Apa Saja Sih Jenis Kartu Kredit Visa di Indonesia?

Pernah mengajukan aplikasi kartu kredit? Sebenarnya, apa saja sih tingkatan kartu VISA yang bisa Anda miliki sebagai orang awam. Penasaran?

Satu di antara keluarga kita pasti sering, atau paling tidak, pernah menerima telepon dari petugas dari sebuah bank untuk menawarkan produk kartu kredit. Pernah tidak? Jika pernah, apa sih yang membuat kita tertarik untuk mengajukan aplikasi produk perbankan tersebut? Atau, apa motivasi negatif yang membuat manusia modern macam orang kantoran, atau bahkan masyarakat Indonesia yang belum mendengar yang namanya "bank", bahkan menjadi anti mendengar sesuatu yang berkaitan dengan "kartu kredit"?

Di kesempatan lain, di sebuah pusat perbelanjaan, kita bahkan pernah dihampiri oleh seorang petugas cantik, bahkan seksi, yang menawarkan kartu kredit sambil menyodorkan formulir aplikasi. Si petugas cantik nan seksi tersebut menawarkan iming-iming, mulai dari suvenir hingga transfer balance, dari cashback, berpelesiran bebas, hingga makan gratis dengan menggunakan kartu kredit tertentu.

Di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, ada berbagai macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit. Namun harus diingat bahwa di dunia ini hanya ada 3 (tiga) penyelenggara kartu kredit yang cukup dikenal masyarakat internasional, yaitu MasterCard, Visa, dan American Express. Di Indonesia sendiri, jenis tingkatan yang sering diajukan oleh masyarakat adalah MasterCard atau Visa. Atau bisa juga tingkat kepemilikan kartu kredit diklasifikasikan berdasar usia/umur. Dengan kata lain, orang Indonesia mungkin akan memiliki satu kartu MasterCard dan satu kartu Visa yang memberi banyak manfaat, apa pun bank yang menerbitkannya. Sedangkan American Express sendiri masih jarang dipakai di Indonesia.

VISA image

Golongan Visa 

Untuk Visa, ada beberapa tingkatan kartu kredit. Tingkatan ini biasa dikategorikan berdasar penghasilan (income and/or salary) atau bahkan sisi pembelanjaan (spending). Pengkategorian tersebut hanya bank yang menentukan. Visa sendiri memiliki kelas yang bisa dimiliki untuk semua golongan, sampai kelas yang super ekslusif yang belum tentu ditawarkan ke semua orang.

  • Visa Classic

Visa Classic adalah golongan paling rendah yang kemungkinan besar semua orang bisa miliki. Paling tidak, dengan gaji Rp. 2,5 juta, Anda bisa mengajukan kartu ini. Ini adalah jenis kartu kredit yang memiliki pagu batas pembelanjaan dan fitur yang paling rendah. Pagu batas kredit jenis kartu kredit ini umumnya hanya sampai sekitar 5 (lima) juta rupiah, tidak berbeda jauh dengan batas transaksi kartu debit beberapa bank lokal. 

Umumnya orang dengan gaji dan/atau penghasilan sedikit di atas UMR (Upah Minimum Regional) hingga kelas penghasilan 50 juta setahun, dapat memiliki kartu kredit ini, asalkan tidak terdaftar di daftar hitam Bank Indonesia. Selain itu, Anda juga dianjurkan memiliki akun bank yang lancar dengan saldo positif, dan penghasilan/gaji ditransfer 100% ke rekening (bukan yang tipe penghasilan cash on hand alias bayar gaji harian pakai uang tunai).

  • Visa Gold

Kartu ini bisa dibilang sedikit lebih ekslusif. Mengapa dikatakan demikian? Itu karena ada beberapa fitur tambahan, misalnya diskon spesial untuk beberapa gerai (merchant) untuk kategori produk/jasa. Kartu ini juga memiliki batas pagu yang lebih tinggi. Penghasilan? Umumnya pemegang kartu ini memiliki penghasilan sekitar Rp. 5 juta hingga 20-25 juta per bulan. 

Limit? Pagu batas kreditnya pun bervariasi, tergantung dari jumlah penghasilan yang bersangkutan dan penilaian kelayakan kredit dari bank. Beberapa ada yang menyediakan hingga 50-100 juta sebulan, meskipun sebenarnya sudah terlalu besar. Namun demikian, untuk kartu kredit Gold khusus untuk korporasi/perusahaan (Corporate Client) memang ada yang menyediakan hingga batas 100 juta rupiah.

  • Visa Platinum

Kartu jenis ini biasanya lebih banyak dipakai oleh para manajer atau supervisor, yang rata-rata memiliki kartu jenis Gold. "Uang plastik' jenis ini juga tidak jarang dipakai beberapa pengusaha untuk menjamu relasi bisnis/klien di beberapa tempat mewah yang ingin 'penghargaan' tersendiri.

VISA image

Penghasilan? Untuk memiliki kartu ini Anda paling tidak memiliki penghasilan di atas 25 juta per bulan, atau paling tidak setara dengan angka tersebut. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan penghasilan yang lebih rendah bisa memiliki kartu ini. Itu semua tergantung pada penilaian bank. Bagaimana dengan limit kredit? Visa Platinum biasanya memiliki pagu kredit mulai dari 75 juta. Tentu saja, itu juga Anda harus menakar sendiri apakah mampu membayar atau tidak. Hehehee..

  • Visa Signature

Ini adalah kartu kredit yang tergolong sangat ekslusif, sepertinya tidak diperuntukkan untuk orang kantoran atau buruh pegawai. Edisi ini umumnya hanya diterbitkan untuk para pengusaha atau kalangan profesional, pengacara papan atas, akuntan publik, atau bahkan dokter spesialis. Itu pun masih harus dilakukan pengecekan kekayaan, misalnya deposito, rekening koran, rekening tabungan, atau instrumen investasi lainnya.

Kredit limit? Pagu batas kredit kartu ini umumnya sangat besar, mulai dari 100 jutaan hingga tak terbatas. Fasilitas? Jangan ditanya. Beberapa benefit yang bisa Anda nikmati bisa layanan ekslusif di bandara, asistensi perjalanan, keanggotaan golf, tiket gratis, bahkan diskon di beberapa tempat makan (restoran).

  • Visa Infinite

Biasanya, kartu ini tidak ditawarkan kepada umum. 'Uang plastik' ini biasanya hanya dibuatkan khusus untuk segelintir orang yang dinilai memiliki aset lebih dari 100.000 Dollar AS dalam bentuk uang tunai. Selain itu, penilaian ini juga dibuat untuk nasabah yang juga memiliki rekening tabungan, deposito, investasi dari bank penerbit kartu itu.

Limit kredit? Jangan ditanya. Pagu kredit yang bisa digesek dari kartu ini mulai dari Rp. 200 juta hingga tak terbatas. Intinya, makin banyak simpanan uang Anda, ya semakin tak terbatas limitnya. Fasiltias? Ya pasti super mewah. Mulai dari asuransi perjalanan dengan uang pertanggungan lebih dari 100 juta, perlindungan kesehatan di luar negeri, asistensi perjalanan, prioritas di bandara, hingga kemudahan memesan pesawat jet jika sewaktu-waktu ingin kabur ke Singapura. Sepertinya itu khusus buronan KPK kali yaa. Hahahaha...

Manfaat Visa

Dalam beberapa hal, MasterCard mungkin akan lebih banyak dipakai di luar negeri, misalnya bepergian di Eropa, Amerika, atau bahkan di belahan dunia lain. Di Indonesia sendiri, Visa mungkin akan lebih memberikan manfaat alih-alih MasterCard yang mungkin bisa lebih diterima secara internasional. Di situlah letak keunggulan dan kekurangan masing-masing golongan kartu kredit tersebut. Bisa dibilang, hanya layananlah yang menjadi ciri pembeda dari golongan kartu tersebut.

Saat ini tingkat pertumbuhan kartu kredit mengalami peningkatan pesat di Indonesia. Program promosi dari bank yang sangat gencar menjadi faktor tersendiri yang membuat makin banyak orang ingin mengajukan kartu kredit.

Melalui artikel ini, saya ingin mengajak Anda untuk mempelajari apa yang terlewat dari golongan kartu kredit di Indonesia. Nah sebagai orang awam, inilah saatnya agar Anda lebih mengerti produk perbankan yang satu ini. Dengan begitu kita jadi lebih mengerti apa saja golongan 'uang plastik' yang mungkin bisa cocok untuk kita miliki. Bahkan, jika dari segi penghasilan yang dimiliki semakin bagus, itu tandanya Anda bisa memiliki tingkat kartu kredit yang lebih ekslusif.

Jika berminat untuk mengajukan satu kartu pertama Anda, silakan kunjungi salah satu situs perbandingan kartu kredit nomor satu di Indonesia yang pernah diulas Tech In Asia. Tapi harus diingat juga, ada beberapa trik untuk mencari kartu kredit pertama Anda.

Kartu yang bisa Anda Peroleh

Jika Anda menginginkan manfaat Visa yang bisa dimiliki, coba gali beberapa bank yang KreditGoGo rekomendasikan di bawah ini.

1. Standard Chartered Visa Gold dan Visa Black Platinum

  • 0% SteadyPay installment untuk transaksi di rumah sakit di seluruh Indonesia dan luar negeri, termasuk perlindungan keluarga Anda.
  • Gratis fasilitas Airport Lounge.
  • Keistimewaan diskon dan penawaran promo.
  • Visa Platinum Golf
  • Visa Platinum Dining
  • Visa Platinum Club

2. Citibank Rewards

  • 2x Citi Rewards Points setiap Senin-Jumat
  • 3x Citi Rewards Points setiap transaksi Rp 3.000, berlaku kelipatan di kategori Dining dan Shopping pada hari Sabtu dan Minggu.
  • Setiap 7 Citi Rewards Points yang dimiliki dapat ditukar dengan 1 Kris Flyer/Asia Miles/Royal Orchid, dan untuk 8 Citi Rewards Points untuk 1 GFF Mileage.
  • Setiap pembelanjaan Rp 1 juta mendapat point reward yang dapat ditukar dengan 143 Kris Flyer/Asia Miles/Royal Orchard, atau 125 Garuda Frequent Flyer, atau 100 Delta Skymile/Etihad/Eva Airways.
  • 2,5 Citi Rewards untuk transaksi Rp 2.500 dan kelipatannya pada transaksi internasional.
  • 2,5 Citi Rewards untuk transaksi Rp 2.500 pada Sabtu-Minggu dan 1,7 Citi Rewards pada Senin-Jumat untuk kategori Dining dan Shopping
  • Citi Rewards Points itu bisa Anda tukarkan dengan belanja hingga 15%.
  • 0,8 Citi Rewards untuk transaksi di SPBU minimal Rp 2.500.

3. ANZ Gold, Femme, Platinum, SPB Infinite, Travel Card.

  • ANZ Home Loan dengan menggunakan JIBOR. Plafon mulai dari RP. 400 juta - Rp. 8 miliar. Bisa top-up.
  • ANZ Personal Loan, dengan plafon mulai dari Rp. 250 juta. Suku bunga kompetitif.
  • ANZ MoneyLine, pinjaman yang dapat diambil melalui mesin ATM. Plafon dari Rp. 4 juta - Rp. 200 juta.
  • ANZ Spot
  • ANZ TeleShopping
  • ANZ TeleTravel
  • ANZ Top Up
  • ANZ Bill Payment
  • Fasilitas Airport Lounge dan Starbucks Airport Treats

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama