Bayar Utang Lebih Ringan dengan Cicilan 0%?

Kita mungkin ogah menggunakan kartu kredit dengan alasan keberadaan bunga. Namun, dengan adanya fitur cicilan 0%, ketakutan Anda bisa segera teratasi.

Bila menggunakan kartu kredit, maka secara otomatis kita akan berutang kepada bank. Namun, berbungakah dia? Belum tentu. Sebab sekarang sudah ada beberapa produk kartu transaksi yang memiliki fitur cicilan 0% sehingga Anda tidak terlalu berat dalam membayar cicilan bulanan.

Produk yang menawarkan fitur ini belakangan mulai ramai ditawarkan oleh pihak bank. Maklum saja, sebagai sarana pembayaran, kartu kredit dapat membuat Anda semakin konsumtif untuk berbelanja. Namun, tidak semua orang mau memakainya, karena adanya bunga yang selalu menyertai ketika Anda berutang.

Apa Sih Cicilan 0% Itu?

Fitur ini merupakan sebuah skema cicilan ringan yang membuat Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi, dan membayar total harga pembelian dengan angsuran selama beberapa bulan atau tahun tanpa terkena bunga.

Ya, tanpa bunga, siapa yang tidak tertarik kalau ditawari pinjaman tanpa bunga? Rasanya hampir tidak ada. Karena beban keuangan akan menjadi lebih ringan dengan keberadaan fitur ini.

Manfaat dari Cicilan 0%

Pertanyaan selanjutnya, pastilah kegunaan dari fitur ini. Berpengaruhkah dia terhadap beban keuangan kita?

Jawabannya tentu saja, sebagai pengguna kartu kredit, tentu kita diwajibkan untuk memiliki kemampuan membayar cicilan setiap bulan. Masalahnya, apakah itu tidak memberatkan kondisi keuangan? Tenang saja, dengan adanya fitur cicilan 0%, Anda bisa membeli barang penting yang bernilai tinggi tanpa dikenai bunga selama periode waktu tertentu.

Efek ke depannya, mungkin saja Anda bisa menabung uang lebih banyak yang nantinya bisa berguna untuk kebutuhan yang bersifat mendesak.

Sistem Penerapan Cicilan 0%

Secara simpel, kita ambil contoh, Anda baru saja membeli sebuah barang berharga Rp 12 juta dengan menggunakan kartu kredit berfitur cicilan 0% selama 1 tahun. Jadi, jumlah cicilan yang mesti dibayar adalah Rp 12 juta : 12 bulan = Rp 1 juta/bulan.

Teruslah membayar cicilan sesuai ketentuan yang berlaku agar Anda tidak dikenakan penalti atau denda yang bisa menyulitkan diri sendiri nantinya.

Memang, beberapa bank memang sudah menerapkan fitur cicilan 0% pada kartu kredit mereka. Namun, baca kembali ketentuannya karena terkadang fitur tersebut hanya berlaku sementara atau cuma bisa digunakan untuk periode pinjaman tertentu dan terkadang bersifat pendek (di bawah 1 tahun).

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Cicilan 0%

  • 1.Apakah Cicilannya Benar-Benar 0%?
  • Seharusnya, bila berbelanja dengan menggunakan kartu berfitur cicilan 0%, maka Anda tidak lagi membayar biaya selain tagihan. Namun, bagaimana bank bisa mendapat pemasukan bila uang yang mereka berikan tidak berbunga? Ini dia masalahnya.
  • Terkadang ada bank yang hanya memberlakukan fitur ini hanya untuk pembelian barang bernilai di atas RP 10 juta, mengenakan biaya administrasi dalam jumlah tertentu, hanya berlaku di merchant tertentu yang sudah bekerjasama dengan mereka, dan lainnya. Kalau sudah begitu, fitur cicilan 0% yang ditawarkan sama sekali tidak berarti.
  • 2.Baca Peraturan Bank
  • Seperti yang sudah dijelaskan di atas, biasanya fitur cicilan 0% hanya berlaku untuk pembayaran cicilan dalam waktu yang relatif sedikit. Karena itu, Anda diharuskan untuk memiliki kemampuan membayar yang relatif kuat sehingga pelunasan utang bisa berjalan dengan lancar.
  • Namun, bila mengalami gagal bayar, ada beberapa konsekuensi yang bisa menyulitkan Anda. Diantaranya adalah penghentian program cicilan 0%, atau langsung diwajibkan untuk melunasi utang dalam waktu yang lebih cepat dari ketentuan. Karena itu, jangan sampai telat membayar ya!

Kartu Kredit dengan Fitur Cicilan 0%

  • 1.UOB’s Lady Platinum
  • Perempuan sudah kodratnya sering berbelanja yang berbau fashion, seperti baju, tas, dan sepatu. Kini dengan menggunakan UOB Lady's Platinum, Anda akan mendapatkan fasilitas cicilan 0%6 bulan atau cicilan bunga rendah dengan jangka waktu hingga 24 bulan untuk memenuhi gaya hidup Anda kapan saja, dimana saja, dan apa saja.
  • 2.Standard Chartered Black Platinum
  • Kita tidak lagi khawatir terhadap pembiayaan rumah sakit yang sangat mahal. Karena dengan Standard Chartered Black Platinum, Anda akan menikmati kemudahan untuk mengkonversikan pembayaran dengan fasilitas cicilan 0% dengan jangka waktu 6 (enam) bulan. Jadi, kesehatan anggota keluarga dapat terjaga tanpa perlu pusing-pusing memikirkan kenaikan pengeluaran saat ada anggota keluarga yang sakit.
  • 3.BCA Singapore Airlines
  • Sudah tentu Anda senang melakukan aktivitas belanja. BCA memberikan fasilitas cicilan bunga 0%, dengan persyaratan sebagai berikut, Anda harus mengubah transaksi Anda ke Cicilan BCA 0%melalui website www.singaporeair.com atau www.silkair.com setelah dua hari kerja, dengan cara mengirimkan SMS, ketik Cicilan dan kirim ke 69888, atau Halo BCA Prioritas di 500222 atau (021) 500222 dari ponsel Anda. Sementara itu, untuk pembelian tiket di kantor Singapore Airlines atau SilkAir di Indonesia, transaksi Anda dapat dikonversi langsung ke Cicilan BCA 0%.
  • 4.Permata Hero Card
  • Semua kartu PermataHero Card menawarkan fasilitas Simple Pay 0%3 bulan. Layanan ini bisa digunakan ketika berbelanja apa saja, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, dengan menggunakan kartu kredit ini, Anda masih bisa mendapatkan cicilan dengan bunga tetap untuk tenor yang lebih panjang (6,12,18, dan 24 bulan).

Dimana Saya Bisa Mendapatkannya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah datang langsung ke bank. Namun, sekarang ada satu cara mudah untuk mendapatkan kartu kredit dengan fitur ini. Yaitu dengan browsing di internet, lalu membuka KreditGoGo.com yang ada di sana dan nikmati kemudahan mengajukan aplikasi kartu kredit secara online.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama