Anti Grogi Saat Baru Pertama Kali ke Luar Negeri

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda pergi ke luar negeri, baca dulu 7 hal yang harus diperhatikan saat baru pertama kali ke luar negeri berikut ini.

Jalan-jalan ke luar negeri bisa jadi impian semua orang. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan persiapan yang panjang serta dana yang tidak sedikit. Sebelum ada penerbangan bertarif murah, berlibur ke luar negeri memang menjadi suatu hal yang sangat mewah.

Tetapi saat ini, harga tiket penerbangan semakin murah. Anda pun dapat lebih mudah mewujudkan mimpi Anda untuk berlibur ke luar negeri tersebut. Apalagi, mengingat harga tiket ke beberapa negara tetangga bahkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga tiket ke beberapa wilayah tertentu di Indonesia.

Walaupun demikian, bepergian ke luar negeri tentu akan sangat berbeda dengan ketika Anda hanya bepergian ke luar kota di Indonesia. Beberapa hal patut anda pertimbangkan, seperti: masalah biaya (kurs), kendala bahasa, dan berbagai hal lainnya. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama ke luar negeri, banyak hal yang wajib Anda perhatikan agar liburan Anda tidak berantakan.

Nah, jika ini adalah pengalaman pertama Anda pergi ke luar negeri, baca dulu 7 hal yang harus diperhatikan saat baru pertama kali ke luar negeri berikut ini.

1. Mengurus Paspor dan Visa

Untuk bisa berlibur ke negara lain, pastinya Anda akan membutuhkan paspor. Anda tidak akan bisa membeli tiket pesawat jika belum memilik paspor. Dengan kata lain, paspor berguna sebagai tiket masuk ke suatu negara.

Selain itu, cek juga apakah negara tujuan Anda memerlukan penggunaan visa atau tidak. Wajib Anda perhatikan bahwa ada beberapa negara yang mewajibkan visa untuk bisa masuk ke negaranya, walaupun memang ada beberapa negara yang juga membebaskan warga negara tertentu berkunjung ke negara mereka.

Setiap negara mempunyai aturan dan jangka waktu pembuatan visa yang berbeda-beda. Anda dapat mengurus visa di Kedutaan Besar negara yang bersangkutan. Atau ada juga beberapa negara yang memungkinkan Anda mengurus visa lewat agen perjalanan.

2. Booking Tiket Pesawat dan Hotel

Setelah memiliki paspor, Anda bisa langsung mencari tiket pesawat dengan harga murah. Jangan lupa juga untuk langsung membeli tiket pulang. Anda dapat melakukan perbandingan harga tiket pada beberapa maskapai di situs-situs penjualan tiket pesawat online yang terpercaya.

Anda pun wajib untuk mem-booking hotel terlebih dulu sebab Anda akan kesulitan jika baru mencarinya saat baru sampai di luar negeri nanti. Lakukan pemesanan secara online, pilih hotel yang lokasinya dekat dengan berbagai fasilitas publik agar Anda tidak kesulitan untuk bepergian dengan alat transportasi umum.

3. Menukarkan Mata Uang

Setelah mengurus segala keperluan keberangkatan, jangan lupa untuk menukarkan uang rupiah Anda ke mata uang negara tujuan Anda. Siapkan jumlah yang cukup. Bukan hanya untuk menghindari kerepotan mencari money changer, tapi juga karena kurs mata uang rupiah biasanya akan bernilai lebih rendah di negara tujuan Anda daripada di sini.

4. Mengumpulkan Informasi Tentang Negara Tujuan Anda

Hal yang juga perlu Anda lakukan sebelum berangkat, yaitu mencari informasi seputar suhu udara dan iklim di negara tujuan Anda agar Anda bisa mempersiapkan pakaian apa yang harus Anda bawa. Cari tahu juga tentang aturan-aturan budaya setempat.

Pastikan juga Anda membawa pakaian yang tepat dan sesuai dengan cuaca dan juga musim di sana. Jika Anda salah mengantisipasi hal ini, Anda harus mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli pakaian baru di sana. Tentunya anggaran Anda menjadi lebih mahal.

5. Susun Rencana Perjalanan

Optimalkan liburan Anda dengan menyusun secara rapi rencana perjalanan Anda selama di negera tujuan nanti. Mulailah mencari informasi seputar tempat atau ikon wisata yang wajib dikunjungi di negara tersebut. Perhatikan di mana lokasi tempat wisata tersebut. Kunjungi tempat-tempat wisata yang letaknya berdekatan di hari yang sama.

Anda juga perlu mengetahui dengan jelas mengenai tiket masuk ke tempat-tempat wisata tersebut dan juga transportasi yang akan Anda gunakan. Datangi tempat-tempat wisata yang berada di satu kawasan atau berdekatan sekaligus, agar tidak boros waktu dan juga biaya. Ini akan membuat perjalanan Anda menjadi terjadwal dan tidak membosankan.

6. Patuhi Proses Imigrasi

Selanjutnya, Anda harus melengkapi semua dokumen yang akan Anda gunakan selama perjalanan, pastikan Anda sudah membawa serta semuanya ketika akan berangkat ke luar negeri. Sebab hal ini akan memudahkan Anda saat menjalani pemeriksaan di bandara yang dilakukan oleh petugas imigrasi.

Sesaat setelah tiba di negara tujuan, Anda akan kembali berurusan dengan petugas imigrasi di bandara tersebut. Biasakan mengantre dengan tertib, agar Anda tidak mengalami kesulitan saat menjalani pemeriksaan ini. Biasanya, petugas hanya akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan kunjungan anda ke negara tersebut.

7. Aktifkan Ponsel Anda

Setelah sampai di negara tujuan, beli dan gunakan simcard lokal di negara tujuan Anda karena ini akan jauh lebih murah daripada sejumlah biaya roaming saat Anda menggunakan simcard yang Anda bawa dari negara asal.

Sangat penting untuk tetap terhubung saat Anda berada di luar negeri, sebab Anda tidak pernah tahu kejadian apa saja yang mungkin Anda alami ketika bepergian ke luar negeri. Selain itu, untuk lebih menghemat, gunakan fasilitas wifi sesering mungkin.

Itulah 7 hal yang harus diperhatikan saat baru pertama kali ke luar negeri. Apapun tujuan kepergian Anda, pastikan Anda telah melengkapi segala dokumen dan juga kebutuhan Anda selama di sana.

Bagi Anda yang berniat terbang liburan ke luar negeri dalam waktu dekat, manfaatkan saja fitur-fitur menarik dari kartu kredit. Khusus pengguna kartu kredit, dapatkan penerbangan untuk liburan ke luar negeri lebih hemat dengan menggunakan kartu kredit Standard Chartered MasterCard World Miles.

Nikmati keanggotaan Priority Pass dengan nilai US$ 99/tahun secara gratis, dengan kebebasan akses ke lebih dari 700 airport loungeuntuk penerbangan ke seluruh dunia. Pengumpulan mileage pun lebih cepat. Ini adalah layanan dari Standard Chartered yang memungkinkan Anda mendapatkan mileage setiap kali perjalanan baik berlibur maupun tujuan bisnis, di setiap penerbangan yang dilakukan.

Semua mileage poin yang dikumpulkan dari pemakaian kartu kredit ini, bisa ditukarkan dengan salah satu dari 4 Frequent Flyer Program (FFP) seperti Garuda Frequent Flyer, Singapore Airlines KrisFlyer, AsiaMiles, dan AirAsia Mileage atau upgrade kelas penerbangan untuk 60 maskapai penerbangan lokal dan internasional terpilih.

Selain itu, Anda juga bisa menukar mileage dengan voucher perjalanan untuk berbagai keperluan travel seperti, penginapan, paket wisata ke Amerika atau Eropa, atau bahkan untuk dokumen perjalanan seperti visa.

Ayo manfaatkan kartu kredit Standard Chartered World Miles untuk menghemat liburan Anda. Belum punya kartu kredit? Segera ajukan melalui KreditGoGo.com. Selain mudah dan aman, Anda juga bisa mendapatkan hadiah eksklusif ketika pengajuan Andadisetujui.

Baca Juga: 3 Kartu Kredit Traveling Terbaik Referensi KreditGoGo
Traveling Asyik Dengan Kartu Standard Chartered WorldMiles

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama