Cara Mencairkan Limit Kartu Kredit Jadi Pinjaman Tunai

Selain untuk cicilan, kartu kredit juga bisa jadi alat pinjaman tunai yang cepat dengan cukup mencairkan sisa limit. Prosesnya mudah, dan tidak perlu syarat ribet.

Kartu kredit punya andil besar untuk keuangan Anda. Bukan cumauntuk memenuhi kebutuhan lifestyle, tapi juga syarat pengajuan KTA lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai alat pemberi pinjaman tunaionline saat sedang terdesak biaya.

loan on phone

Fitur pinjaman dana tunai adalah salah satu jenis pinjaman yang disediakan oleh bank dengan menggunakan limit kartu kredit yang dimiliki nasabahnya. Pinjaman dana tunai ini belum banyak diketahui orang, dan biasanya ditawarkan melalui telepon.

Dana Tunai Loan on Phone

Pernah dapat telepon dari bank yang menawarkan pinjaman dana dalam besaran tertentu? Mungkin Anda jarangmenggunakan kartu kredit, atau bahkan tak ada transaksi dalam satu bulan.

Jika iya, berarti Anda termasuk dalam kategori pengguna kartu kredit pasif, sehingga menjadi prioritas bank sebagai orang yang berhak mendapatkan penawaran ini.

Sistem pinjaman ini adalah dengan mencairkan sisa dana limit kartu kredit. Anda bisa dapat pinjaman dana mulai dari 40-50% jumlah limit kartu kredit Anda, tergantung dari sisanya.

Baca juga: Jual Beli Online Segera Kena Pajak, Pelajari Aturannya!

Contoh, Anda memiliki kartu kredit dengan limit Rp50 juta. Dari batas tersebut, Anda baru menggunakan Rp5 juta pada bulan ini. Berarti Anda masih memiliki sisa limit kartu kredit adalah Rp45 juta.

Jika pihak bank menetapkan maksimum pencairan adalah 50%, maka Anda bisa mendapatkanRp22,5 juta (Rp45 juta x 50%) dalam bentuk tunai. Dana tersebut nantinya akan ditransfer ke rekening Anda yang terdaftar pada bank tersebut.

Tak Dapat Telepon Bank, Bisa Ajukan Loan on Phone

loan on phone

Jangan khawatir jika tidak pernah mendapatkan penawaran khusus ini.Meski tidak mendapatkan telepon langsung dari bank, Anda pun bisa mengajukan pencairan limit kartu kredit sebagai dana tunai.

Anda cukup menelpon langsung customer service bank penyedia kartu kredit Anda untuk layanan fitur pinjaman dana tunai kartu kredit. Beberapa bank juga membuka akses pengajuan dengan cukup mengirim SMS lewat ponsel ke nomor tertentu.

Jika Anda memenuhi persyaratan, maka tak lama Anda pasti akan segera dihubungi.

Syarat Loan on Phone

Fitur pinjaman ini tidak memerlukan jaminan aset berharga sebagai agunan. Anda cukup menjadi pemegang kartu kredit, meskipun sebagai pengguna pasif.

Namun, sebaiknya Anda menjaga untuk tetap ada transaksi setiap bulan. Dengan begitu, pihak bank akan melihat riwayat kredit Anda, baik dari bank tersebut maupun kartu kredit milik Anda yang lain.

Baca juga: 9 Trik Belanja Bulanan yang Lebih Efisien

Ingat, bank masih akan tetap melihat rapor kredit Anda. Jadi usahakan untuk selalu disiplin membayar cicilan kartu kredit setiap bulannya. Jika Anda terlalu sering menunggak pembayaraan cicilan sehingga masuk dalam daftar blacklist dari bank. Jangan harap Anda bisa mendapatkan persetujuan pinjaman dana tunai ini.

Kartu kredit yang digunakan juga haruslah kartu kredit personal, dan bukan kartu kredit coorporate. Selain itu, Anda juga harus memiliki tabungan pribadi di bank tersebut atas nama Anda karena dana pinjaman nantinya akan dicairkan secara otomatis melalui tabungan Anda.

Beda dengan Tarik Tunai

loan on phone

Banyak yang salah mengartikan loan on phone sebagai tarik tunai. Padahal sebenarnya keduanya fitur kartu kredit ini sangat berbeda. Fasilitas tarik tunai kartu kredit mengizinkan Anda menarik semua limit kartu kredit. Sementara itu, pencairan pinjaman tunai dibatasi hingga 50% dari sisa limit.

Suku bunga yang berlaku pun berbeda. Fitur pinjaman dana tunai memberikan bunga yang relatif lebih rendah dibanding tarik tunai dan bisa dilunasi dalam bentuk cicilan per bulan.

Kisaran bunga rata-rata antara 1-2% per bulan flat, tergantung dari jangka waktu pinjaman. Tentunya hal ini bisa lebih mempermudah keuangan Anda.

Cara Bayar Pinjaman yang Mudah

Tagihan akan masuk ke dalam beban tagihan kartu kredit Anda setiap bulan dalam bentuk cicilan yang telah disepakati dalam jangka waktu tertentu.

Masa angsuran yang berlaku mulai dari 3 hingga 60 bulan, tergantung dari kebijakan bank terkait. Semakin lama masa tenor yang Anda ambil, semakin besar bunganya. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih tenor sesuai dengan kemampuan membayar Anda dan baiknya tidak tergiur waktu peminjaman yang lama.

Baca juga: Bantuan Kredit Usaha Untuk Pebisnis Pemula

Sekarang Anda sudah tahu bukan harus mengambil jenis pinjaman mana yang lebih menguntungkan?

Jangan lupa untuk selalu bersikap bijak dalam menggunakan kartu kredit dalam keadaan tertentu, sehingga Anda bisa mengambil manfaat dari penggunaan kartu kredit.

Semoga informasi di atas bisa berguna bagi Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama