasabahnya menggunakan proteksi pada penggunaan kartu kredit, maka pengguna kartu harus membayar premi setiap bulan. 

    Apabila Bank meminta persetujuan terlebih dahulu, maka pengguna kartu kredit diberi kebebasan untuk mengikuti program asuransi atau tidak.

    Penawaran proteksi pada kartu kredit biasa dalam via telepon, terlampir di aplikasi pengajuan kartu kredit, ataupun nasabah menghubungi Bank penerbit langsung. 

    Berapa Premi Asuransi Credit Shield Insurance?

Tentu saja setiap Bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam menerapkan besarnya premi. Rata-rata besarnya premi berkisar antara 0.25% - 0.75%. Untuk informasi, Bank Mandiri memiliki fitur Mandiri Protection dengan besarnya premi 0.55% dari total tagihan perbulan.

Contoh simulasi perhitungan premi:

Premi asuransi: 0,55%, Tagihan bulanan : Rp 5 juta

Hitung premi: Tagihan bulanan x Premi asuransi (0,55% x Rp 5 juta)

Biaya premi: Rp 27.500,-

Untuk Standard Chartered dengan fitur bernama Credit Guard Plus.

Besarnya premi sebesar 0,65%, yang memiliki manfaat membebaskan keluarga card holder dari semua tagihan kartu kredit dan menjamin ketenangan mereka.

Apa Saja Manfaat Credit Shield Insurance:

Perlindungan pada tagihan kartu kredit memberikan beberapa manfaat umum untuk pengguna kartu kredit. Diantaranya adalah

  • Memberikan perlindungan pada tagihan kartu kredit
  • Memberikan perlindungan risiko keuangan pada pengguna kartu kredit dan keluarga
  • Membangun perlindungan keuangan sebelum risiko penagihan

3 hal tersebut merupakan manfaat umum yang biasanya terdapat pada fitur Credit Shield Insurance. Beberapa Bank memiliki jenis-jenis terkait perlindungan asuransi pada kartu kredit nasabah.

Bagi pengguna kartu kredit, ada baiknya mencari informasi secara mendetail apabila mendapat penawaran asuransi kartu kredit. 

Hal-hal yang harus Anda cermati adalah biaya premi, jenis asuransi yang ditawarkan, cara perhitungan tagihan premi, cara klaim, dan layanan kontak pengaduan.

Baca juga: Kenali Jenis Asuransinya dan Ketahui Manfaatnya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama