Cicilan Barang Elektronik dengan Kartu Kredit

Anggaran belum cukup untuk membeli barang elektronik secara tunai? Cicilan bisa jadi solusi. Salah satu alat pembayaran yang menyediakan fasilitas ini adalah kartu kredit.

Kini, masyarakat semakin dimudahkan dalam berbelanja, terutama belanja barang elektronik. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah hadirnya fasilitas cicilan dari kartu kredit. Fasilitas ini memang ditawarkan oleh bank untuk meringankan beban para penggunanya.

Hampir seluruh jenis produk kartu kredit menawarkan fasilitas cicilan. Bila sebelumnya telah dibahas mengenai cicilan barang elektronik tanpa kartu kredit, kini saatnya kami paparkan mengenai keuntungan mencicil barang elektronik dengan kartu kredit.

Cicilan 0%

Promo cicilan 0% sering ditawarkan kartu kredit untuk pembelian produk elektronik. Cicilan 0% memungkinkan Anda menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi, dan membayar total harga pembelian dengan angsuran selama 6 hingga 12 bulan.

Cicilan 0% adalah cicilan yang memungkinkan hal tersebut dilakukan tanpa bunga sama sekali selama periode cicilan. Jadi, di sini tidak ada bunga tertagih atas pembelian produk yang menggunakan program cicilan 0%.

Ada dua tipe manfaat yang diperoleh konsumen saat menggunakan promo ini, yakni manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

Manfaat Langsung

Kemampuan membayar suatu barang tanpa harus dikenai bunga besar selama periode waktu tertentu. Pembayaran yang dilakukan juga menguntungkan konsumen karena terasa ringan.

Manfaat Tidak Langsung

Konsumen bisa meletakkan uang yang tadinya hendak dibelanjakan untuk membayar total pembelian produk kepada instrumen investasi. Sehingga dengan mencicil, konsumen masih memiliki sisa uang dan bisa digunakan sebagai saldo awal deposito atau membeli emas.

Cashback

Beberapa produk kartu kredit memberikan benefit berupa cashback. Cashback sendiri merupakan potongan harga jual untuk konsumen dan pemberlakuannya di belakang, biasanya dalam bentuk sejumlah rupiah.

Pemberlakuan potongan di belakang yang dimaksud adalah setelah pembeli melakukan pembayaran tunai ataupun down payment (untuk pembelian kredit) dan kadang disertai syarat tertentu.

Misalnya, saat Anda bertransaksi senilai Rp 2 juta dengan menggunakan kartu kredit yang menawarkan cashback senilai 5%. Maka, rumus yang dipakai adalah Rp 2 juta x 5% = Rp 100 ribu. Jumlah yang didapat itulah yang akan dikembalikan pada rekening kartu kredit di bulan selanjutnya.

Bekerjasama dengan Toko Online

Selain toko offline, saat ini banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan toko online dalam menawarkan pembelian barang elektronik dengan cara mencicil.

Tentunya, skema ini cukup membantu Anda yang membutuhkan barang elektronik tapi belum memiliki cukup uang untuk membayar secara tunai. Mencicil memang tergolong dalam metode pembayaran yang ringan.

Berikut kami hadirkan 3 toko online yang memberikan fasilitas cicilan barang dengan kartu kredit.

Baca juga: Cicilan Barang Elektronik Tanpa Kartu Kredit

Blibli.com

Blibli.com menawarkan fasilitas cicilan 0% untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan syarat minimum pembelanjaan Rp 500 ribu per bag. Di situs belanja ini tersedia berbagai jenis barang elektronik, mulai dari tv, mesin cuci dan pengering, pendingin ruangan, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah syarat dan ketentuan fasilitas cicilan 0% menggunakan kartu kredit berlogo Visa/MasterCard.

  • Berlaku khusus untuk pemegang kartu kredit berlogo Visa/MasterCard dari bank-bank yang bekerja sama dengan Blibli.com, antara lain ANZ, BCA, Bank Danamon, Bank Mandiri, Permata Bank dan BRI.
  • Minimum total pembelian Rp 500 ribu per bag.
  • Proses konversi/perubahan transaksi menjadi cicilan 0% memerlukan waktu 5–14 hari kerja terhitung sejak melakukan transaksi.
  • Blibli.com berhak membatalkan pesanan apabila tidak memenuhi ketentuan yang berlaku.

Sedangkan syarat dan ketentuan fasilitas cicilan 0% menggunakan BCA KlikPay sumber dana Kartu Kredit BCA Card adalah sebagai berikut.

  • Berlaku khusus pemegang kartu kredit BCA berlogo BCA Card yang sudah didaftarkan di website BCA KlikPay.
  • Minimum harga produk per item Rp 500 ribu menggunakan metode pembayaran BCA KlikPay Cicilan.
  • Proses konversi/perubahan transaksi menjadi cicilan 0% memerlukan waktu 5–14 hari kerja terhitung sejak melakukan transaksi.
  • Blibli.com berhak membatalkan pesanan apabila tidak memenuhi ketentuan yang berlaku.
Lazada.co.id

Lazada.co.id menawarkan program cicilan 3 bulan menggunakan kartu kredit dengan minimum transaksi pembelian sebesar Rp 1 juta. Di situs belanja ini tersedia berbagai jenis barang elektronik, mulai dari TV, pendingin ruangan, kulkas, setrika, dan masih banyak lagi.

Untuk program cicilan, Lazada telah bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit antara lain Bank Danamon, BCA, BII, Standard Chartered Bank, CIMB Niaga, ANZ, HSBC, Citibank, dan BRI.

Berikut adalah syarat dan ketentuan fasilitas cicilan dari Lazada.

  • Pastikan kartu kredit yang digunakan termasuk dalam program cicilan Lazada dan dapat melakukan transaksi seperti biasa.
  • Setelah Anda menerima email konfirmasi pemesan dari Lazada, silakan ajukan permohonan program cicilan untuk pesanan dengan mengisi formulir online Permohonan Cicilan.
  • Formulir permohonan cicilan akan dikirimkan melalui email setelah selesai melakukan pembelian dengan menggunakan kartu kredit.
  • Setelah mengisi formulir online Permohonan Cicilan, Lazada akan menghubungi bank penyedia kartu kredit untuk melakukan follow up permohonan program cicilan atas barang yang telah dipesan.
Bhinneka.com

Bhinneka.com menyediakan berbagai jenis barang elektronik, mulai dari TV, home theatre, penjernih udara, komputer, kulkas dan masih banyak lagi. Situs belanja ini memberikan cashback hingga Rp 1 juta untuk item tertentu. Terdapat 2 jenis fasilitas cicilan yang diberikan, yaitu:

Cicilan 0%

Anda dapat menikmati fasilitas cicilan nol persen dengan menggunakan kartu kredit BCA kartu kredit MasterCard/Visa (ANZ, BCA, BII, BNI, Bukopin, CIMB Niaga, Citibank, Danamon, HSBC, Mandiri, Mega, OCBC NISP, Permata, Standard Chartered, dan UOB).

Untuk kartu kredit BCA, caranya adalah dengan membeli produk-produk yang memiliki logo BCA KlikPay 0%, lalu memilih Cicilan BCA KlikPay 0% pada halaman shopping cart. Berikutnya, Anda bisa menggunakan akun BCA KlikPay Anda untuk membayar.

Sedangkan untuk kartu kredit Mastercard dan Visa, bisa memilih produk-produk yang memiliki logo bank terkait, lalu pilih metode pembayaran Kartu Kredit dan Cicilan bank yang bersangkutan pada halaman pilihan metode pembayaran.

Cicilan 0,99%

Selain cicilan 0%, Anda juga dapat menikmati fasilitas cicilan ringan (untuk 3, 6, dan 12 bulan) dengan menggunakan kartu kredit Mandiri (MasterCard/Visa).

Anda dapat memilih produk-produk yang memiliki logo Mandiri 0.99%, lalu memilih Kartu Kredit dan Cicilan Mandiri 0,99% pada halaman pilihan metode pembayaran.

Baca juga: 5 Kartu Kredit dengan Fasilitas Cicilan Terbaik

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama