9 Trik Belanja Bulanan yang Lebih Efisien

Belanja bulanan selalu membuat kepala pusing karena bisa berdampak keuangan mengalami besar pasak daripada tiang. Untuk menyiasati hal tersebut, coba cara mudah berikut ini!

Belanja bulanan tidak boleh dianggap remeh karena harus diperhitungkan dan direncanakan dengan matang agar nantinya keuangan Anda tidak akan mengalami minus setelah selesai berbelanja. Kebanyakan dari kita selalu kebobolan saat sedang berbelanja bulanan, yang tadinya mau hemat malah jadi rugi.

Untuk menyiasati agar belanja bulanan Anda jadi lebih efisien dan tepat sasaran, sebaiknya perhatikan beberapa tips mudah yang ada di bawah ini!

1. Menyusun Anggaran Belanja

Sebelum berbelanja, susun terlebih dahulu anggaran belanja. Bagi anggaran belanja Anda mulai dari untuk berbelanja kebutuhan kamar mandi, kebutuhan dapur, dan lain sebagainya. Untuk kebutuhan dapur, Anda harus membaginya menjadi dua yakni kebutuhan kering dan kebutuhan basah.

Kebutuhan kering tidak mudah basi sehingga bisa Anda beli sekaligus. Sedangkan untuk kebutuhan basah yang mudah basi seperti sayur dan buah, Anda bisa membelanjakannya seminggu sekali agar masih tetap segar.

2. Mencatat Barang yang Akan Dibeli

Ketika anggaran belanja sudah dibagi, maka waktunya untuk mencatat barang apa saja yang akan Anda beli secara detail. Catat barang menurut kebutuhan, bukan keinginan karena jika Anda menuruti apa keinginan Anda, maka anggaran belanja pasti akan membengkak.

Baca juga: 8 Tips Mengatur Pengeluaran Buat Pasangan yang Baru Nikah

Rencanakan untuk mencatat barang belanjaan paling tidak dua hingga tiga hari sebelum berbelanja untuk menghindari Anda lupa membeli sesuatu. Cek kembali daftar list belanjaan Anda sebelum berbelanja. Daftar belanjaan bisa membuat Anda mengingat dan fokus saat berbelanja.

3. Bandingkan Harga Antar Supermarket

Tidak semua pasar swalayan memiliki harga yang sama. Harga barang-barang di mini market, supermarket, serta pasar tradisional pasti memiliki selisih harga. Ada beberapa barang yang hanya dijual murah di tempat tertentu. Misalkan saja di pasar swalayan A, harga shampo lebih mahal dari pasar swalayan B. Tapi harga detergennya lebih murah dari pasar swalayan B.

Jadi, masing-masing tempat selalu memiliki kelebihan. Untuk itu, Anda harus lebih cermat membandingkan harga di beberapa tempat.

4. Lihat Katalog Promo

Hampir semua pasar swalayan menyediakan katalog promo setiap bulannya dan diedarkan melalui aplikasi, newsletter, atau selebaran. Momen ini harus Anda manfaatkan dengan mencatat tanggal promo untuk beberapa kategori tertentu agar Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak. Tapi saat membeli barang promo, Anda harus jeli dalam melihat tanggal kadaluarsa produk tersebut.

Baca juga: Hindari Penggunaan Pinjaman Pribadi Untuk 3 Hal Ini!

Jika pasar swalayan yang Anda sering datangi tidak menyediakan katalog, luangkan waktu untuk datang langsung dan melihat promo item serta tanggal berlakunya promo. Biasanya pada hari-hari besar dan tanggal merah selalu ada diskon atau promo yang diberlakukan.

5. Belanja dalam Jumlah Banyak

Membeli barang dalam jumlah besar atau banyak ternyata bisa lebih menguntungkan dibanding Anda membelinya dalam jumlah kecil atau eceran karena harganya jauh lebih murah. Coba saja Anda bandingkan saat membeli minyak ukuran 1 liter dengan ukuran 2 liter.

Jika tak habis digunakan dalam satu bulan, Anda bisa menggunakannya untuk bulan depan. Hal ini bisa mengurangi pengeluaran Anda di bulan berikutnya bukan?

6. Memilih Produk Pasar Swalayan

Saat berbelanja di pasar swalayan tentunya Anda sering melihat ada produk-produk lokal keluaran pasar swalayan tersebut. Harga produk tersebut jauh lebih murah dibanding harga produk dari merek lainnya.

Dari segi kualitas juga tidak jauh berbeda sehingga Anda tak perlu khawatir lagi. Barang-barang yang dibandrol dengan merek pasar swalayan biasanya adalah jenis produk kebutuhan sembako seperti minyak, beras, gula, dan lain sebagainya.

7. Gunakan Kartu Member

Kartu member atau kartu keanggotaan di sebuah pasar swalayan tak hanya untuk menunjukkan loyalitas berbelanja pada tempat tersebut, tapi juga untuk memberikan keuntungan pada Anda seperti diskon khusus pada beberapa produk sponsor, poin yang bisa ditukarkan dengan barang-barang tertentu, reward, serta undian berhadiah.

Usahakan untuk selalu membuat kartu member di tempat Anda sering berbelanja agar bisa selalu mendapatkan manfaat yang maksimal.

8. Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Tak hanya kartu member yang bisa memberikan promo dan diskon untuk Anda, tapi penggunaan kartu kredit untuk berbelanja bulanan juga bisa sangat menguntungkan Anda. Contohnya, Mega Gold Card yang memberikan diskon 10% untuk belanja di Carrefour.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas tarik tunai hingga 40% dari limit kartu.

Baca juga: 10 Alasan Bank Menolak Pengajuan Kartu Kredit

9. Selalu Simpan Bukti Pembayaran

Setelah berbelanja, terkadang kita membuang begitu saja bukti pembayaran atau nota pembelian. Padahal bukti pembayaran ini bisa membantu Anda untuk mengontrol pengeluaran bulanan agar nantinya tidak terjadi pemborosan.

Dengan menyimpan nota pembelian, Anda bisa membandingkan harga pada bulan ini dan bulan yang lalu. Tempelkan bukti pembayaran di kulkas agar Anda bisa dengan mudah menemukan dan melihatnya.

Dengan menerapkan sembilan cara di atas, semoga belanja bulanan Anda bisa jadi lebih hemat lagi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama