Cara Ampuh Lunasi Utang Kartu Kredit dengan Transfer Balance

Tagihan kartu kredit Anda sudah menumpuk dan bingung bagaimana cara melunasinya. Anda tidak perlu khawatir, fasilitas transfer balance kartu kredit menjadi solusi tepat lunasi utang.

Melunasi utang kartu kredit

Ada cara ampuh untuk melunasi tagihan utang kartu kredit yang menumpuk yaitu dengan transfer balance. Apa sebenarnya transfer balance itu? Anda sebagai pengguna kartu kredit sudahkan mengetahui fitur ini? Jika belum, kami jelaskan sedikit di bawah ini.

Yang Dimaksud dengan Transfer Balance

Tranfer balance adalah fasilitas yang ditawarkan berbagai bank penerbit kartu kredit yang memungkinkan pemilik kartu untuk memindahkan (transfer) tagihan dari kartu bank A ke kartu dari bank B dengan bunga yang lebih kecil.

Intinya adalah pengalihan tagihan kartu kredit dari satu bank ke bank lainnya. Fasilitas yang belum banyak orang tahu ini memungkinkan pengguna melunasi utang kartu kredit merreka secara mudah dan ringan dengan kebijakan masing-masing bank.

Umumnya, bank memperbolehkan pengguna untuk memindahkan hingga 80% tagihan kartu kredit lama ke kartu kreditnya. Misalnya, jumlah tertagih di kartu kredit A sebesar Rp10 juta. Anda bisa memindahkan hingga 80%, atau setara Rp8 juta, ke kartu kredit B.

Jadi apabila yang terjadi pada Anda adalah besar pasak daripada tiang, atau lebih besar tagihan utang kartu kredit daripada pemasukan. Transfer balance kartu kredit bisa menjadi solusi untuk melunasi utang Anda. Lalu bagaimana cara mengajukan transfer balance ini?

Cara Mengajukan Transfer Balance

Kunjungi bank tujuan transfer balance dengan membawa dokumen persyaratan transfer balance. Umumnya, persyaratan transfer balance adalah: Fotokopi KTP/Paspor, Fotokopi kartu kredit bank lain, Fotokopi Billing Statement 1 bulan terakhir.

Negosiasikanlah term kartu kredit baru yang disesuaikan dengan kemampuan, mulai dari suku bunga serta fasilitas dari kartu kredit terbaru itu. Kemudian setelah cocok ajukan kartu kredit baru dan isi formulir pengajuan transfer balance.

Selama menunggu konfirmasi dari bank kartu kredit baru, pastikan Anda terus membayar tagihan kartu yang lama tepat pada waktunya. Minimal sebesar tagihan minimum atau 10% dari jumlah tagihan. Biasanya sekitar 2 minggu masa kerja, Anda akan menerima konfirmasi terkait dengan pengajuan kartu baru.

Hubungi bank penerbit kartu kredit lama untuk memastikan transfer balance benar-benar sudah dilakukan. Atau Anda juga bisa memastikannya dari lembar tagihan terbaru kartu kredit nanti. Bila transfer balance yang Anda lakukan sejumlah seluruh tagihan kartu lama, saldo tagihan yang tertera pada lembar tagihan adalah sebesar Rp0.

Apabila Anda bingung mencari kartu kredit yang menawarkan keuntungan menarik, Anda bisa mencarinya di KreditGoGo. temukan banyak produk kartu kredit dan tawaran spesial apabila pengajuan Anda disetujui.

Fasilitas dan Keuntungan yang Ditawarkan 

cicilan 0%

Biasanya bank akan menawarkan beragam keuntungan untuk menarik nasabah bank lain melakukan transfer balance. Misalnya menawarkan bunga lebih rendah atau bahkan menawarkan bunga 0% selama periode tertentu.

Misalnya bank memberikan cicilan 0% selama 3 bulan pertama, kemudian di bulan berikutnya dikenakan bunga 1,5% dari jumlah transfer balance. Ada juga beberapa bank penerbit kartu kredit yang bersedia menaikkan limit kartu kredit tersebut jika Anda mengalihkan tagihan ke kartu kreditnya.

Keuntungan yang didapat nasabah dari transfer balance ini adalah dapat membantu meringankan untuk sementara cicilan bulanan pemilik kartu, jadi tagihan kartu kredit dapat terkonsolidasi dengan baik, semua tagihan dapat dipusatkan pada satu kartu.

Selain itu pengajuan kartu kredit pada bank tertentu dapat langsung disetujui kalau memproses kartu kredit lewat transfer balance. Hal tersebut karena bank sadar bahwa Anda tidak mengambil uang mereka melainkan hanya memindahkan saldo tagihan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

transfer balance

Nah jika Anda ingin melakukan transfer balance kartu kredit padda bank tertentu, sebelum melakukannya maka perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

1. Biaya Transfer Balance

Meskipun bank biasanya memberikan promo untuk program transfer balance, namun tetap ada biaya yang dibebankan oleh bank. Biaya ini berkisar antara Rp20.000 hingga Rp25.000 tergantung ketentuan dari bank tujuan transfer balance.

2. Besaran Limit dan Tagihan Kartu Kredit Awal

Beberapa bank membatasi limit dan tagihan minimum dari kartu sebelumnya. Misalnya saja limit kartu awal minimal Rp5 juta dan tagihan minimum minimal Rp1 juta. Limit dan tagihan ini harus berasal dari 1 kartu dan tidak boleh dari gabungan 2 kartu atau lebih.

Cek dan perhatikanlah hal ini sebelum mengajukan aplikasi. Pastikan juga transaksi yang dilakukan tidak dalam over limit, karena beberapa bank akan menolak aplikasi Anda bila sampai over limit.

3. Denda Pelunasan Dipercepat

Bank akan memberikan pinalti kepada pengguna, bila melunasi tagihan kartu lebih cepat dari jangka waktu yang dijanjikan. Pastikan berapa besaran denda yang akan dibebankan kepada Anda. Besaran ini bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan ini kalkulasikan jarak kemampuan Anda dalam melunasi pembayaran, pihak bank akan menggambil keputusan untuk jangka waktu pelunasan, jangan terlalu tergesa-gesa. Bayarlah tagihan secara penuh dan jangan sampai terlambat.

Baca juga:
Melunasi Utang ketika Nasabah Meninggal, Bagaimana Caranya?
Mudah dan Aman Mengajukan Kartu Kredit via Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • GM

    Bank mana saja yg menawarkan fasilitas transfer balance?

    Reply