Bunga Kartu Kredit Turun, Ini Keuntungannya!

Bank Indonesia kembali menurunkan suku bunga kartu kredit jadi lebih rendah. Kebijakan ini memberikan manfaat dalam aktivitas transaksi elektronik. Simak keuntungannya bagi Anda!

Awal bulan Juni 2017, Bank Indonesia umumkan kabar gembira. Suku bunga kartu kredit turun dan berlaku untuk semua bank!

Berita ini mendapat sambutan bahagia dari para pengguna kartu kredit. Aktivitas pemakaian kartu kredit pun diprediksi bakal semakin terus meningkat.

bunga kartu kredit turun

Persentase Penurunan Bunga Kartu Kredit

Kebijakan Bank Indonesia tersebut disampaikan dalam Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No.18/33/DKSP perihal perubahan keempat tentang penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran menggunakan kartu.

Aturan menetapkan bahwa bunga kartu kredit bank sentral yang tadinya 2,95% per bulan atau 35,4% per tahun ini diturunkan menjadi 2,25% per bulan atau 26,95% per tahunnya mulai tanggal 1 Juni 2017.

Sebelumnya, BI sudah pernah menurunkan bunga kartu kredit dari 3,25% menjadi 2,95% per bulan melalui SEBI No.11/10/DASP. Penurunan kali ini pun merupakan perpanjangan dari kebijakan tersebut.

Penyebab Suku Bunga Kredit Turun

e-commerce

Berdasarkan data statistik yang dimiliki Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), pada bulan Maret 2017 tercatat ada 17,6 juta pengguna kartu kredit di Indonesia dengan transaksi mencapai 80,6 juta kali transaksi per bulannya. Jumlah ini masih tergolong kecil dibanding jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 255 juta jiwa.

Keputusan menurunkan suku bunga diharapkan dapat mendorong jumlah nasabah baru. Selain itu, agarpara pengguna kartu yang berasal dari semua kalangan, terutama menengah ke bawah, mulai menggunakan kartu kreditnya secara lebih rutin, baik untuk berbelanja hingga tarik tunai.

Baca juga: 4 Kasus Penipuan Kartu Kredit dan Cara Menghindarinya

Di luar hal tersebut, perkembangan e-commerce juga memberikan kontribusi sebagai penyebab turunnya suku bunga kartu kredit.

Pasalnya, hampir 80% penduduk Indonesia kini melakukan transaksi secara online, khususnya dalam berbelanja. Ditambah lagi, pihak e-commerce kini saling berlomba untuk memberikan diskon menarik bagi pembayaran dengan kartu kredit.

Manfaat Bunga Kartu Kredit Rendah

women goes shop

Dengan menurunnya bunga kartu kredit maka pembayaran minimum kartu kredit tidak akan setinggi dulu.

Jika biasanya rata-rata bank menerapkan pembayaran minimum sekitar Rp300.000 - Rp500.000 atau 10% dari total tagihan kartu kredit belum ditambah dengan bunganya. Kini, Anda bisa bernafas lega karena bunga yang ditagihkan akan berkurang nominalnya.

Menurut AKKI, penurunan suku bunga merupakan pertanda baik bagi perekonomian Indonesia yang berangsur membaik. Penurunan bunga kartu kredit ini bakal diikuti oleh penurunan suku bunga lainnya seperti pinjaman bank yang semula 11% - 12% menjadi 7% - 8% pertahun.

Tarik tunai di ATM menggunakan kartu kredit juga lebih menguntungkan. Sebab, bunga tarik tunai diprediksi juga bakal ikut menurun.

Pengurangannya bisa mencapai 2% hingga 3%, dari yang sebelumnya 4% – 6% atau sebesar Rp50.000 - Rp150.000 dari total jumlah uang yang ditarik

Baca juga: Manfaat Online Payment Buat Pengeluaran Lebih Hemat

Jadi, jangan sampai kesempatan emas ini Anda lewatkan. Turunnya bunga kartu kredit yang bertepatan dengan momen Ramadhan bisa Anda manfaatkan untuk meminimalisasir pengeluaran dana yang membengkak jadi dua kali lipat.

Mulai dari pengeluaran untuk buka puasa bersama, belanja baju lebaran, hingga membeli tiket pesawat untuk mudik sekeluarga.

Lihat pilihan kartu kredit terbaiknya di sini dan ajukan kartu Anda sekarang!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama