Awas, Harga BBM Labil Mempengaruhi Anda!

Beberapa bulan lalu harga BBM naik, tapi sekarang turun lagi. Haruskah kita senang? Tunggu dulu, jangan terburu-buru senang mendengar berita ini.

Pasti di antara Anda sudah banyak yang tidak sabar untuk segera mengatur jadwal travelling atau berbelanja karena masih ada simpanan uang setelah berhemat ketika BBM naik November lalu. Namun, apakah ini sudah saat yang tepat untuk segera membeli tiket liburan atau berbelanja barang-barang branded di mall?

Harga BBM, khususnya premium dan solar memang sudah mengalami penurunan sebesar 10%, tapi penurunan ini nggak bersifat Abadi. Menko perekonomian Sofyan Djalil memastikan bahwa pada awal Februari ini harga BBM akan kembali turun, namun ia juga tidak berjanji bahwa penurunan tersebut akan bersifat tetap. Menurutnya, harga BBM di negara kita akan bersifat fleksibel mengikuti harga minyak dunia. Jadi, masih terbuka kemungkinan harga BBM kembali naik. Hal ini lah yang membuat tariff angkutan umum sampai saat ini nggak mau turun. Lho kok begitu? Ya, memang seperti itu kenyataannya.

Tentunya turun-naik harga BBM ini membingungkan Anda untuk mengatur budgeting bulanan. Namun, Anda tidak perlu risau dan ikut-ikutan labil menghadapi turun-naiknya BBM ini, berikut Kreditgogo berikan beberapa tips agar keuangan Anda tidak ikut mengalami kelabilan.

1. Tetap Membuat Budget Bulanan

Hal yang satu ini harus Anda lakukan agar kantong Anda tidak jebol di segala situasi. Sudah tidak asing lagi kalo banyak kantong para pegawai yang kebobolan di pertengahan bulan. Hal ini karena sistem budgeting mereka yang kurang baik. Terlepas dari persoalan hitung-menghitung, persoalan utama yang paling penting dalam budgeting yaitu membiasakan diri untuk selalu mencatat.Jika Anda sudah terbiasa untuk mencatat setiap pengeluaran yang telah dilakukan, maka Anda akan dengan mudah mengelompokkan pos-pos pengeluaran setiap bulannya, seperti uang untuk biaya transportasi sehari-hari, biaya makan, biaya rumah tangga, biaya shopping, dan biaya untuk travelling.

2. Bangun Lebih Pagi dari Biasanya

Bagi sebagian orang hal ini merupakan hal yang paling berat untuk dilakukan. Kenapa? Karena sejuknya udara pagi membuat seseorang malas untuk beranjak dari tempat tidurnya, terutama bagi para pegawai yang hampir menghabiskan seharian waktunya di kemacetan ibu kota. Lalu, apa hubungannya antara bangun lebih pagi dengan kelabilan BBM saat ini? Jika Anda bangun lebih pagi dari biasanya maka Anda bisa tetap menumpang kendaraan umum yang biasanya Anda tumpangi dan menghindari terjadinya kepanikan karena telat berangkat ke kantor dan naik angkutan umum apapun yang seketika lewat di depan Anda. 

Percaya atau tidak, bisa saja ketika Anda sedang panik seperti pada kondisi tersebut ada kemungkinan Anda akan menumpang angkutan umum yang bertarif lebih mahal dari biasanya asalkan bisa cepat sampai, seperti taksi. Biaya yang dihabiskan ketika Anda menumpangi angkutan tersebut bisa saja 50% lebih besar dari biaya biasanya digunakan. Dengan Anda bangun lebih pagi dari biasanya maka Anda tidak akan terburu-buru untuk beraktivitas. Sebagai contoh jika waktu yang Anda butuhkan untuk pergi ke kantor kurang lebih 2 jam perjalanan, maka Anda harus membiasakan diri untuk berangkat setengah jam lebih awal untuk menghindari terjadinya tragedi ketinggalan bus dan membuat Anda terjebak lebih lama dalam kemacetan dan terlambat sampai ke kantor. Jika Anda bangun lebih pagi maka Anda bisa meminimalisir kejadian tersebut dan menggunakan sisa uang transport Anda untuk pergi berlibur ataupun berbelanja.

3. Kurangi Bepergian

Bagi sebagian orang menghabiskan waktu di rumah bisa jadi merupakan suatu hal yang membosankan, tapi beda halnya dengan orang Amerika. Ketika krisis ekonomi melanda negara mereka pada tahun 2007-2010, beberapa orang menemukan metode berlibur baru yang dikenal dengan istilah Staycation. Kegiatan ini sangat populer di kalangan penduduk Amerika. Kenapa? Karena kegiatan ini dinilai efektif untuk menghindari timbulnya stresakibat harus terjebak macet menuju tempat wisata, dan tentunya lebih menghemat uang.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat staycation? Anda bisa melakukan kegiatan memasak bersama anggota keluarga, juga mengatur ulang posisi barang-barang di rumah agar kondisi rumah Anda selalu terasa baru dan tak perlu lagi repot pergi ke tempat wisata ketika harga BBM kembali naik.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama